fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Kulit merupakan organ terbesar yang kita miliki. Namun terdapat berbagai penyakit yang mengancam kulit, seperti infeksi jamur. Biasanya gejala yang timbul akibat infeksi jamur adalah rasa gatal dan warna kemerahan yang timbul pada kulit. Tapi tenang! Terdapat banyak sekali obat yang dapat mengatasi masalah kulit yang satu ini, salah satunya adalah obat bifonazole. Obat yang satu ini terkenal akan manfaatnya dalam mengatasi gejala akibat infeksi jamur (Baca juga Kenali Ciri-Ciri Psoriasis, Penyakit Autoimun Pada Kulit).

Informasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa obat bifonazole merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit akibat infeksi jamur. Obat ini merupakan obat turunan imidazol dan triazol. Obat bifonazole tersedia dalam bentuk gel, larutan,  cairan semprot, dan krim. Bifonazole biasa digunakan untuk mengatasi dermatofitosis, onikomikosis, otomikosis, kandidiasis, dermatitis seboroik,  rosacea, dan eritrasma. 

Dosis

Obat bifonazole hanya dapat digunakan oleh orang dewasa. Terdapat beberapa rekomendasi dosis yang biasanya diberikan oleh dokter, antara lain : 

Infeksi Jamur Kulit

Untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit gunakan bifonazol dalam bentuk krim, bedak,  dan gel 1%. Gunakan satu kali sehari selama 2-4 minggu.

Infeksi Jamur Kuku

Untuk mengatasi infeksi jamur pada kuku gunakan obat bifonazole dalam bentuk pasta urea 40% yang dapat dioleskan pada kuku. 

Kontraindikasi

Obat ini dapat menimbulkan kontraindikasi jika digunakan oleh orang-orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti hipersensitivitas terhadap kandungan bifonazole.

Efek Samping

Penggunaan obat bifonazole juga dapat menimbulkan efek samping. Gejala efek samping yang umum terjadi akibat penggunaan obat ini, antara lain :

  1. Eksim
  2. Lepuh
  3. Kulit menjadi kering
  4. Iritasi
  5. Edema

Jika gejala efek samping semakin memburuk seperti ditandai dengan munculnya ruam dan gatal, segera periksakan diri ke dokter atau pelayanan kesehatan mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Cara Penggunaan

Cara penggunaan obat ini adalah dengan mengoleskan obat bifonazole baik dalam bentuk gel maupun krim ke kulit yang mengalami sakit atau gatal. Namun sebelumnya pastikan kulit Anda bersih agar terhindar dari infeksi lainnya. 

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis