Pasti diantara kalian tidak asing dengan istilah virus ataupun bakteri. Pasalnya, meskipun termasuk dalam istilah medis, virus dan bakteri selalu ada disekitar kita. Mulai dari penyakit cacar, flu, gondong, hingga keputihan adalah beberapa contoh infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. 

Namun, tahukah Anda perbedaan antara virus dan bakteri? Berikut ini adalah penjabaran mengenai pengertian virus dan bakteri serta cara pengobatan infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Perbedaan Virus dan Bakteri

Dari segi ukuran, virus dan bakteri sama-sama termasuk mikroorganisme atau organisme yang sangat kecil. Keduanya sama-sama menimbulkan kerugian bagi tubuh, namun tetap ada perbedaan antara virus dan bakteri.

Bakteri

  • Bakteri merupakan mikroorganisme (organisme kecil) yang terdiri atas sel tunggal. Bakteri ini memiliki bentuk yang beragam dan fitur struktural.
  • Bakteri dapat tumbuh diberbagai tempat, termasuk tubuh manusia
  • Keberadaan bakteri telah tercatat sejak 3.5 miliar tahun yang lalu dan dapat bertahan pada suatu lingkungan ekstrim, seperti suhu yang sangat panas ataupun sangat dingin.
  • Bakteri yang berbahaya dan menimbulkan infeksi pada manusia disebut dengan bakteri patogen.
  • Sementara, bakteri ada yang tidak berbahaya bagi tubuh manusia. Sebagai contoh, bakteri yang hidup dalam usus manusia dan berperan dalam proses pencernaan.
  • Beberapa contoh infeksi yang disebabkan bakteri diantaranya radang tenggorokan, tuberkulosis, dan infeksi saluran kemih.

Virus 

  • Sementara, virus juga memiliki bentuk yang beragam. Hanya saja, dilihat dari segi ukuran, virus jauh lebih kecil daripada bakteri.
  • Tidak hanya ukuran, perbedaan lain yaitu virus membutuhkan inang. Virus hanya bisa berkembang biak apabila menempel pada inang yang berupa sel atau jaringan hidup. Jika tidak berada pada sel inang, virus hanyalah benda tidak hidup.
  • Bergantungnya virus pada inang untuk berkembang biak inilah yang membuat virus bersifat parasit. Dimana, fungsi sel inang diambil alih untuk mereplikasi tubuhnya sendiri lebih banyak.
  • Beberapa jenis virus membunuh sel inang sebagai cara untuk berkembang biak.
  • Virus bersifat lebih tegas saat menyerang bagian sel. Misalnya, salah satu virus menyerang sel hari, virus lainnya menyerang sistem pernapasan. Ada juga jenis virus yang menyerang sel darah. 
  • Beberapa contoh penyakit yang disebabkan oleh virus diantaranya Covid-19, AIDS, flu,dan masih banyak lagi.

Dampak Infeksi Virus dan Bakteri

Meski berbeda dalam segi ciri-cirinya, namun infeksi keduanya memiliki gejala yang sama. Misalnya, bersin, batuk, demam, radang, dan lainnya. Adanya gejala tersebut sebagai upaya sistem kekebalan tubuh dalam merespon serangan virus dan bakteri.

Baik virus dan bakteri juga sama-sama bersifat menular. Beberapa jenis yang dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita atau hubungan seksual. Selain itu, penularannya juga bisa melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Seseorang yang tertular pun akan mengalami efek yang sama yaitu infeksi. Jenis infeksi bakteri dan virus bermacam-macam. Ada yang ringan hingga kronis, berlangsung lama, sementara, hingga seumur hidup.

Bagaimana Cara Menentukan Infeksi Penyakit oleh Bakteri atau Virus?

Mengingat gejala penyakit akibat infeksi bakteri dan virus yang mirip, terkadang sulit untuk mengidentifikasinya sendiri. Untuk menentukannya, hubungilah dokter untuk mendiagnosis penyebab dari infeksi tersebut. Bahkan, dokter pun akan mengalami kesulitan untuk menentukan penyebab penyakitnya. Misalnya saja penyakit pneumonia, meningitis, dan diare yang memungkinkan disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Nah, untuk mengetahui lebih detail, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan lanjutan, seperti menanyakan riwayat medis yang dimiliki pasien dan pemeriksaan fisik untuk memastikan diagnosis pasien. Jika perlu, dokter akan meminta pasien melakukan tes darah atau tes urin. Bahkan, dalam beberapa kasus, diperlukan tindakan biopsi yaitu pengambilan sampel jaringan untuk diperiksa di laboratorium. Dengan demikian, serangkaian pemeriksaan akan menunjukkan bukti bahwa infeksi penyakit disebabkan oleh bakteri atau virus.

Pengobatan Berdasarkan Hasil Diagnosis

Pengobatan diberikan berdasarkan hasil diagnosisnya. Apabila penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri, maka diberikan obat antibiotik. Obat ini digunakan untuk menghentikan perkembangbiakan bakteri. Faktanya, seringkali antibiotik diberikan pada pasien yang terinfeksi virus. Padahal, antibiotik tidak efektif untuk melawan virus. Justru, pengobatan yang berlebih ini akan membuat tubuh kebal terhadap antibiotik, sehingga ketika terinfeksi bakteri akan lebih sulit terobati.

Bagaimana dengan obat virus? Sebenarnya, tidak ada pengobatan khusus untuk mengatasi infeksi virus. Sebab, sistem imun akan berusaha mengalahkannya sendiri. Kalaupun dokter memberikan obat, bukan untuk membunuh virus, melainkan meredakan gejalanya. Misalnya, ibuprofen untuk meredakan nyeri dan demam. Meski demikian, tetap ada obat tertentu untuk menghentikan siklus hidup virus, contohnya valacyclovir untuk mengatasi infeksi virus Herpes.

perbedaan bakteri dan virus
Tahukah Anda perbedaan antara virus dan bakteri? Berikut ini adalah penjabaran mengenai virus dan bakteri serta cara pengobatan infeksinya.

Menurut dokter Irma Lidia, tim dokter Lifepack, “Kebanyakan infeksi virus sembuh secara spontan pada individu yang imunokompeten. Namun ada juga obat antivirus/antiviral untuk beberapa infeksi virus tertentu, obat tersebut bertujuan untuk meminimalkan gejala dan infektivitas serta mempersingkat durasi penyakit. antiviral/antivirus. 

“Berbeda dengan antibiotik yang bekerja menghancurkan/menonaktifkan bakteri, obat antivirus bekerja dengan cara menghambat replikasi virus dengan harapan menekan viral load dan menunggu mekanisme bawaan tubuh untuk menetralkan virus atau menghambat virus masuk ke sel host. Namun karena virus bersembunyi dalam sel kita karena itu sulit untuk menemukan target obat yang mengganggu replikasi virus tanpa juga merugikan sel inang.” tambahnya.

Pencegahan

Kedua infeksi ini sama-sama dapat teratasi dengan baik, apabila tubuh dalam keadaan fit atau sehat. Oleh karena itu, biasakan menjalani pola hidup sehat seperti olahraga rutin dan mengonsumsi makanan bernutrisi atau suplemen dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Virus dan Bakteri!

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cedera kepala

Waspada 5 Risiko Fatal Di Balik Cedera Kepala

Telemedik   25/01/2021, 17:56 WIB
fungsi otak besar

Pelajari Fungsi Otak Besar dan Bagian-Bagiannya

Telemedik   22/01/2021, 19:00 WIB
konsultasi dokter online

Mengenal Lifepack, Aplikasi untuk Konsultasi Dokter Online

Telemedik   21/01/2021, 20:00 WIB
pesan obat online

Tips Pesan Obat Online dan Keuntungannya

Telemedik   20/01/2021, 18:40 WIB
kutil kelamin adalah

Kutil Kelamin, Apakah Infeksi Yang Berbahaya?

Telemedik   19/01/2021, 20:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cedera kepala

Waspada 5 Risiko Fatal Di Balik Cedera Kepala

Telemedik   25/01/2021, 17:56 WIB
fungsi otak besar

Pelajari Fungsi Otak Besar dan Bagian-Bagiannya

Telemedik   22/01/2021, 19:00 WIB
konsultasi dokter online

Mengenal Lifepack, Aplikasi untuk Konsultasi Dokter Online

Telemedik   21/01/2021, 20:00 WIB
pesan obat online

Tips Pesan Obat Online dan Keuntungannya

Telemedik   20/01/2021, 18:40 WIB
kutil kelamin adalah

Kutil Kelamin, Apakah Infeksi Yang Berbahaya?

Telemedik   19/01/2021, 20:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?