fbpx
BerandadirektoriPenyakitTips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Mudah dan Cepat

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang memicu banyak kematian di seluruh dunia. Pada tahun 2009, jumlah penderita hipertensi sendiri mencapai 839 juta kasus. Oleh karena itu, sebelum terlambat, Anda bisa mencoba ragam tips menurunkan tekanan darah tinggi yang mudah dilakukan.

Tips_Menurunkan_Tekanan_Darah_Tinggi

Menurunkan tekanan darah tinggi tidaklah sulit asal dilakukan secara konsisten. Hal ini tentu sebanding demi mendapatkan tubuh yang sehat. Jika penyakit darah tinggi sudah parah, maka mau tidak mau Anda harus melakukan pengobatan yang sangat mahal. Kesempatan untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. 

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi yang Mudah Dilakukan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Agar tekanan darah dapat turun hingga batas normal, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan setiap hari. Namun untuk bisa mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal, maka butuh konsistensi ketika melakukannya. Berikut beberapa tips menurunkan tekanan darah tinggi yang mudah dilakukan

  1. Kurangi Asupan Garam

Makanan atau camilan bercita rasa asin menjadi favorit banyak orang. Namun nyatanya konsumsi garam berlebih dapat memicu tekanan darah tinggi pada tubuh. Hal ini terjadi karena sifat garam yang mengikat darah sehingga darah menjadi lebih pekat dan jantung harus bekerja lebih keras untuk bisa mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

Untuk mengobati tekanan darah tinggi, kurangi konsumsi garam dari sekarang. Batas asupan garam yang normal untuk tubuh yaitu kurang dari 2,3 gram natrium atau 6 gram natrium klorida. Walaupun di awal lidah belum terbiasa, namun jika konsisten dilakukan, secara perlahan Anda akan terbiasa dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang rendah.

  1. Lakukan Olahraga Ringan

Setelah konsumsi garam berkurang, Anda juga bisa melakukan olahraga untuk melancarkan peredaran darah dan memperkuat kinerja otot jantung. Tak hanya membantu tubuh lebih bugar dan sehat, tekanan darah akan berangsur turun hingga batas normal. Agar tidak memberatkan tubuh, Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat dan menguras tenaga. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cukup luangkan waktu 15-30 menit untuk melakukan olahraga ringan seperti berenang, jalan kaki, bersepeda keliling kompleks, atau melakukan yoga. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa melakukan olahraga rutin mampu menurunkan tekanan darah hingga 5-7 mmHg.

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Kandungan nikotin yang terdapat didalam sebatang rokok dapat memicu reaksi tekanan darah tinggi dalam tubuh. Oleh karena itu, agar tekanan darah kembali normal, Anda tentu harus menghentikan kebiasaan merokok.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika masih kesulitan untuk berhenti total, coba kurangi jumlah rokok yang biasa dihisap dalam satu hari. Agar lebih sehat, ganti kebiasaan buruk ini dengan mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah. 

  1. Kelola Stress ke Arah Positif

Tahukah Anda jika stress dapat memicu peningkatan tekanan darah? Oleh karena itu, salah satu cara mudah untuk bisa menurunkan tekanan darah adalah dengan mengelola stress ke arah yang lebih positif. Jika stress melanda, Anda bisa menyalurkannya melalui hobi atau aktivitas yang lebih baik. Misalnya menyanyi, melukis, mendengarkan musik, hingga meditasi. 

  1. Kurangi Berat Badan Berlebih

Salah satu faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi adalah berat badan yang berlebih. Oleh karena itu, mengurangi berat badan hingga batas normal bisa menjadi langkah tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Potasium

Potasium merupakan salah satu mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh. Mencukupi kebutuhan potasium dapat membantu tubuh untuk mendapatkan kebutuhan sodium dan membantu penurunan tekanan darah hingga ke batas normal.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Agar penurunan tekanan darah dapat berjalan efektif, selalu konsumsi makanan tinggi potasium dalam menu harian. Beberapa jenis makanan yang kaya akan potasium antara lain kacang, tuna, salmon, pisang, alpukat, dan yoghurt. Anda bisa mengonsumsi makanan ini sebagai camilan atau makanan pendamping dalam menu sehari-hari.

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Selain potasium, kalsium juga sangat penting dikonsumsi. Orang yang kekurangan asupan kalsium dalam tubuhnya memiliki resiko tekanan darah tinggi yang besar. Rekomendasi asupan kalsium untuk pria  yaitu sebesar 1000 mg per hari. Sedangkan untuk wanita, asupan kalsium yang direkomendasikan yaitu sebesar 1200 mg per hari.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Konsumsi Suplemen Alami

Mengonsumsi suplemen alami juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mudah dan cepat. Beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi sebagai suplemen antara lain minyak ikan, protein whey, buah beri, dan ekstrak bawang putih.

Tips menurunkan tekanan darah tinggi sangat mudah dilakukan jika Anda konsisten menjalaninya. Mulai dengan merubah gaya hidup dan mulai mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan potasium serta rutin berolahraga. Secara perlahan tekanan darah tentu akan turun hingga batas normal. 

Dokter Lifepack, dr. Irma Lidia, menambahkan “ikuti anjuran dokter dan kontrol gula darah melalui gaya hidup dan bila perlu obat, minum obat secara teratur sesuai anjuran dokter.”

Salah satu obat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah adalah Dopamet 250 MG 100 Tablet – Obat Penurun Tensi Darah (Rp 260.000). Selainperawatan tekanan darah tinggi, Dopamet juga berguna untukmencegah stroke, serangan jantung, dan gangguan ginjal.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Vaginismus: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

direktoriPenyakit   05/01/2022

5 Cara Mengatasi Burnout

direktoriPenyakit   05/01/2022

Perbedaan Gejala Omicron dengan Gejala Varian COVID-19 Lainnya

direktoriPenyakit   15/12/2021

Jenis Penyakit Autoimun Beserta Gejalanya yang Perlu Anda Waspadai

direktoriPenyakit   10/12/2021

Mengenal Virus Omicron, Varian Baru COVID-19

direktoriPenyakit   10/12/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman