fbpx
BerandaDiabetesGejala Kencing Manis pada Wanita yang Umum Ditemui

Ditinjau oleh dr. Irma Lidia

gejala kencing manis pada wanita

Diabetes atau kencing manis adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja dari berbagai kalangan usia. Ini juga termasuk kelompok wanita, baik dari usia muda hingga tua. Gejala kencing manis pada wanita perlu diwaspadai dengan baik agar langkah penanganannya bisa berjalan dengan efektif. Gejala yang terdeteksi sedini mungkin akan memperbesar peluang penanganan berjalan secara optimal. 

Pada dasarnya gejala diabetes memang sama saja berlaku untuk semua orang. Hanya saja ada beberapa gejala pada wanita yang ternyata tidak ditemui pada laki-laki. Hal ini disebabkan oleh adanya karakteristik tersendiri pada kaum wanita yang tidak dimiliki oleh laki-laki.

Macam-macam Gejala Kencing Manis pada Wanita

Kaum wanita yang mengalami diabetes akan menunjukkan gejala umum yang dialami oleh semua orang. Mulai dari sering buang air kecil, mudah lelah, penyembuhan luka berjalan lama, penglihatan kabur, dan lain sebagainya. Namun, ada beberapa gejala spesifik yang hanya terjadi pada wanita. Berikut adalah gejala-gejala kencing manis yang umum ditemui pada kaum wanita:

  1. Infeksi Saluran Kemih

Wanita penderita diabetes biasanya memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami infeksi saluran kemih atau ISK. Kondisi ini terjadi karena urine penderita diabetes memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Hal tersebut memicu perkembangan bakteri dalam urine untuk berjalan lebih mudah dan akhirnya menyebabkan infeksi.

Munculnya infeksi saluran kemih pada wanita penderita diabetes juga didukung oleh penurunan daya tahan tubuh secara bertahap. Wanita yang didiagnosis diabetes memiliki daya tahan tubuh yang cenderung lemah dan rentan terhadap penyakit maupun infeksi bakteri. Kontaminasi bakteri pada urine akan dengan mudah menyebabkan infeksi saluran kemih yang membuat penderitanya demam dan merasa nyeri ketika BAK.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Infeksi Jamur Berulang

Gejala kencing manis pada wanita yang umumnya tak ditemui pada kaum pria adalah infeksi jamur yang berulang di bagian vagina. Ternyata, kadar gula dalam darah yang tinggi bisa menyebabkan pertumbuhan jamur Candida di dalam vagina untuk berkembang lebih mudah dan cepat. Itulah mengapa wanita yang menderita diabetes akan lebih mudah terserang infeksi jamur.

Kondisi infeksi jamur pada vagina ini akan menimbulkan masalah lain pada tubuh. Infeksi ini bisa menyebabkan munculnya rasa nyeri pada vagina. Selain itu, vagina juga akan terasa gatal dan muncul keputihan. Infeksi ini juga dapat memicu munculnya rasa nyeri ketika berhubungan seksual.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Vagina Kering

Salah satu gejala diabetes yang juga spesifik terjadi pada wanita adalah vagina menjadi kering. Hal ini berpengaruh pada menurunnya dorongan seksual pada tubuh wanita. Vagina yang kering akan mendorong terjadinya disfungsi seksual sehingga tidak ada keinginan untuk berhubungan seksual dengan pasangan. Gejala ini juga bisa terjadi karena adanya kerusakan serabut saraf akibat kadar gula darah yang tinggi. 

Risiko Komplikasi Pada Wanita

Kaum wanita ternyata juga memiliki risiko komplikasi yang jauh lebih tinggi daripada pria ketika mengalami diabetes. Gejala yang ditemui pada wanita penderita diabetes ternyata bisa berisiko besar mengalami komplikasi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya fluktuasi hormon serta konsumsi pil kontrasepsi.

Perempuan memiliki fluktuasi hormon yang berlangsung secara terus-menerus. Mulai dari menstruasi, melahirkan, hingga menopause. Kondisi ini menyebabkan kadar glukosa darah bisa tidak terkontrol. Perubahan hormon ini terus terjadi pada wanita usia muda hingga tua sehingga risiko tersebut akan selalu ada.

Selain itu wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi juga lebih mudah mengalami kenaikan kadar gula darah. Itulah mengapa wanita harus benar-benar waspada dengan kondisi tersebut. Apalagi, pil kontrasepsi juga memiliki kandungan gula yang bisa meningkatkan kadar gula darah. Belum lagi pil ini juga dapat menyebabkan fluktuasi hormon menjadi lebih parah.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Waspadai Gejalanya

Kaum wanita harus benar-benar waspada dengan semua gejala diabetes yang mungkin terjadi. Setiap gejala perlu diwaspadai dan dicurigai sebagai kondisi meningkatnya kadar gula dalam darah. Pastikan untuk selalu mengontrol kadar gula dalam darah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Kurangi konsumsi gula dan jaga pola makan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Sangat direkomendasikan juga bagi kaum wanita untuk memeriksakan kadar gula dalam darah secara berkala. Pemeriksaan kadar gula darah ini akan membantu untuk mendeteksi secara dini jika memang Anda menderita diabetes. Pemeriksaan ini tidak hanya perlu dilakukan oleh mereka yang sudah lanjut usia tapi juga oleh golongan anak muda. “Skrining untuk diabetes dianjurkan dimulai usia 45 setiap 3 tahun sekali, namun jika ada Anda memiliki faktor risiko, skrining harus dilakukan pada usia lebih dini dan lebih sering.” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter dari Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

gejala kencing manis pada wanita

Kontrol yang baik terhadap pola makan dan gaya hidup tetap menjadi kunci penting untuk mencegah diabetes. Jika memang sudah didiagnosis oleh dokter, maka pastikan untuk lebih berhati-hati. Konsultasikan semua jenis obat yang akan dikonsumsi agar kadar gula dalam darah bisa lebih terkontrol. Anda juga bisa melakukan kontrol mandiri menggunakan alat ACCU-CHEK INSTANT – 50 STRIPS – Strip Tes Gula Darah / Glukosa (Rp177.676) di rumah.

Itulah macam gejala kencing manis pada wanita yang wajib untuk diwaspadai. Diabetes ini bisa menyerang siapa saja sehingga sangat penting untuk selalu waspada. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk setiap jenis perubahan pada tubuh yang mengarah pada tanda-tanda diabetes.

Lifepack adalah sistem konsultasi medis bagi dokter atau tenaga medis untuk meresepkan obat bagi pasiennya. Dokter dapat membuat resep elektronik atau mengunggah foto resep ke aplikasi. Obat pesanan langsung diantar ke rumah/lokasi pasien.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pemanis pengganti gula

7 Daftar Pemanis Pengganti Gula untuk Pasien Diabetes

Diabetes   17/02/2022
obat kencing manis

Obat Kencing Manis yang Umum Diresepkan Dokter

Diabetes   15/10/2021
gula basah pada ibu hamil

Gula Basah dan Ciri-cirinya Pada Ibu Hamil

Diabetes   15/10/2021
cara menyembuhkan diabetes

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Diabetes?

Diabetes   14/10/2021
kencing manis basah

Kencing Manis Basah

Diabetes   14/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman