fbpx
BerandaDiabetesKencing Manis di Usia Muda, Begini Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh dr. Irma Lidia

kencing manis di usia muda

Kencing manis atau diabetes menjadi jenis penyakit yang cukup berbahaya karena dapat menurunkan sistem daya tahan tubuh dan memicu munculnya penyakit lain. Komplikasi akibat diabetes ini beragam jenisnya dan dapat berakibat fatal bahkan sampai kematian. Bukan hanya orang tua, anak muda juga harus waspada akan jenis penyakit yang satu ini. Mereka harus paham bagaimana cara mencegah penyakit kencing manis sedini mungkin.

Pencegahan memang selalu lebih baik daripada pengobatan. Anak muda memiliki peluang yang sama besarnya untuk menderita penyakit diabetes. Apalagi jika gaya hidup yang diterapkan tidak teratur. Tentu dibutuhkan langkah pencegahan yang tepat sehingga anak muda bisa menikmati hidup dengan tubuh sehat bebas penyakit diabetes.

Cara Mencegah Kencing Manis Di Usia Muda

Beragam jenis penyakit memang harus dicegah sedini mungkin. Apalagi diabetes yang merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mengancam jiwa. Jika dilakukan langkah pencegahan yang tepat maka penyakit ini bisa dihindari dengan baik. Berikut adalah beberapa cara mencegah kencing manis di usia muda:

  1. Jaga Berat Badan

Poin penting dalam menghindari penyakit kencing manis adalah menjaga berat badan selalu ideal. Kelebihan berat badan atau obesitas akan memperbesar risiko terjadinya penyakit kencing manis. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga bobot tubuh tetap di angka ideal. Selain demi penampilan, menjaga bobot tubuh tetap ideal juga perlu dilakukan demi alasan kesehatan.

  1. Pilih Makanan Sehat

Demi mencegah terjadinya diabetes maka konsumsilah makanan yang sehat. Pilihlah hanya makanan yang sehat dan tentu saja harus rendah gula. Kurangi makanan-makanan yang tinggi gula, garam, maupun lemak. Perbanyak konsumsi buah-buahan yang rendah gula seperti semangka dan kiwi. Selain itu tingkatkan frekuensi minum air putih dan hindari minuman manis.

Jaminan Lifepack untuk Anda

“Anda juga dapat juga menerapkan panduan makan makanan sehat gizi berimbang dengan Isi Piringku dari Kemenkes, sehingga porsi makan dan gizi dapat terjaga. Ini akan membantu untuk menjaga berat badan ideal dan mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti diabetes.” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

  1. Selalu Berolahraga

Usahakan untuk terus rutin berolahraga demi mengontrol kadar gula dalam darah. Aktivitas fisik sangat penting dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bobot tubuh tetap ideal. Selain itu olahraga juga bermanfaat membantu memperlancar metabolisme tubuh sehingga mencegah kadar gula dalam darah meningkat. Usahakan untuk berolahraga setiap hari meskipun hanya sebentar.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Tidur Cukup 

Jangan menyepelekan waktu tidur karena hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Usahakan untuk selalu mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap hari. Istirahat yang cukup juga akan membuat metabolisme dalam tubuh berjalan lancar. Jika selama ini waktu tidur Anda berantakan maka mulailah untuk mengaturnya sebaik mungkin. 

  1. Hindari Stres

Menghindari stres juga menjadi salah satu cara mencegah penyakit kencing manis. Pastikan Anda tidak stres meskipun ada banyak hal yang harus dikerjakan. Cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Lakukan aktivitas yang disukai, makan sehat, dan istirahat yang cukup agar terhindar dari stres. Sering dianggap sepele, stres justru menjadi pemicu beragam jenis penyakit termasuk salah satunya yaitu diabetes.

  1. Hindari Alkohol dan Rokok

Sangat disarankan untuk menghindari alkohol dan rokok sejak muda. Jangan tergiur dengan nikmatnya alkohol dan rokok karena bisa berpengaruh buruk di masa yang akan datang. Jauh lebih baik Anda menggantinya dengan konsumsi makanan yang sehat atau camilan sehat lainnya.

Cara Mencegah Diabetes dengan Pola Hidup Sehat

Dari penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa pola hidup sehat merupakan kunci untuk bisa mencegah kencing manis di usia muda. Pola hidup sehat ini adalah soal kebiasaan dan harus ditanamkan sedini mungkin. Sejak usia masih muda, cobalah untuk menerapkan kebiasaan hidup yang sehat. Hindari konsumsi makanan tak sehat yang mengandung terlalu banyak gula.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penerapan pola hidup yang sehat sejak muda tidak hanya bisa membantu Anda terhindar dari penyakit diabetes tetapi juga dari jenis penyakit lainnya. Selain menerapkan pola hidup sehat, jangan lupa lakukan juga kontrol rutin untuk memeriksa kadar gula dalam darah. Lakukan juga konsultasi kepada dokter apabila ditemukan gejala atau keluhan yang berarti.

Cara Mencegah Diabetes dengan Obat

kencing manis di usia muda

Selain pola hidup yang sehat, perlukah konsumsi obat untuk mencegah penyakit kencing manis ini? Pencegahan kencing manis sebenarnya cukup dilakukan dengan penerapan gaya hidup yang sehat. Selama pola makan teratur dan dijaga dengan baik maka kadar gula dalam darah akan terkontrol dan diabetes bisa dicegah. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsumsi obat biasanya direkomendasikan bagi mereka yang telah positif terdiagnosis diabetes dan harus mengontrol kadar gula dalam darah seoptimal mungkin. Demi mencegah lonjakan kadar gula darah ini maka diperlukan konsumsi obat rutin sesuai rekomendasi dokter.Biasanya, dokter merekomendasikan obat dengan kandungan glibenclamide atau metformin seperti Glucovance 1.25 MG/250 MG 100 Tablet – Obat Pengontrol Gula Darah (Rp340.000).

Selama masih dalam tahap pencegahan maka bisa dikonsumsi produk suplemen makanan saja. Tentunya juga harus diimbangi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Konsumsi suplemen bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apalagi pada orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Penerapan cara mencegah penyakit kencing manis pada anak muda harus dilakukan secara tepat dan optimal. Pastikan untuk menyadari sedini mungkin bahwa kencing manis merupakan penyakit yang berbahaya. Jika kesadaran ini sudah dibentuk sejak dini maka akan lebih mudah untuk menerapkan upaya pencegahannya.

Lifepack adalah sistem konsultasi medis bagi dokter atau tenaga medis untuk meresepkan obat bagi pasiennya. Dokter dapat membuat resep elektronik atau mengunggah foto resep ke aplikasi. Obat pesanan langsung diantar ke rumah/lokasi pasien.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pemanis pengganti gula

7 Daftar Pemanis Pengganti Gula untuk Pasien Diabetes

Diabetes   17/02/2022
obat kencing manis

Obat Kencing Manis yang Umum Diresepkan Dokter

Diabetes   15/10/2021
gula basah pada ibu hamil

Gula Basah dan Ciri-cirinya Pada Ibu Hamil

Diabetes   15/10/2021
cara menyembuhkan diabetes

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Diabetes?

Diabetes   14/10/2021
kencing manis basah

Kencing Manis Basah

Diabetes   14/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman