fbpx
BerandaObatPahami Obat Racikan, Tidak Bisa Dibeli Sembarangan

Kebutuhan obat untuk setiap orang sangatlah berbeda. Namun, keterbatasan sediaan obat juga sering kali menjadi pagar penghambat prose pemberian obat. Seringkali dokter akan mengatasinya dengan memberikan resep obat racikan. Yuk pahami lebih dalam apa yang dimaksud obat racikan beserta prosedur untuk mendapatkannya.

obat racikan

Apa yang dimaksud obat racikan?

Obat racikan adalah salah satu pelayanan farmasi di mana obat diformulasikan sesuai dengan resep dokter untuk pasien. Dalam bahasa Inggris, obat racikan seringkali disebut dengan compounding medicine.

Seringkali, obat ini diperuntukkan kepada anak-anak atau pasien kronis yang memerlukan sediaan obat yang tidak tersedia secara instan. 

Hal ini terjadi karena adanya kekurangan pada obat yang tersedia, yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan pasien baik dari kadar atau kombinasi bahan-bahan aktif di dalam obat.

Selain itu, obat ini juga bisa dibuat sebagai cara memudahkan penggunaan pada pasien tertentu.

Apa kandungannya?

Resep racikan obat disesuaikan oleh dokter kepada pasiennya. Maka dari itu, kandungan racikan sangatlah variatif dan berbeda untuk satu pasien dan pasien lainnya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Obat racikan terdiri dari bahan-bahan aktif yang dipercaya dapat mengatasi keluhan pasien. Bentuknya juga bermacam-macam mulai dari padat, cair, injeksi, atau larutan inhalasi. Di Indonesia sendiri bentuk racikan biasanya dibentuk puyer atau cair. 

Pihak yang dapat membuat obat ini adalah apoteker atau tim farmasi yang memiliki pengetahuan dan ijin untuk meracik obat. Tentunya, segala obat harus dibuat dengan standar farmasi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apakah obat racikan legal?

Obat-obatan yang diproduksi oleh perusahaan farmasi resmi atau apoteker berlisensi adalah legal. Tentunya, obat racikan juga menjadi legal jika disertai dengan resep dokter yang berlisensi juga. Namun sayangnya banyak yang memproduksi obat ini tanpa resep dokter sehingga tergolong ke dalam kategori ilegal. 

Konsultasi dengan dokter hanyalah satu-satunya cara untuk mendapatkan racikan yang pas untuk pasien. Maka dari itu, pihak yang tidak memiliki latar belakang medis secara resmi tidak berwenang untuk memproduksi obat racikan sama sekali.

Di Amerika, obat jenis ini juga kerap menjadi perdebatan hangat. FDA (Foods and Drugs Administration) bahkan menyatakan tidak menyetujui obat jenis ini karena berarti membentuk obat baru tanpa proses yang sesuai. Sebagai perbandingan, obat hanya bisa diproduksi jika telah melalui berbagai proses mulai dari uji klinis, penentuan dosis paling aman, untuk akhirnya dapat digunakan oleh ke publik. 

Obat racikan sendiri juga masih menciptakan kekhawatiran untuk sebagian orang. Karena formulasinya yang sangat khusus, risiko terjadinya salah dosis atau salah racik dapat terjadi kapan pun dan di mana pun.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Bagaimana cara mendapatkannya?

Langkah pertama untuk mendapatkan obat racikan adalah dengan konsultasi ke dokter yang sesuai dengan keluhan Anda. Anda dapat memberikan informasi secara mendetail terkait keluhan serta riwayat kesehatan.

Dokter akan memberikan resep dengan bahan-bahan aktif tertentu, hanya jika dokter menyatakan keluhan Anda perlu diobati dengan obat racikan. Pasien tidak bisa memaksa dokter untuk mendapatkan resep racikan. Namun, pasien dapat menyampaikan keluhan dengan detail jika Ada kesulitan dalam pemakaian atau komplikasi lainnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Setelah mendapatkan resep dokter, Anda bisa menebus resep obat di apotek yang resmi dengan apoteker yang memiliki lisensi. Sebaiknya tebus resep di apotek atau pihak apoteker yang memiliki kontak erat dengan dokter. Hal ini dapat dilakukan agar tidak terjadi miskomunikasi dalam peracikan obat.

Apoteker akan membantu memvalidasi dan mereview resep obat hingga akhirnya obat siap sedia. Proses peracikan tidaklah lama. Dalam Kepmenkes No 129/Menkes/SK/2008, sudah ditetapkan bahwa waktu tunggu obat racikan adalah 60 menit, sedangkan waktu untuk obat non racikan adalah 30 menit.

Dalam penggunaannya, obat racikan hanya boleh dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter. Apoteker akan membantu menjelaskan aturan pakai kepada pasien ketika obat telah selesai. Anda juga dapat membaca aturan pakai sesuai dengan yang tertera pada kemasan.

Saran sebelum menebus obat

Untuk menghindari risiko obat yang tidak sesuai, pasien dapat melakukan beberapa hal sebagai pencegahan seperti:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Menghindari produk racikan jika bentuk jadi tersedia. Anda bisa menanyakan biaya perbandingan obat yang direkomendasikan dan alternatifnya.
  • Menghindari obat yang jenisnya lepas lambat.
  • Menghindari penambahan rasa pada antibiotik.

Demikian penjelasan terkait obat racikan. Anda bisa menebus obat resep melalui Apotek Lifepack. Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir. 

Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor +62 21 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda setiap Senin – Minggu, pukul 08.00 – 22.30. Dapatkan informasi Apotek Lifepack.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Butuh Obat? Cek Daftar Apotek di Bandung

Obat   29/07/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman