fbpx

Tramadol Obat Apa? Ini Fungsi, Dosis, dan Efek Samping

Nov 6, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Banyak sekali berbagai jenis obat-obatan pereda sakit, salah satunya adalah obat Tramadol. Mungkin anda sudah sering mendengar nama obat ini? Ya, obat ini memang sering disebut-sebut karena dapat menimbulkan efek kecanduan jika penggunaannya tidak sesuai dengan resep dokter (Baca juga Tramadol, Obat yang Dapat Membuat Ketergantungan). 

Kamu sebenarnya apa sih obat Tramadol itu? Apa saja manfaatnya? Apakah obat Ini aman untuk dikonsumsi? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini. 

Mengenal Obat Tramadol

Tramadol Hydrochloride (HCl) merupakan obat yang digunakan untuk meredakan rasa sakit yang terjadi sepanjang waktu. Obat ini termasuk dalam kelas obat yang disebut analgesik opiat (narkotika). Tramadol bekerja dengan cara mengubah cara otak dan sistem saraf merespon rasa sakit. 

Obat Tramadol merupakan salah satu obat dengan potensi ketergantungan yang rendah. Namun ketergantungan obat ini dapat terjadi jika penggunaan tramadol terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama dan bila digunakan melebihi dosis yang direkomendasikan oleh dokter.

Ini hanya dapat dikonsumsi oleh orang yang berusia 12 tahun ke atas. Ini tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, dan injeksi. Harga obat tramadol yang beredar di pasaran berkisar antara Rp35.000 ke atas. Obat Tramadol ini merupakan masuk ke dalam golongan obat resep oleh karena itu penggunaannya perlu menggunakan rekomendasi dokter. 

Dosis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa obat Tramadol merupakan obat yang memerlukan resep dari dokter sehingga penggunaannya tidak dapat sembarangan. Anda tidak dapat mengurangi atau menambah dosis tanpa pengawasan dari dokter. Meski begitu terdapat beberapa rekomendasi dosis yang biasanya digunakan oleh dokter adalah untuk orang dewasa dan anak usia 12 tahun ke atas adalah 50-100 mg yang dikonsumsi 2-3 kali sehari. Dosis maksimal obat ini adalah 400 mg sehari. Sedangkan pada lansia 75 tahun ke atas dosis tramadol yang umum diberikan adalah tidak lebih dari 300 mg per hari.

Kontraindikasi

Interaksi Obat

Penggunaan obat Tramadol bersamaan dengan obat-obatan lain dapat menimbulkan interaksi obat yang mana berbahaya bagi kesehatan. Obat Tramadol tidak dapat digunakan bersamaan dengan obat-obatan seperti obat antipsikotik, obat penenang, dan obat-obatan lain seperti obat  carbamazepine, warfarin, dan sumatriptan.

Kelompok Berisiko

Selain itu obat ini juga dapat menimbulkan kontraindikasi jika digunakan pada orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu seperti ibu hamil, menyusui, atau melaksanakan program kehamilan. Selain itu obat ini juga tidak dapat digunakan pada orang-orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu seperti orang dengan gangguan hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. 

Efek Samping

Obat Tramadol ini dapat menimbulkan efek samping. Gejala efek samping yang umumnya timbul akibat penggunaan obat ini, antara lain :

  1. Mengantuk
  2. Kesulitan tidur
  3. Sakit kepala
  4. Gelisah
  5. Tremor
  6. Perubahan mood
  7. Nyeri otot
  8. Sakit perut
  9. Mulut menjadi kering

Efek samping dapat memburuk yang ditandai dengan : 

  1. Gatal-gatal
  2. Ruam
  3. Pembengkakan pada mata, wajah, lidah, bibir, dan kaki
  4. Kejang
  5. Kehilangan kesadaran

Anda perlu memeriksakan diri ke dokter atau pelayanan kesehatan jika gejala efek samping memburuk. Hal ini guna membuat Anda segera mendapat penanganan medis lebih lanjut.

Cara Konsumsi

Sebelum mengkonsumsi obat ini, pastikan anda benar-benar memahami cara penggunaan obat Tramadol. Anda juga perlu benar-benar mengikuti rekomendasi dosis dari dokter. Obat pereda nyeri yang satu ini dapat digunakan atau dikonsumsi sebelum dan sesudah makan namun sebaiknya gunakan obat ini ketika rasa sakit muncul. 

Perhatian

Terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mengkonsumsi obat Tramadol ini. Pastikan anda benar-benar memahami bagaimana cara konsumsi obat ini, dosis, dan efek samping yang mungkin terjadi. Jangan mengurangi atau menambah dosis tanpa pengawasan dari dokter karena dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. 

Simpan obat ini ditempat yang sejuk dan hindari paparan langsung matahari. Anda juga perlu menjauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak. Konsultasikan kepada dokter Jika anda ingin mengkonsumsi obat ini bersamaan dengan obat-obatan lain, atau anda memiliki masalah kesehatan tertentu. 

Itulah informasi mengenai manfaat, dosis, dan efek samping dari obat Tramadol. Bijaklah dalam mengonsumsi obat-obatan.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi: 

U.S National Library of Medicine. Tramadol. Diakses pada 27 Juli 2020

WHO. 2014. Tramadol Update Report. Diakses pada 27 Juli 2020

Health Direct. Tramadol Hydrochloride. Diakses pada 27 Juli 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis