fbpx

Framycetin Sulphate BP

Nov 6, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf F | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Framycetin Sulphate BP adalah sejenis obat antibiotik yang berbentuk tetes mata yang mempunyai manfaat untuk mengobati infeksi yang menyerang pada mata. Umumnya obat ini akan digunakan apabila obat mata lain yang dianjurkan tidak mengalami perubahan dan menunjukkan gejala yang hanya dapat teratasi dengan menggunakan obat ini.

Informasi

Framycetin adalah antibiotik yang masuk dalam golongan aminoglikosida yang berfungsi untuk membasmi berbagai macam bakteri yang menyebabkan iritasi pada mata. Cara kerja obat ini adalah dengan membunuh bakteri sehingga iritasi yang ditimbulkan akan semakin berkurang hingga normal seperti sedia kala. Karena hanya membunuh bakteri, obat ini tidak dapat digunakan terhadap infeksi jamur, bakteri anaerob dan juga virus.

framycetin sulphate
Framycetin Sulphate BP adalah obat antibiotik tetes mata yang mempunyai manfaat untuk mengobati infeksi yang menyerang pada mata.

Framycetin sulphate BP digunakan untuk perawatan serta pencegahan infeksi yang terjadi pada luka terutama infeksi pada mata. Sebelum menggunakan obat ini sebaiknya memberitahu dokter apabila sedang menggunakan atau perawatan dengan obat tertentu untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Obat ini mempunyai 3 bentuk, yaitu kasa yang dibalur dengan krim antibiotik, obat tetes mata antibiotik dan krim antibiotik. Sulphate sendiri termasuk obat tetes mata yang penggunaannya berbeda dengan bentuk yang lainnya.

Dosis

Pemberian obat ini tentunya harus sesuai dengan anjuran dokter karena dosis untuk orang dewasa dan anak-anak adalah berbeda.

Dosis untuk Orang Dewasa

Dosis yang diberikan bergantung pada jenis framycetin yang diberikan. Jika obat salep, maka obat dapat diberikan 2 atau 3 kali per hari. Sedangkan jika bentuknya tetes mata adalah 1 hingga 2 tetes untuk yang terkena infeksi 1 hingga 2 jam selama 3 hari pertama pemakaian. Dosis akan berkurang menjadi 3-4 kali per hari apabila infeksi mulai berkurang.

Dosis untuk Anak-anak

Sedangkan dosis untuk anak-anak harus benar-benar ditentukan oleh dokter karena antibiotik tidak bisa diberikan secara sembarangan. Biasanya dosis dan penggunaan akan lebih kecil dari dosis orang dewasa.

Kontraindikasi

Apabila sebelum menggunakan obat ini Anda memiliki riwayat atau kondisi dengan alergi framycetin, gangguan ginjal atau sedang hamil, sebaiknya beritahu dan konsultasi dengan dokter.

Selain kondisi di atas, bagi Anda yang memiliki kondisi medis seperti gendang telinga robek serta memiliki keadaan dimana infeksi bakteri telah resisten terhadap beberapa antibiotik, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan framycetin.

Interaksi dengan Obat Lain

Interaksi obat dapt terjadi apabila pada saat bersamaan Anda juga mengonsumsi obat lain. Untuk itu, pastikan bahwa Anda telah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Bahkan jika diperlukan akan diganti dengan obat yang lainnya atau mengurangi dosis yang diberikan.

Penggunaan framycetin sulphate BP dengan obat yang lain dengan cara bersamaan akan menimbulkan beberapa interaksi diantaranya adalah;

  • Dapat mengurangi kekebalan antibiotik pada bakteri apabila digunakan secara bersamaan dengan gramicidin
  • Tidak hanya obat medis saja yang dapat mengurangi kekebalan antibiotik, obat herbal pun demikian. Jadi apabila pada saat yang bersamaan Anda tengah mengonsumsi obat herbal, maka konsultasi atau bisa dihentikan dahulu penggunaannya.
  • Obat lain yang dapat berinteraksi dengan framycetin adalah obat untuk HIV seperti cobicistat dan ritonavir.

Setelah melakukan konsultasi, Anda akan mendapatkan saran apakah harus menghentikan atau mengurangi dosis framycetin. Atau mengarahkan dengan memakai obat dengan merek tertentu yang efek samping interaksinya tidak terlalu besar.

Kelompok Orang Berisiko

Untuk Anda yang saat ini sedang hamil atau menyusui dan diharuskan untuk mengonsumsi obat ini, maka konsultasi dengan dokter adalah hal yang penting agar dapat diketahui tentang manfaat dan resiko yang akan ditimbulkan pemakaian obat ini.

Untuk kondisi yang demikian, memang tidak semua obat apalagi antibiotik dapat diberikan. Selain ibu hamil dan menyusui, orang dengan riwayat penyakit ginjal juga harus waspada saat menggunakannya.

Efek Samping

Banyak sekali obat medis yang dalam penggunaannya memiliki efek samping. Efek yang ditimbulkan bisa masuk kategori ringan atau berat tergantung kondisi keadaan. Begitu juga halnya dengan penggunaan framycetin sulphate BP yang juga mempunyai efek samping seperti gatal, ruam, iritasi pada kulit, kemerahan hingga infeksi jamur.

Tidak hanya itu, penggunaan framycetin juga dapat menimbulkan gangguan pendengaran jika penggunaan obat memiliki durasi waktu yang cukup lama. Terlepas dari semua itu, masih terdapat beberapa efek samping yang belum terdaftar. Bagi Anda yang menggunakan obat tersebut ternyata memiliki efek samping lainnya maka segera hubungi petugas atau dokter terdekat.   

Cara Konsumsi

Untuk menggunakan obat yang satu ini bisa dilihat dari jenisnya. Jika salep maka cukup dengan mengoleskannya pada area yang terkena infeksi. Untuk framycetin sulphate BP karena berbentuk obat tetes, maka pemberiannya harus sesuai dengan resep atau aturan yang diberikan dokter.

Konsultasi dengan dokter tentu sangat penting karena dapat mengurangi efek samping yang nantinya akan ditimbulkan apabila telah menggunakan obat ini. 

Dalam penggunaannya, makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan, pun tidak boleh digunakan apabila Anda tengah mengonsumsi alkohol atau menikmati tembakau. Jika demikian Anda sekali lagi harus berkonsultasi secara serius dengan dokter.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis