fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf CHati-hati Wabah Cacar Monyet: Penyebab hingga Cara Mencegah

Ditemukannya beberapa kasus cacar monyet di AS, Eropa, Australia, dan Timur Tengah telah menimbulkan kekhawatiran adanya wabah. Hingga bulan April, telah ditemukan 346 kasus di 22 negara di luar Afrika sebagai daerah sumber virus endemik. Cacar monyet memiliki resiko tinggi untuk anak-anak, wanita hamil, dan imunitas rendah. Maka dari itu, pahami penyebab hingga cara mencegah cacar monyet dengan baca artikel berikut sampai tuntas. 

cacar monyet

Apa itu cacar monyet?

Cacar monyet atau monkeypox adalah penyakit langka yang disebabkan oleh virus monkeypox. Penyebab cacar monyet adalah virus yang diklasifikasikan sebagai orthopoxvirus yang bersifat zoonosis. Zoonosis adalah penyakit yang penyebarannya terjadi melalui hewan ke manusia ataupun sebaliknya.

Sesuai namanya, penyakit ini pertama kali ditemukan pada kondisi cacar yang menyerang sekelompok monyet. Namun, penyakit ini tidak disebarkan oleh monyet ke manusia, melainkan dari tikus dan tupai di Afrika.

Sebelumnya, cacar monyet hanya menjangkiti manusia di daerah Afrika sebagai penyakit endemik. Namun kasus ini juga jarang sekali ditemukan, setidaknya hingga 2022.

Penyebaran

Cacar ini dapat menyebar ketika seseorang bersentuhan dengan hewan atau orang yang telah terinfeksi virus.

Virus dapat masuk melalui kulit yang terbuka seperti akibat luka atau melalui kontak langsung dengan darah, cairan tubuh, atau luka cacar dari orang atau hewan yang terinfeksi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Masa inkubasi virus cacar berkisar antara 5 hingga 21 hari, dengan risiko penularan akan muncul saat gejala mulai dirasakan. Risiko kematian akibat infeksinya berada di antara 1% hingga 10% tergantung dari perawatan yang didapatkan.

Gejala

Gejala cacar monyet mirip dengan gejala cacar, namun pada dasarnya lebih ringan. Waspadai gejala awal cacar monyet seperti:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Ruam
  • Demam
  • Panas dingin
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Kelelahan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening

Setelah satu hingga tiga hari, ruam berupa benjolan merah akan menyebar ke seluruh tubuh,  termasuk telapak tangan dan telapak kaki. Lama kelamaan ruam ini akan membentuk nanah hingga akhirnya mengeras dan rontok dengan sendirinya. 

Kebanyakan gejala cacar monyet dapat terlihat sebagai gejala penyakit lain, seperti cacar air, herpes atau sifilis. Untuk mengetahuinya, Anda perlu mendapatkan diagnosa dari tenaga medis.

Jika Anda telah didiagnosa secara resmi menderita cacar monyet, lakukan isolasi mandiri hingga sudah sembuh dengan total. Cacar monyet biasanya merupakan penyakit ringan dan kebanyakan pasien akan sembuh dalam dua sampai empat minggu. Walaupun begitu, tetap dapatkan bantuan tenaga medis untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Diagnosa

Untuk mendiagnosis monkeypox, tenaga medis mungkin akan mengambil sampel jaringan Anda. Nantinya sampel jaringan ini akan diteliti lebih lanjut menggunakan mikroskop. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda mungkin juga perlu melakukan pemeriksaan sampel darah untuk mengetahui apakah tubuh memproduksi antibodi yang cukup untuk melawan virus monkeypox ini.

Pengobatan 

Hingga saat ini, masih belum ada pengobatan spesifik yang dapat dilakukan untuk mengobatinya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pengobatan cacar monyet yang bisa dilakukan pada umumnya bersifat suportif dengan meringankan gejala. Anda dapat menggunakan obat-obatan tersendiri yang dapat mengurangi tiap-tiap gejala, seperti obat paracetamol BIOGESIC 500 MG (Rp5.100) untuk demam.

Di Amerika Serikat, cacar ini diatasi dengan vaksin cacar air (smallpox), anti-virus, dan vaccinia immune globulin (VIG). Namun, vaksin dan anti virus yang serupa belum tersedia di Indonesia.

Pencegahan

Sesuai dari rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, Layanan Kesehatan Nasional Inggris, serta WHO, adapun beberapa pencegahan yang dapat dilakukan seperti:

  • Hindari melakukan kontak dengan pasien positif atau pasien yang sudah pernah terinfeksi.
  • Gunakan masker jika Anda harus melakukan kontak erat dengan seseorang yang memiliki gejala.
  • Gunakan kondom dan waspadai gejalanya jika Anda baru saja berganti pasangan seksual.
  • Hindari kontak erat dengan hewan yang mungkin dapat membawa virus ini. Termasuk hewan sakit atau mati dan yang memiliki riwayat infeksi seperti monyet dan hewan pengerat.
  • Jaga kebersihan tangan dengan baik, terutama setelah bersentuhan dengan hewan atau orang yang terinfeksi atau memiliki gejala. Rutin mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol.
  • Hati-hati konsumsi daging merah dan pastikan hanya makan daging yang telah dimasak dengan matang.

Demikian informasi seputar cacar monyet. Dapatkan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor +62 21 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda setiap Senin – Minggu, pukul 08.00 – 22.30. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cacar air pada anak

Cacar Air Pada Anak: Penyebab, Gejala, Pengobatan

direktoriPenyakit   14/06/2022

Jenis Penyakit Autoimun Beserta Gejalanya yang Perlu Anda Waspadai

direktoriPenyakit   10/12/2021

Cacar Api: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi

Obat Counterpain: Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Vaksin COVID-19 Saat Hamil

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman