fbpx
BerandaHidup SehatApakah Benar Vaksin Corona Menyebabkan Impotensi?

dr. Felicia Puspita, S.Ked 

Saat ini, pemerintah sedang menggalakan program vaksinasi massal untuk membantu menekan angka penyebaran virus penyebab COVID-19. Dengan menerima vaksinasi, tubuh akan membentuk sistem kekebalan tubuh terhadap virus tersebut. 

Hal ini tidak berarti Anda kebal terhadap virus. Vaksinasi membantu Anda agar memperkecil resiko terjadinya gejala yang berat ketika kamu terinfeksi virus. 

Banyak orang yang menunda dan tidak ingin mendapatkan vaksin karena takut dengan efek samping vaksin yang mereka baca di media sosial. Padahal, tidak semua efek samping itu akan terjadi. Salah satu berita yang beredar yaitu vaksin corona menyebabkan impotensi. Apakah benar?

Apakah manfaat vaksinasi?

Vaksin COVID-19 membantu menurunkan resiko Anda untuk terinfeksi dan menyebarkan infeksi virus kepada orang lain. Setelah menerima vaksinasi, tubuh Anda akan membentuk sel-sel kekebalan tubuh yang nantinya akan bertugas melawan infeksi virus apabila Anda terpapar virus tersebut. 

Vaksin ini juga akan membantu Anda untuk mencegah timbulnya gejala yang parah atau berat jika Anda terinfeksi virus. Menerima vaksinasi juga membantu Anda untuk melindungi orang-orang disekitar Anda, terutama orang-orang yang beresiko tinggi terkena gejala yang parah. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Namun, mendapatkan vaksinasi COVID-19 bukan berarti kamu kebal terhadap virus ini. Kamu tetap harus melakukan langkah-langkah proteksi seperti tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Apa saja efek samping vaksinasi?  

Setelah mendapat vaksinasi, Anda mungkin akan mengalami beberapa efek samping. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi. Efek samping yang muncul menandakan tubuh Anda sedang dalam proses membentuk kekebalan. Setiap orang dapat mengalami efek samping yang berbeda-beda tergantung kondisi tubuh masing-masing. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Efek samping yang terjadi dapat berupa efek samping lokal pada lokasi suntikan maupun efek samping sistemik yang terjadi pada seluruh tubuh. Efek samping lokal misalnya: 

  • Nyeri pada lokasi bekas suntikan 
  • Kemerahan 
  • Bengkak 

Efek samping sistemik misalnya: 

  • Demam 
  • Nyeri kepala
  • Mual, muntah
  • Nyeri otot  

Efek samping yang muncul ini dapat membaik dengan sendirinya setelah beberapa hari. Untuk mempercepat, Anda juga dapat mengkonsumsi paracetamol seperti Sanmol 500Mg 4 Tablet – 4 Tablet – Obat Demam/Nyeri (Rp36.400).

Apakah infeksi COVID-19 menyebabkan impotensi? 

vaksin corona menyebabkan impotensi

Impotensi memiliki istilah medis disfungsi ereksi (erectile dysfunction). Impotensi adalah ketidakmampuan seseorang untuk mencapai atau mempertahankan ereksi yang sesuai untuk melakukan hubungan seksual. Berbagai hal dapat menyebabkan disfungsi ereksi misalnya obat-obatan, penyakit kronis, aliran darah ke penis yang terganggu, mengkonsumsi terlalu banyak alkohol, atau kondisi fisik yang terlalu lelah. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pada beberapa penelitian, ditemukan bahwa laki-laki yang menderita COVID-19 memiliki resiko menderita disfungsi ereksi. Virus ini diketahui dapat menyebabkan peradangan pada lapisan dalam pembuluh darah di seluruh tubuh. 

Pembuluh darah arteri yang memasok darah ke alat kelamin merupakan pembuluh yang kecil dan sempit. Peradangan apapun dapat menyebabkan terganggunya aliran darah. Sehingga, hal ini dapat menghambat respons seksual pada pria. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya disfungsi ereksi pada pasien dengan COVID-19 yaitu: 

  • Gangguan kardiovaskular 

Disfungsi ereksi merupakan salah satu tanda awal terjadinya gangguan pada jantung. Penelitian menyebutkan bahwa infeksi COVID-19 juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Infeksi COVID-19 dapat menyebabkan peradangan di berbagai bagian tubuh Anda. Peradangan juga termasuk terjadi pada jantung dan pembuluh darah Anda. 

  • Gangguan mental 

COVID-19 berkaitan juga dengan gangguan stress, kecemasan, dan depresi. Hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan seksual dan mungkin menyebabkan disfungsi ereksi. 

  • Gangguan kesehatan secara umum 

Disfungsi ereksi juga merupakan gejala dari kondisi medis lain yang mendasari. Jika kesehatan Anda secara umum tidak baik sejak awal, Anda juga cenderung akan memiliki gejala COVID-19 yang parah. Semakin tua usia Anda, semakin meningkat juga resiko Anda mengalami disfungsi ereksi dan infeksi COVID-19 yang parah. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apakah vaksin corona menyebabkan impotensi? 

Beberapa saat belakangan ini, sempat ramai beredar di media sosial bahwa vaksin COVID-19 dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Penelitian menunjukkan bahwa tidak ada bukti kuat yang mendukung klaim tersebut. Walaupun penyakit COVID-19 dihubungkan dengan kejadian disfungsi ereksi, namun hal tersebut tidak berlaku untuk vaksin COVID-19. 

Fakta vaksin corona dapat dilihat melalui berbagai penelitian yang telah dilakukan. Penelitian menunjukkan bahwa belum ada satu pun dari produsen vaksin yang saat ini digunakan di seluruh dunia menyebabkan masalah yang berkaitan dengan kesehatan seksual atau disfungsi ereksi dalam uji klinik vaksin mereka. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Karena, prinsip kerja vaksin adalah untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan pada vaksin tidak mengandung bahan yang dapat berpotensi menyebabkan impotensi. 

Secara umum, vaksin COVID-19 merupakan vaksin yang aman dengan efek samping yang ringan pada sebagian besar orang. Vaksin COVID-19 belum terbukti dapat menyebabkan disfungsi ereksi atau impotensi. Jadi, Anda tidak perlu takut untuk di vaksin. 

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

vaksin anjuran who

Vaksin Anjuran WHO

Hidup Sehat   13/09/2021
covid-19 di india

Fenomena COVID-19 di India

Hidup Sehat   13/09/2021
vaksin mrna

Vaksin mRNA Dapat Memicu Kanker? Apakah Benar?

Hidup Sehat   03/09/2021
efek sampin vaksin

Efek Samping Vaksin COVID-19, Apa Saja?

Hidup Sehat   03/09/2021
cara penularan hiv aids

Penyakit HIV: Penyebab, Penularan, Gejala Dan Cara Mengatasi

Hidup Sehat   01/09/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman