fbpx
BerandaHidup SehatVaksin Resmi WHO: Apa Sajakah?

dr. Felicia Puspita, S.Ked 

vaksin resmi who

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia merupakan sebuah lembaga kesehatan yang bekerja di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). WHO bertanggung jawab terhadap berbagai persoalan kesehatan publik di seluruh dunia yang tergabung. 

Selama pandemi COVID-19 ini, berbagai program di bidang kesehatan dijalankan berdasarkan keputusan atau anjuran yang dikeluarkan oleh WHO. Salah satunya adalah mengenai vaksinasi. 

Jenis vaksin yang dapat beredar adalah vaksin-vaksin yang telah diseleksi oleh WHO. Oleh karena itu, vaksin-vaksin yang memiliki izin dan beredar telah melewati berbagai pengujian untuk menjamin keamanan dan efektifitasnya. 

Lalu, apa itu vaksinasi dan apa saja jenis vaksin COVID-19 yang resmi dan telah tersertifikasi oleh WHO? Mari simak ulasan berikut. 

Apa itu vaksinasi? 

Vaksinasi adalah pemberian antigen (vaksin) yang bertujuan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi (imunitas). Vaksinasi merupakan salah satu upaya pencegahan primer yang telah digunakan untuk berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus. Dengan program vaksinasi yang berjalan dengan baik, diharapkan masyarakat akan memperoleh sistem kekebalan tubuh dengan baik juga. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Bagaimana cara kerja vaksinasi? 

Ketika vaksin masuk ke dalam tubuh Anda, komponen di dalam vaksin akan dikenali oleh sel tubuh sebagai benda asing yang harus dimusnahkan. Setelah itu, sel akan memberikan sinyal kepada sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi. Setelah antibodi terbentuk, tubuh telah belajar mengenai virus tersebut dan bagaimana cara menghancurkannya. 

Oleh karena itu, apabila Anda terinfeksi virus yang sama di kemudian hari, sistem kekebalan tubuh sudah mengenali virus tersebut dan bisa langsung menghancurkannya. Hal ini akan menyebabkan menurunnya kemungkinan terjadinya gejala yang berat ketika terinfeksi. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apakah saya harus vaksin? 

WHO merekomendasikan Anda untuk menerima vaksinasi COVID-19 apabila Anda telah berusia 18 tahun atau lebih. Dengan mendapatkan vaksinasi, Anda dapat melindungi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Vaksin tidak dapat mencegah Anda untuk terinfeksi virus namun dapat meminimalisir kemungkinan munculnya gejala yang berat. 

Vaksin juga penting untuk melindungi orang-orang dengan penyakit penyerta (komorbid) yang memiliki resiko tinggi memiliki gejala yang berat apabila terinfeksi virus SARS-CoV-2. Namun, ketika Anda memiliki penyakit penyerta sebaiknya Anda mengkonsultasikan kondisi Anda kepada dokter sebelum menerima vaksin. 

Walaupun Anda pernah terkena infeksi COVID-19, WHO menyarankan Anda untuk tetap mendapatkan vaksinasi. Proteksi alami yang muncul oleh karena infeksi COVID-19 dapat berbeda pada setiap orang. Proteksi ini juga belum diketahui dapat bertahan untuk berapa lama. Sehingga, sebaiknya Anda tetap mendapatkan vaksinasi. 

Apa saja jenis vaksin resmi WHO?

WHO telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Listing (USL) pada beberapa jenis vaksin COVID-19. Vaksin-vaksin tersebut adalah: 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Jenis Vaksin Pfizer-BioNTech 
  • Vaksin Oxford/AstraZeneca 
  • Vaksin Johnson & Johnson 
  • Jenis Vaksin Moderna 
  • Vaksin Sinopharm 
  • Vaksin Sinovac 

Vaksin-vaksin tersebut telah menjalani berbagai pengujian sehingga aman dan efektif untuk digunakan pada masyarakat. Dari keenam vaksin tersebut, 5 vaksin telah mendapatkan izin edar untuk masuk dan digunakan di Indonesia.  

Apakah boleh mendapatkan jenis yang berbeda pada vaksin dosis pertama dan kedua? 

Sejauh ini belum ada hasil penelitian yang menunjukkan keamanan dan efektivitas dari vaksin apabila Anda menerima jenis yang berbeda. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menerima vaksin dari jenis yang sama untuk kedua dosis tersebut. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apakah vaksin resmi WHO memiliki efek samping? 

Setiap vaksin dapat memberikan efek samping. Efek samping ini biasa disebut dengan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Efek samping ini dapat berbeda pada setiap orang. Hal ini merupakan suatu hal yang wajar dan menandakan bahwa vaksin sedang bekerja. Efek samping ringan yang muncul dapat hilang dalam beberapa hari dengan sendirinya.

Jadi, lebih baik vaksin yang mana? 

Walaupun berbeda jenis, fungsi semua jenis vaksin ini sama. Semua vaksin bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap infeksi virus. Oleh karena itu, Anda sebaiknya langsung di vaksin ketika telah mendapatkan jadwal tanpa perlu menunggu satu jenis vaksin tertentu. 

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman