fbpx

Perindopril Arginine

Nov 3, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf P | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Perindopril Arginine merupakan salah satu jenis obat yang bisa digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi). Menurunkan tekanan darah tinggi mampu mencegah berbagai penyakit seperti stroke, serangan jantung, dan masalah yang sering terjadi pada ginjal. Selain dapat mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya, obat ini juga digunakan sebagai obat untuk mencegah serangan jantung pada pasien dengan jenis penyakit seperti arteri koroner yang stabil (Baca juga Mengetahui Tekanan Darah Normal Pada Orang Dewasa).

Informasi

Perindopril Arginine termasuk dalam obat golongan ACE inhibitor yang memiliki manfaat untuk mengendalikan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Obat ini bekerja dengan cara menghentikan produksi zat alami di dalam tubuh yang menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah, dengan begitu darah dapat mengalir lebih lancar dan menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Perindopril Arginine tersedia dalam 2 bentuk sediaan obat yaitu sebagai garam erbumine dan garam arginine. Walaupun tersedia dalam 2 bentuk yang berbeda dan mempengaruhi dosis penggunaan, namun kedua bentuk obat ini bekerja dengan cara yang sama. Beberapa merek dagang Perindopril Arginine yang bisa dijumpai adalah Bioprexum, Coveram, dan Cadoril. Obat ini hanya bisa didapatkan dengan menggunakan resep dokter.

Dosis

Karena Perindopril Arginine hanya bisa didapatkan dengan menggunakan resep dokter, setiap dosis yang diterima oleh satu orang dengan orang yang lainnya biasanya tidak akan sama. Penyesuaian dosis akan tergantung dengan gejala, keluhan, serta kondisi medis seseorang Berikut ini dosis umum yang biasanya digunakan dalam mengonsumsi Perindopril Arginine :

Penderita Hipertensi 

  1. Dewasa : Dosis awal 4 mg dalam bentuk erbumine atau 5 mg dalam bentuk arginine, 1x dalam sehari. Dosis dapat ditingkatkan maksimal hingga 8 mg dalam bentuk erbumine dan 10 mg dalam bentuk arginine jika diperlukan.
  2. Lansia : Dosis awal 2 mg dalam bentuk erbumine dan 2,5 mg dalam bentuk arginine, 1x dalam sehari.

Penderita Gagal Jantung

  1. Dewasa : dosis awal 2 mg dalam bentuk erbumine atau 2,5 dalam bentuk arginine dan dikonsumsi di pagi hari. Dosis dapat ditingkatkan setelah 2 minggu menjalani masa pengobatan sebanyak 4 mg dalam bentuk erbumine dan 5 mg dalam bentuk arginine, 1x sehari.

Penyakit Jantung Koroner

  1. Dewasa : dosis awal 4 mg dalam bentuk erbumine atau 5 mg dalam bentuk arginine, 1x sehari selama maksimal 2 minggu pemakaian. Dosis pemeliharaan sebanyak 8 mg dalam bentuk erbumine atu 10 mg dalam bentuk arginine, 1x sehari.
  2. Lansia : Dosis awal : 2 mg dalam bentuk erbumine atau 2,5 mg dalam bentuk arginine, 1x sehari pada minggu pertama masa pengobatan.

Kontraindikasi

Obat ini tidak boleh dan dilarang keras untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita kondisi atau memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap komponen atau komposisi yang ada di dalam obat ini. Hipersensitivitas merupakan suatu kondisi dimana munculnya sebuah reaksi yang berlebihan karena terlalu lemah atau sensitifnya respon imun tubuh. Akibatnya akan terjadi kerusakan, ketidaknyamanan, dan dapat mengakibatkan kondisi yang sangat fatal bagi tubuh. Reaksi ini dibedakan menjadi 4 tipe, yaitu hipersensitivitas tipe 1, hipersensitivitas tipe 2, hipersensitivitas tipe 3, dan hipersensitivitas tipe 4 semakin tinggi tingkat hipersensitivitas, maka dampak yang akan muncul semakin bertambah buruk. Oleh karena itu pastikan anda selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan obat-obatan lainnya untuk menghindari reaksi ini.

Interaksi dengan Obat Lain

Konsultasikan kepada dokter jika anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain seperti suplemen, produk herbal, terutama obat everolimus, sacubitril-valsartan, ARB seperti candesartan, dan aliskiren.

Kelompok Orang Berisiko

Hati-hati menggunakan Perindopril Arginine bila sedang atau pernah memiliki riwayat kondisi medis seperti penyempitan arteri ginjal, kardiomiopati hipertrofik, penyakit pembuluh darah, hipotensi.

Efek Samping

Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin saja bisa terjadi pada saat penggunaan Perindopril Arginine :

  • Sakit kepala berlebih.
  • Kesadaran menurun.
  • Gangguan menstruasi.
  • Depresi.
  • Jantung berdebar.
  • Nyeri punggung.
  • Pusing.
  • Batuk.
  • Mual, muntah, demam, gatal, dan pembengkakan pada daerah bibir, lidah, tenggorokan karena reaksi alergi.

Cara Konsumsi

Cara mengonsumsi Perindopril Arginine dengan benar adalah dengan mengikuti anjuran dan petunjuk dari dokter, serta memperhatikan informasi yang ada pada kemasan sebelum mengonsumsi agar mengetahui secara detail dan lengkap terkait cara penggunaan dan efek samping. Untuk penggunaan awal, usahakan untuk mengonsumsi Perindopril Arginine pada saat malam hari sebelum tidur dikarenakan obat ini akan menyebabkan reaksi pusing. Setelah bangun tidur dan efek pusing sudah menghilang, anda bisa mengonsumsi obat ini 30 – 60 sebelum sarapan.

Penggunaan Perindopril Arginine dalam bentuk tablet salut selaput tidak boleh dikonsumsi dengan cara membelah atau menghancurkan tablet karena akan meningkatkan efek samping. Konsumsi obat ini secara utuh tanpa perlu dikunyah. Pastikan menggunakan obat ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika belum merasakan adanya gejala yang membaik pada saat mengonsumsi tetap lanjutkan hingga batas waktu yang telah ditentukan. Namun jika mengalami gejala yang tidak wajar atau kondisi semakin memburuk segera hentikan penggunaan.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis