fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Epinephrine adalah obat yang digunakan untuk kondisi situasi darurat, layaknya mengobati permasalahan reaksi alergi yang cukup serius. Layaknya akibat sengatan dari serangga, tidak cocok dengan makanan, obat-obatan, maupun zat yang lain. 

Epinephrine merupakan obat yang digunakan untuk melakukan penghambatan pada pembuluh darah manusia dan membuka saluran yang ada pada paru-paru. 

Informasi 

Sudah disebutkan bahwa obat Epinephrine merupakan obat yang digunakan untuk mencegah pembuluh darah dan membuka saluran pada paru-paru manusia. Tidak hanya itu, obat ini memiliki fungsi di dalam keadaan yang cukup gawat darurat yaitu mengobati beberapa reaksi dikarenakan alerginya tubuh terhadap sesuatu. Bisa diambil contoh layaknya makanan, serangga, obat atau zat lainnya. 

Cara kerja dari epinephrine ini adalah meningkatkan kemampuan saluran pernapasan, merangsang kinerja dari jantung, meningkatkan tekanan darah di tubuh, meredakan gatal di area tubuh, dan mengurangi beberapa pembengkakan wajah serta tenggorokan. 

Dosis 

Dosis Epinephrine yang digunakan untuk orang dewasa untuk syok adalah IV 2-10 mcg / menit. Bisa ditingkatkan ketika perlu untuk membentuk sebuah denyut jantung serta tekanan darah yang cukup memadai. Dosis 20 mcg/menit jarang sekali diperlukan. Endotrakeal sebanyak 1 Mg sekali, diiringi dengan 5 insufflations yang cepat. Intrakardial sebanyak 0,3-0,5 mg dengan injeksi langsung melalui ruang ventrikel kiri. 

Dosis untuk orang dewasa yang digunakan untuk asistol adalah IV 0,5-1 Mg dalam sekali. Bisa diulang setiap interval waktu sebanyak 3 sampai 5 menit yang dibutuhkan. Pada saat tidak mendapatkan respon, maka menerapkan dosis Epinephrine yang cukup tinggi sekitar 2-5 Mg dalam waktu 3 sampai 5 menit. Endotrakeal cukup 1 Mg sekali, diikuti oleh 5 insufflations cepat. Intrakardial sekitar 0,3-0,5 Mg dengan injek langsung ke ventrikel kiri. 

Dosis Epinephrine orang dewasa untuk mengatasi disosiasi elektromekanik adalah IV 0,5-1 mg sekali. Bisa melakukan pengulangan setiap 3-5 menit ketika diperlukan. Endotrakeal cukup 1 mg sekali, diiringi dengan 5 insufflations yang cepat. Intrakardial cukup dengan 0,3-0,5 Mg dengan injek langsung ke ventrikel kiri dalam sekali. 

Dosis Epinephrine untuk orang dewasa penyumbatan AV jantung adalah IV 0,5-1 Mg dalam sekali. 

Dosis Epinephrine dewasa untuk asma akut adalah subkutan 0,1-0,5 Mg, diulang setiap waktu 20 menit sekali setiap 4 jam. Suspensi subkutan 0,5 Mg sekali. IM penggunaan 0,1-0,5 Mg, diulang setiap 20 menit dalam 4 jam kebutuhan. Inhalasi aerosol 160-220 mcg dalam sekali hirup. Nebulizer cukup dengan 1-3 setiap 3 jam. Tekanan positif cukup dengan 0,3 Mg dalam sekali. 

Dosis Epinephrine untuk orang dewasa penyakit paru-paru kronis. Subkutan 0,3 Mg dalam waktu setiap 20 menit dalam 3 dosis. IM 0,1-0,5 Mg dalam sekali. Inhalasi aerosol cukup dengan 160-220 Mcg dalam sekali. Nebulizer cukup dengan 1-3 hirupan. Tekanan pernapasan intermiten positif cukup 0,3 mg. 

Dosis untuk orang dewasa yang mengalami alergi, subkutan 0,1-0,5 Mg diulang setiap 20 menit. Suspensi subkutan cukup 0,5 mg setiap 6 jam. IM cukup dengan 0,1-0,5 Mg yang diulang dari setiap 10 hingga 15 menit. IV cukup dengan 0,1-0,25 Mg sekali secara perlahan dalam 5 sampai 10 menit. Infus intravena epinefrin 1 Mg dimulai dari 1-4 Mcg/menit. 

Dosis Epinephrine Dewasa Biasa untuk Pelebaran Pupil adalah menggunakan larutan yang sudah diterapkan dalam prosedur.

Dosis yang sudah disebutkan hanya untuk orang dewasa. Apabila Anda ingin lebih aman, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk menanyakan dosis aman untuk anak.

Kontraindikasi 

epinephrine
  1. Memberikan komposisi obat yang Anda gunakan dalam waktu dekat kepada dokter saat ini. 
  2. Anda sedang merencanakan program kehamilan, hamil, dan menyusui, wajib datangi dokter. 
  3. Memiliki permasalahan dengan jantung, maka lebih baik konsultasikan dengan dokter. 
  4. Ketika Anda memiliki permasalahan dengan hipersensitivitas dengan epinefrin, maka hubungi dokter saat ini juga. 

Interaksi dengan Obat Lain 

Ada beberapa obat yang tidak boleh diminum bersamaan saat ini, termasuk juga penggunaan epinephrine. Ada dampak interaksi ketika mengonsumsi obat-obat lain bersama dengan epinephrine. 

Kelompok Orang Berisiko 

Untuk saat ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil dan menyusui mengenai penggunaan epinephrine. Tidak pasti dengan keamanannya, maka Anda bisa menanyakan langsung ke dokter untuk mengetahui jawabannya. Melihat obat masuk ke dalam kategori C. 

Efek Samping 

Efek samping yang bisa ditimbulkan karena menggunakan epinephrine adalah berkeringat, mual serta muntah, kulit berubah menjadi pucat, dan kelemahan pada bagian tubuh. 

Cara Konsumsi 

Cara konsumsi obat ini disesuaikan dengan merk masing-masing. Gunakan petunjuk yang ada pada kemasan dan persiapkan barang yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, untuk variasi yang ada saat ini cukup beragam.

Obat yang satu ini mempunyai efek cepat tetapi tidak tahan lama. Penggunaan suntikan epinephrine tidak boleh dilakukan secara sengaja untuk saat ini. 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis