fbpx

Silybin Phospholipids

Okt 15, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf S | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Silybin phospholipids adalah suplemen atau terapi tambahan yang digunakan untuk menangani permasalahan pasien dengan gangguan hati.

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa silybin phospholipids mampu membantu dalam proses penyembuhan gangguan hati. 

Meski begitu, penggunaan suplemen yang satu ini perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, agar tidak salah dalam mengonsumsi dosis suplemen ini ataupun menimbulkan kontraindikasi. 

Informasi 

Silybin phospholipids yang dikonsumsi untuk gangguan hati tentunya memiliki cara kerja sendiri. Cara kerja suplemen silybin phospholipids dapat berfungsi dengan menciptakan suatu perlindungan terhadap fibrosis hati dan kerusakan hati yang diakibatkan dari efek mengkonsumsi alkohol. 

Dosis 

silybin-phospholipids

Silybin phospholipids merupakan salah satu produk herbal yang jarang menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dalam dosis terapeutik yang benar. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya kontraindikasi ataupun efek samping tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu penggunaannya kepada dokter ataupun apoteker.

Kontraindikasi 

  1. Apabila Anda mengalami hepatitis A, B, dan C maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 
  2. Apabila Anda sedang menyusui, hamil, dan program kehamilan, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. 
  3. Hindarkan suplemen ini dari anak-anak. 
  4. Anda memiliki hipersensitivitas dengan silybin phospholipids, maka segera hubungi dokter segera. 
  5. Apabila pasien memiliki penyakit alzheimer, maka konsultasikan segera dengan dokter. 

Interaksi dengan Obat Lain 

Beberapa obat diubah dan diuraikan oleh hati. Sebaiknya sebelum mengonsumsi obat apapun yang diubah oleh hati yang dikonsumsi bersama silybin sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker.

Beberapa obat yang diubah oleh hati termasuk amitriptyline, diazepam, celecoxib , diklofenak (Voltaren), fluvastatin, ibuprofen, irbesartan warfarin, estrogen dan lain-lain. 

Kelompok Orang Berisiko 

Ibu yang sedang menjalankan program kehamilan, hamil, dan menyusui, maka hindari suplemen ini. Lebih amannya bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Pertimbangkan antara manfaat dan risiko bersama dengan dokter, mengingat keadaan saat ini. 

Inilah orang yang mungkin beresiko mengkonsumsi suplemen silybin phospholipids, diantaranya sebagai berikut: 

  1. Penderita kanker payudara. 
  2. Penderita endometriosis
  3. Penderita hormone sensitive conditions 
  4. Penderita kanker ovarium dan uteri
  5. Pasien yang mempunyai hipersensitivitas terhadap suplemen ini. 
  6. Anak-anak

Efek Samping 

Memungkikan silybin phospholipids, aman apabila disuntikkan tepat di area bawah kulit dalam jangka pendek. Umumnya, efek samping yang terjadi ketika mengkonsumsi suplemen ini adalah diare, keringat yang berlebihan, dan sakit perut. Tetapi, untuk obat yang disuntikkan, bisa menimbulkan efek samping berupa iritasi, pembengkakan, kemerahan, gatal, terbakar, memar, dan nyeri di tempat suntikan. Terkadang juga bisa menimbulkan kembung. 

Cara Konsumsi 

Ada dua pilihan mengkonsumsi silybin phospholipids, dari kapsul oral dan suntikan. Keduanya harus tetap memperhatikan dosis yang sudah dianjurkan oleh dokter atau apoteker. Pastikan untuk mengkonsumsinya dengan benar dan tidak melewati dosis satu hari. 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis