fbpx
BerandaDiabetesKencing Manis pada Ibu Hamil, Bagaimana Mengatasinya?

Ditinjau oleh dr. Irma Lidia

kencing manis pada ibu hamil

Meningkatnya kadar gula dalam darah akan terus berkembang parah jika tidak segera diatasi dengan baik. Kondisi ini pun bisa terjadi pada siapa saja termasuk ibu hamil. Diabetes yang terjadi pada ibu hamil biasa dikenal sebagai diabetes gestasional. Cara mengatasi kencing manis pada ibu hamil tentu tidak bisa disamakan dengan penderita diabetes lainnya. 

Ibu hamil ternyata merupakan golongan orang yang memiliki risiko tinggi terkena diabetes. Tentunya hal ini wajib untuk diwaspadai mengingat diabetes pada ibu hamil dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang berbahaya. Lalu, seperti apa cara yang tepat untuk mengatasi kencing manis pada ibu hamil?

Cara Mengatasi Kencing Manis ketika Hamil

Ibu hamil membutuhkan perlakuan yang berbeda ketika mengalami diabetes. Tentu pengobatan diabetes juga harus dilakukan dengan cermat agar tidak mengganggu kondisi janin dalam kandungan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kencing manis pada ibu hamil:

  1. Terapkan Pola Hidup yang Sehat

Langkah pertama yang penting untuk dilakukan adalah menerapkan pola hidup yang sehat. Selama hamil, bukan berarti ibu boleh untuk mengonsumsi apapun. Kontrol makanan harus tetap dilakukan demi menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Pastikan untuk tetap mengikuti pola hidup sehat sesuai arahan dokter agar kadar gula dalam darah tidak melonjak tajam.

  1. Konsumsi Camilan Rendah GGL

Ibu hamil juga wajib memilih jenis camilan yang aman untuk dikonsumsi. Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi jenis camilan yang rendah GGL. GGL di sini artinya garam, gula dan lemak. Pilihlah jenis camilan yang tidak mengandung terlalu banyak gula, garam, dan lemak. Semua zat ini tidak bagus jika dikonsumsi secara berlebihan dan bisa mengganggu keseimbangan metabolisme.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Pilih Buah-buahan yang Tepat

Kamu dapat mengkonsumsi jenis buah-buahan yang tepat untuk mengontrol kadar gula dalam darah selama masa kehamilan. Buah merupakan jenis bahan makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi selama hamil. Namun, jangan sembarang memilih buah dengan kadar gula tinggi seperti mangga. Pilihlah jenis buah seperti semangka, jambu biji, juga kiwi yang rendah gula.

  1. Kelola Stres

Penting sekali bagi ibu hamil untuk tetap rileks dan tidak stres. Stres bagi ibu hamil bisa membuat kadar gula dalam darah melonjak tajam. Padahal, ibu hamil sangat rentan mengalami stres karena ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Lebih baik lakukan hal-hal yang disukai dan cari berbagai cara untuk menghindari stres. Bantuan dari suami dan keluarga juga sangat dibutuhkan untuk mencegah stres pada ibu hamil.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Lakukan Olahraga Ringan

Selama masa kehamilan, cobalah untuk tetap melakukan olahraga ringan. Pilih jenis olahraga yang tidak memberatkan dan aman bagi ibu hamil. Jenis olahraga yang paling aman adalah jalan kaki dan berenang. Olahraga bisa membantu memberikan energi dan mempersiapkan tubuh dalam menghadapi persalinan. Olahraga pun bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil.

  1. Jaga Berat Badan

Obesitas bisa menjadi faktor risiko munculnya penyakit diabetes. Selama masa kehamilan, memang sangat mungkin bagi ibu hamil untuk mengalami peningkatan berat badan. Pastikan kenaikan berat badan ini berjalan normal dan tidak berlebihan. Jaga berat badan dengan berolahraga dan menerapkan pola makan yang tepat.

Cara Mengatasi Kencing Manis dengan Bimbingan Dokter

kencing manis pada ibu hamil

Sebaiknya ibu hamil melakukan konsultasi dengan dokter jika mengalami kondisi diabetes. Ikuti cara mengatasi kencing manis yang direkomendasikan oleh dokter kandungan. Jika memang direkomendasikan untuk mengonsumsi obat, maka gunakanlah obat yang sudah diresepkan oleh dokter. Jangan sembarangan mengonsumsi obat di luar rekomendasi dokter karena bisa berakibat buruk bagi janin.

Kencing manis selama kehamilan bisa berdampak fatal jika tidak diatasi dengan baik. Kondisi ini bisa memicu munculnya komplikasi dan membahayakan kondisi janin. Bahkan diabetes gestasional ini juga bisa menyebabkan janin lahir dengan kondisi yang tidak sehat. Oleh sebab itu, ikuti aturan dan petunjuk dokter kandungan Anda dengan cermat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cara Mengatasi Kencing Manis Menjelang Kelahiran

Bagaimana jika ibu hamil didiagnosis diabetes menjelang kelahiran sang bayi? Tentu kondisi ini juga harus diwaspadai. Kontrol gula darah secara rutin sangat penting untuk dilakukan oleh ibu hamil. Apalagi jika memang sudah ada riwayat diabetes atau kadar gula darah tercatat selalu tinggi setiap kali kontrol.

Pemeriksaan lengkap juga harus dilakukan menjelang HPL atau hari perkiraan lahir. Dokter kandungan biasanya akan memberikan rujukan kepada ibu hamil yang memang sudah didiagnosis menderita diabetes untuk mendapatkan pemeriksaan lengkap. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar kadar gula darah lebih terkontrol ketika proses kelahiran sudah semakin dekat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

“Gangguan keseimbangan glukosa dalam kehamilan dapat berbahaya karena dapat meningkatkan terjadinya kecacatan, keguguran, kelahiran prematur, dan hipoglikemi pada neonatus. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan berkala pada ibu hamil dan kontrol gula darah dengan baik sesuai anjuran dokter.” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Cara mengatasi kencing manis pada ibu hamil pada dasarnya hampir sama seperti diabetes yang dialami oleh kelompok orang lainnya. Hanya saja, ibu hamil memang tidak bisa mengonsumsi sembarang jenis obat. Oleh sebab itu sangat dibutuhkan penerapan pola hidup yang sehat serta kontrol yang ketat. Ibu hamil juga bisa melakukan cek rutin menggunakan ACCU-CHEK INSTANT – 50 STRIPS – Strip Tes Gula Darah / Glukosa (Rp177.676) di rumah.

Lifepack adalah sistem konsultasi medis bagi dokter atau tenaga medis untuk meresepkan obat bagi pasiennya. Dokter dapat membuat resep elektronik atau mengunggah foto resep ke aplikasi. Obat pesanan langsung diantar ke rumah/lokasi pasien.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pemanis pengganti gula

7 Daftar Pemanis Pengganti Gula untuk Pasien Diabetes

Diabetes   17/02/2022
obat kencing manis

Obat Kencing Manis yang Umum Diresepkan Dokter

Diabetes   15/10/2021
gula basah pada ibu hamil

Gula Basah dan Ciri-cirinya Pada Ibu Hamil

Diabetes   15/10/2021
cara menyembuhkan diabetes

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Diabetes?

Diabetes   14/10/2021
kencing manis basah

Kencing Manis Basah

Diabetes   14/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman