fbpx
BerandaHidup SehatSebelum Vaksinasi COVID-19, Kenali Tanda Pernah Terinfeksi

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Sebelum menerima vaksinasi COVID-19, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh terlebih dahulu. Pemeriksaan ini dilakukan dengan tujuan memastikan kondisi individu benar-benar sehat sebelum divaksin. Pemberian vaksin hanya dapat dilakukan dan bisa bekerja efektif apabila individu dalam kondisi sehat dan tidak terinfeksi COVID-19.

vaksinasi-covid-19

Lalu bagaimana dengan orang yang sebelumnya sudah pernah terinfeksi COVID-19? Orang yang pernah terinfeksi baru bisa diberikan vaksin minimal 3 bulan setelah sembuh. Namun, lain halnya dengan orang yang tidak pernah diketahui menderita gejala namun sebenarnya pernah terinfeksi. Apa yang harus dilakukan dengan kelompok orang ini?

Tanda Pernah Terinfeksi sebelum Vaksinasi COVID-19

Seseorang yang pernah terinfeksi COVID-19 namun tidak menunjukkan gejala apapun tentu akan lebih sulit untuk dideteksi riwayatnya. Sebelum pemberian vaksin maka bisa dilihat dulu tanda-tanda yang ditunjukkan oleh individu tersebut dari hasil pemeriksaan dan observasi. Berikut adalah ciri-ciri pernah mengalami COVID tanpa gejala sebelum vaksinasi:

1. Berkontak Erat dengan Pasien COVID-19

Di tengah pandemi ini, tracing aktivitas individu sangatlah penting untuk dilakukan. Dibutuhkan pendataan yang tepat untuk mengetahui riwayat aktivitas seseorang agar tahu siapa saja yang ditemui. Mereka yang tidak mengalami gejala apapun namun tercatat pernah berkontak erat dengan pasien terkonfirmasi COVID-19 sebaiknya dianggap pernah terinfeksi juga.

Misalnya, Anda tinggal bersama anggota keluarga yang terinfeksi COVID-19 namun Anda tak menunjukkan gejala apapun. Padahal dalam kurun waktu tersebut Anda makan dengan alat makan yang sama dan menggunakan kamar mandi yang sama. Kemungkinan besar Anda telah terinfeksi namun tidak ada gejala yang muncul karena daya tahan tubuh tergolong kuat.

2. Pernah Mengalami Kelelahan Hebat

Mudah mungkin mengetahui seseorang terinfeksi COVID-19 jika gejalanya jelas. Misalnya mengalami demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan lain sebagainya. Namun jarang yang mengetahui bahwa kelelahan hebat yang dirasakan tubuh juga bisa menjadi salah satu gejala terinfeksi. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Coba perhatikan apakah di antara tahun 2020 hingga 2021 ini Anda pernah mengalami kelelahan hebat tanpa gejala atau penyebab pasti? Jika iya, maka bisa dicurigai bahwa Anda telah terinfeksi namun tanpa gejala umum. Apalagi jika sebelumnya Anda juga tercatat punya riwayat berkontak erat dengan orang yang sudah terinfeksi.

3. Pernah Mengalami Mata Merah

Kondisi lain yang sebenarnya menunjukkan gejala dari COVID-19 adalah mata merah. Kondisi mata merah ini sebenarnya menjadi salah satu tanda bahwa ada infeksi virus di dalam tubuh. Mata merah dan berair bisa menjadi pertanda bahwa Anda sebenarnya terinfeksi COVID-19 meskipun tidak disertai gejala umum.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Ditemukan Antibodi terhadap COVID-19

Tanda lainnya yang menunjukkan bahwa Anda pernah terinfeksi COVID tanpa gejala adalah ditemukannya antibodi dalam tubuh Anda. Sebelum dilakukan vaksinasi sebenarnya sangatlah penting untuk melakukan tes COVID terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa individu penerima vaksin adalah orang yang sehat dan tidak terinfeksi.

Saat pemeriksaan ini bisa saja ditemukan adanya antibodi COVID dalam tubuh Anda meskipun kadarnya sedikit. Ini bisa menjadi bukti bahwa Anda sebelumnya pernah terinfeksi COVID dan tidak menunjukkan gejala apapun. Namun untuk mengetahui tanda ini tidak cukup hanya dengan konsultasi dan tanya jawab tapi harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Bisakah Menerima Vaksinasi COVID-19?

Lalu apakah orang-orang yang pernah terinfeksi tanpa gejala ini tetap bisa menjalani vaksinasi COVID-19? Biasanya orang yang pernah terinfeksi tanpa gejala akan sangat sulit untuk dideteksi. Membaca dari riwayat kondisi kesehatan yang diinformasikan oleh pasien saja tidak bisa memberikan data yang akurat. Tanda-tanda yang sudah disebutkan tadi hanya berfungsi sebagai bahan perkiraan.

Jika ditanya masih bisakah menerima vaksin tentu masih bisa. Justru mereka yang pernah terinfeksi sebaiknya juga menerima vaksin agar terbentuk antibodi yang sempurna. Karena tidak diketahui kepastian waktu terinfeksi maka pemberian vaksin dapat dilakukan secepatnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pentingnya Observasi sebelum Vaksinasi COVID-19

Sebenarnya ada banyak sekali jumlah orang yang mungkin terinfeksi tanpa ada gejala apapun. Mendeteksi tanda pernah mengalami COVID sebelum vaksinasi jelas tidaklah mudah. Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan pemeriksaan atau observasi terlebih dahulu sebelum vaksinasi.

Perlu dicatat bahwa vaksin hanya bisa bekerja secara efektif di tubuh yang sehat. Pastikan bahwa Anda memiliki kondisi yang prima saat akan menerima vaksin. Jangan memaksakan diri untuk menerima vaksin jika tubuh sedang tidak sehat. Konsultasikan kepada tenaga kesehatan yang bertugas mengenai kondisi kesehatan serta riwayat penyakit jika ada, demi keamanan bersama.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Vaksinasi COVID-19 diharapkan bisa membantu kita semua keluar dari situasi pandemi ini. Oleh sebab itu diharapkan adanya partisipasi dari semua warga untuk mengikuti program vaksinasi. Tak perlu khawatir dengan jenis vaksin yang digunakan karena sudah terjamin aman. Selama Anda berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan lengkap, maka vaksinasi bisa berjalan lancar.

“Walaupun telah melakukan vaksin,tetaplah lakukan prokes 5 M ( memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan/keramaian, mengurangi mobilitas)” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack. Anda juga harus selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen seperti PROTECAL C200 ISI 200 TAB – Suplemen Kekebalan Tubuh (Rp37.223).

Lifepack adalah sistem konsultasi medis bagi dokter atau tenaga medis untuk meresepkan obat bagi pasiennya. Dokter dapat membuat resep elektronik atau mengunggah foto resep ke aplikasi. Obat pesanan langsung diantar ke rumah/lokasi pasien.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman