fbpx
BerandaObatPerbedaan Vaksin AstraZeneca dan Sinovac

dr. Felicia Puspita, S.Ked 

perbedaan vaksin astrazeneca dan sinovac

Saat ini, program vaksinasi COVID-19 semakin gencar dilakukan di berbagai negara di dunia. Hal ini bertujuan untuk mempercepat munculnya kekebalan kelompok (herd immunity). Di Indonesia sendiri, pemerintah telah menjalankan program vaksinasi tersebut. 

Terdapat berbagai jenis vaksin yang telah disetujui dan beredar. Di Indonesia, terdapat 6 jenis vaksin yang telah disetujui dan diberikan izin edar yaitu vaksin Sinovac, Astrazeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, dan Novavax. Walaupun berbeda jenis, vaksin-vaksin ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memacu tubuh membentuk sistem kekebalan terhadap virus penyebab COVID-19. Untuk perbedaan vaksin AstraZeneca dan Moderna terletak pada apa yang dimasukkan dimana AstraZeneca menggunakan vektor atau virus pembawa, sedangkan Moderna memberikan protein pada tubuh yang dapat memicu respon imun.

Diantara keenam vaksin tersebut, vaksin Sinovac dan Astrazeneca merupakan vaksin yang sudah banyak digunakan. Lalu, apa bedanya vaksin Sinovac dan Astrazeneca? Mari simak ulasan berikut untuk mengenal lebih jauh mengenai perbandingan vaksin astrazeneca dan sinovac.

Mengenal Vaksin AstraZeneca dan Sinovac

Vaksin AstraZeneca adalah vaksin untuk COVID-19 yang diproduksi oleh perusahaan AstraZeneca. Sedangkan, Vaksin Sinovac-CoronaVac atau biasa disebut vaksin sinovac adalah vaksin yang diproduksi oleh Sinovac/China National Pharmaceutical Group. 

Jenis dan cara pembuatan vaksin AstraZeneca dan Sinovac 

Vaksin Astrazeneca dan Sinovac memiliki perbedaan dari jenis atau cara pembuatan vaksinnya. Jenis vaksin astrazeneca termasuk ke dalam jenis vaksin yang menggunakan vektor atau virus pembawa.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jenis vaksin ini dibuat menggunakan modifikasi materi genetik dari virus COVID-19 yang kemudian diletakkan pada virus lain yang bertugas untuk membawa materi genetik tersebut (vektor). Contoh vaksin lain yang menggunakan vektor adalah vaksin Janssen/Johnson & Johnson. 

Vaksin Sinovac merupakan vaksin yang dibuat menggunakan virus yang telah dilemahkan atau inactivated virus. Vaksin ini dibuat menggunakan virus SARS-CoV-2 yang telah dilemahkan atau dibuat tidak aktif. Cara tersebut bertujuan agar vaksin tidak dapat menyebabkan penyakit tetapi tetap mampu memicu sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi terhadap virus tersebut. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kapan vaksin ini diberikan? 

Ketika Anda telah memenuhi syarat vaksin AstraZeneca dan Sinovac, Anda akan menerima 2 dosis vaksin tersebut. Namun, kedua vaksin ini memiliki perbedaan lamanya jeda antara vaksin dosis pertama dan kedua. World Health Organization (WHO) merekomendasikan untuk memberikan jarak antara dosis pertama dan kedua Vaksin AstraZeneca adalah 8 hingga 12 minggu. Sedangkan, vaksin Sinovac hanya memerlukan jarak selama 2 hingga 4 minggu.  

Bagaimana penyimpanan dan distribusi vaksin? 

Kedua vaksin ini harus disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu 2-8 derajat celcius. AstraZeneca dapat bertahan selama 6 bulan jika disimpan dalam lemari pendingin, sedangkan vaksin Sinovac dapat bertahan hingga 3 tahun. 

Vaksin sebaiknya tidak boleh dibekukan dan harus digunakan secepatnya apabila telah dibuka. AstraZeneca harus digunakan dalam 6 jam setelah vaksin dibuka.  

Bagaimana efektivitas vaksin AstraZeneca dan Sinovac? 

Menurut data dari World Health Organization (WHO), vaksin AstraZeneca memiliki efikasi sebesar 63,09% terhadap infeksi virus SARS-CoV-2 yang memiliki gejala. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pada sebuah uji klinis tahap tiga di Brazil, penelitian menunjukkan bahwa Vaksin Sinovac memiliki efikasi sebesar 51% pada pasien terinfeksi virus SARS-CoV-2 yang memiliki gejala. Vaksin ini juga memiliki efikasi hingga 100% pada pasien terinfeksi yang memiliki gejala berat. 

Walaupun memiliki sedikit perbedaan, kedua vaksin ini telah teruji dapat meminimalisir resiko munculnya gejala yang berat pada pasien yang terinfeksi virus SARS-CoV-2, mencegah terjadinya perburukan kondisi pada pasien, dan mempercepat penyembuhan jika terinfeksi.  

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa efek samping vaksin? 

Secara umum, kedua vaksin ini dapat memunculkan efek samping yang sama. Efek samping yang dapat muncul dibagi menjadi efek samping lokal dan sistemik. Efek samping lokal adalah gejala yang muncul pada lokasi suntikan seperti rasa nyeri, kemerahan, dan pegal. 

Sedangkan, efek samping sistemik yang dapat muncul seperti: 

  • Demam 
  • Meriang
  • Nyeri kepala
  • Rasa lelah 
  • Nyeri otot 

Efek vaksin AstraZeneca dan Sinovac yang muncul dapat berbeda-beda pada setiap orang tergantung dari kondisi tubuhnya saat menerima vaksin. Efek samping ringan wajar terjadi. Hal ini menandakan bahwa vaksin sedang bekerja. Efek samping ini dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Baca di sini untuk informasi lebih lanjut akan efek samping vaksin AstraZeneca.

Jika diperlukan, Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri dan demam seperti Paracetamol Kimia Farma 500 mg – 100 Tablet – Obat Penurun Panas Dan Pereda Nyeri (Rp27.300). Tetapi pastikan dulu konsumsi dengan anjuran pihak penyelenggara vaksin sesuai dengan merk vaksin yang diberikan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Namun, jika Anda merasakan efek samping berat atau bertambah berat, segera hubungi fasilitas kesehatan agar Anda dapat segera diperiksa. 

Walaupun memiliki beberapa perbedaan, Vaksin AstraZeneca dan Sinovac tetap memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membantu sistem kekebalan tubuh memproduksi antibodi terhadap virus. Oleh karena itu, ketika Anda telah mendapatkan jadwal untuk memperoleh vaksinasi, segeralah vaksin apapun jenis vaksinnya. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

golongan obat

Ketahui 7 Golongan Obat yang Bisa Dibeli di Apotek

Obat   28/05/2022
obat keputihan di apotek

5 Obat Keputihan di Apotek

Obat   27/05/2022
obat biduran di apotek

10 Obat Biduran di Apotek

Obat   27/05/2022
aplikasi beli obat di apotek

Aplikasi Beli Obat Online: Apotek Lifepack

Telemedik   26/05/2022
obat vertigo

10 Rekomendasi Obat Vertigo di Apotek

Obat   25/05/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman