fbpx
BerandaHidup SehatManfaat Vaksinasi COVID bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Pemberian vaksin COVID-19 kini menjadi program utama yang diperhatikan oleh pemerintah. Masyarakat diharapkan bekerja sama demi kelancaran program vaksinasi tersebut. Perlu diketahui bahwa pemberian vaksin ini bukan hanya demi keuntungan pemerintah namun juga bagi setiap individu. Manfaat vaksinasi COVID akan dirasakan oleh tubuh individu yang menerima vaksin tersebut.

manfaat-vaksinasi-covid

Kini semua orang diminta untuk memiliki kesadaran menerima vaksin COVID-19. Semakin banyak orang yang menerima vaksin maka diharapkan semakin cepat pula pandemi ini berlalu. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak memahami pentingnya menerima vaksin. Kali ini akan dibahas apa saja manfaat dari pemberian vaksin agar tak ada lagi yang menolak untuk divaksin.

Manfaat Vaksinasi COVID

Pada dasarnya pemberian vaksin memang akan memberikan manfaat baik bagi tubuh, untuk jenis vaksin apapun itu. Vaksin COVID-19 pun juga memberi banyak manfaat dan keuntungan bagi tubuh Anda. Berikut adalah beberapa manfaat pemberian vaksin COVID-19 bagi tubuh:

1. Membentuk Antibodi

Manfaat pertama dari pemberian vaksin adalah membentuk antibodi di dalam tubuh. Ini memang merupakan tujuan utama dari penyuntikan vaksin COVID-19. Perlu diketahui bahwa tubuh akan membentuk antibodi setiap kali ada benda asing masuk terutama virus dan bakteri. Namun, infeksi COVID-19 yang terbilang sebagai virus baru ini tidak dikenali tubuh sehingga tak bisa terbentuk antibodi.

Dibutuhkan vaksin yang akan memicu tubuh untuk membentuk antibodi tersebut. Vaksin mengandung virus yang telah dilemahkan. Dengan begitu virus ini akan masuk ke tubuh namun tidak bisa menginfeksi. Virus ini hanya akan merangsang tubuh agar mengenalinya dan membentuk antibodi yang sesuai untuk membuat perlawanan.

2. Menurunkan Risiko Penularan

Pemberian vaksin COVID-19 akan sangat membantu menurunkan risiko penularan. Inilah yang menjadi tujuan pemerintah Indonesia maupun negara-negara lain di dunia. Jika risiko penularan bisa diminimalkan maka jumlah orang yang terinfeksi virus Corona ini pun akan menurun dan kelamaan menjadi hilang.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Saat seseorang sudah menerima vaksin dan membentuk antibodi di dalam tubuhnya maka ia akan lebih sulit terinfeksi. Jika ia tidak terinfeksi maka ia tidak akan bisa menularkan virus tersebut ke orang lain. Secara otomatis maka tidak akan ada lagi penularan jika semakin banyak jumlah orang divaksinasi.

3. Memberi Perlindungan Diri dan Orang Lain

Manfaat vaksinasi COVID tidak hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri tetapi juga oleh orang lain. Jika Anda tidak terinfeksi maka Anda juga tidak akan bisa menularkan virus ke orang lain. Penyebaran virus pun bisa terhenti dan hal ini akan membuat Anda sekaligus jutaan orang lainnya terlindungi dari infeksi virus.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Menciptakan Kekebalan Kelompok

Salah satu tujuan pemberian vaksin adalah agar terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity. Semakin banyak orang yang divaksin maka akan semakin kecil risiko penularan. Dengan begitu orang-orang yang tidak menerima vaksin pun akan menjadi terlindungi karena tidak terpapar virus.

Kelompok orang yang tidak bisa menerima vaksin, misalnya karena kondisi penyakit tertentu juga akan tetap terlindungi. Oleh sebab itu, program vaksinasi ini harus disukseskan agar herd immunity di masyarakat terbentuk. Semakin cepat vaksinasi berjalan maka akan semakin kebal juga masyarakat dan kehidupan bisa kembali normal.

Manfaat Vaksinasi COVID bagi yang Terinfeksi

Apakah vaksinasi COVID-19 ini hanya bisa bermanfaat untuk mencegah? Bagaimana jika individu tetap terinfeksi setelah menerima vaksin? Perlu diketahui bahwa kondisi semacam ini banyak terjadi saat ini. Meskipun sudah menerima vaksin dosis lengkap tetap terinfeksi virus. Apa sebenarnya yang terjadi?

Kondisi ini sebenarnya dipicu oleh jumlah penerima vaksin yang masih terlalu kecil. Oleh sebab itu penyebaran virus masih terus terjadi dan bisa saja menginfeksi mereka yang sudah menerima vaksin. Namun, tetap ada manfaat yang bisa dirasakan walaupun terinfeksi virus.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kelompok orang yang sudah menerima vaksin namun tetap terinfeksi akan merasakan gejala yang lebih ringan dari mereka yang belum divaksin. Data juga menunjukkan bahwa kelompok orang penerima vaksin bisa lebih cepat sembuh setelah mereka mendapatkan vaksin. Hal ini akan membantu menurunkan angka kematian akibat infeksi COVID-19.

Agar Manfaat Vaksinasi COVID Tercapai

Kini sudah jelas apa saja manfaat dari pemberian vaksin COVID-19 tersebut. Demi mendapatkan semua manfaat ini maka setiap individu diharapkan memiliki kesadaran untuk menerima vaksin. Semua warga diharapkan mengikuti program pemerintah untuk memperlancar vaksinasi agar tercapai herd immunity yang kuat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tak perlu ragu dengan jenis vaksin yang disuntikkan karena semua jenis vaksin yang didistribusikan telah melewati tahap uji yang ketat. Jika memang ada hal-hal yang terjadi setelah vaksin maka bisa dikonsultasikan kepada dokter. Bagi masyarakat yang menderita penyakit bawaan tertentu juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu agar vaksin tetap bisa diberikan. 

Manfaat vaksinasi COVID tidak akan dirasakan oleh diri kita sendiri melainkan oleh banyak orang lainnya. Jika Anda berharap kehidupan ini kembali normal seperti semula maka mari bersama-sama sukseskan program vaksinasi. Bekali diri dengan informasi yang tepat dan konsultasikan pada dokter agar semakin yakin menerima vaksin. Sedia Panadol Biru 10 Kaplet – Paracetamol 500 mg – Mengobati Demam, Nyeri & Sakit Kepala (Rp15.000) untuk efek samping vaksin yang mungkin terjadi.

“Lakukan vaksin sesuai anjuran untuk mempercepat terjadinya herd immunity. dan tetap lakukan prokes 5 m walaupun telah vaksin ( memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan/keramaian, mengurangi mobilitas)” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Lifepack adalah sistem konsultasi medis bagi dokter atau tenaga medis untuk meresepkan obat bagi pasiennya. Dokter dapat membuat resep elektronik atau mengunggah foto resep ke aplikasi. Obat pesanan langsung diantar ke rumah/lokasi pasien.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman