fbpx
BerandaHidup SehatBerapa Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia? Simak di sini!

Tekanan darah merupakan salah satu ukuran untuk mengetahui seberapa kuat organ jantung dalam memompa darah dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. Agar organ tubuh anda bisa bekerja secara maksimal maka seseorang harus memiliki kondisi tekanan darah normal. Nah, lantas bagaimana cara untuk mengetahui berapa tekanan darah normal? 

tekanan-darah-normal-dewasa

Tekanan Darah Normal Sesuai Usia

Tekanan darah akan berbeda sesuai dengan usia manusia. Namun, ukuran tensi umumnya dilambangan dengan dua angka. Misalnya, 110/80 mmHg. Angka yang berada di posisi kiri atau 110 merupakan tekanan darah sistolik dan angka di bagian kanan atau 80 adalah tekanan saat otot jantung berelaksasi. Berikut beberapa tensi normal dari berbagai usia.

Ukuran Tensi Darah Anak

Biasanya, anak usia 3 hingga 5 tahun memiliki tekanan darah normal sistolik sekitar 95-110 mmHg dan tekanan darah diastolik sekitar 56-70 mmHG. Sementara itu, pada anak usia 6-13 tahun, ukuran tensi sistolik berada di kisaran angka 97-112 mmHG dan diastolik sekitar 57-71 mmHg.

Tensi Darah Remaja

Remaja yang berusia 13 sampai 18 tahun memiliki batas normal sistolik berkisar 112-128 mmHG dan ukuran diastolik 66-80 mmHg. Namun, hal itu bergantung pada jenis kelamin, gender, dan alat pengukur tekanan darah.

Ukuran Tensi Normal Orang Dewasa

Bagi Anda yang bertanya-tanya tensi darah normal berapa, standar tekanan darah orang dewasa dengan tubuh sehat memiliki ukuran tensi normal 90/60 mmHg sampai tensi 120/80 mmHg. Pada angka 80 dan 60 mmHg maka menunjukkan tekanan jantung istirahat kalau angka 120 dan 90 menunjukkan kalau tekanan jantung ketika memompa darah dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. 

Tekanan darah normal dewasa bisa naik dan turun ini bergantung segala aktivitas fisik yang sedang anda lakukan. Selain itu kondisi emosional seseorang juga bisa mempengaruhi kondisi tekanan darah. Maka dari itu anda tidak perlu panik dengan kondisi tekanan darah seseorang yang berbeda-beda. Hal yang terpenting yaitu asalkan angka tersebut tidak terus tinggi atau menurun dalam waktu yang lama. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kalau anda mengalami hal ini maka anda sedang mengidap tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah. Hal ini menunjukkan kalau anda sedang mengalami gangguan kesehatan. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan tekanan darah mencapai 130/80 mmHg atau bahkan lebih tinggi. Kondisi ini jangan disepelekan karena bisa membahayakan diri anda. kalau anda tidak segera memeriksakan ke dokter maka bisa mendatangkan penyakit stroke dan gagal jantung. 

Kalau tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan kondisi dimana tekanan darah dibawah 90/60 mmHg. Walaupun kronis, namun tidak membahayakan. Pasien biasanya akan mengalami gejala seperti pusing, cepat lelah, mual, penglihatan tidak jelas dan napas pendek. Walau tidak berbahaya namun bisa memicu terjadinya kerusakan otak dan jantung (Baca juga 4 Alasan Pentingnya Menjaga Tekanan Darah Normal). 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara Periksa Tekanan Darah

berapa tekanan darah normal

Salah satu cara yang paling mudah dalam mengontrol tensi darah normal yaitu selalu rutin untuk mengeceknya. Apabila anda memiliki tekanan darah yang normal maka anda bisa melakukan pengecekan minimal setiap dua tahun. Untuk lebih amannya maka anda bisa mengikuti petunjuk dokter. 

Ketika anda memiliki tekanan darah sekitar 120/80 sampai 139/89 mmHg maka silahkan melakukan pengecekan setiap 3 sampai 6 bulan. Ketika tekanan darah anda 140/90 mmHg maka silahkan segera melakukan pemeriksaan agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Disarankan untuk setengah jam sebelum melakukan pengecekan tekanan darah maka anda tidak boleh merokok. Selain itu tidak boleh melakukan olahraga dan minum minuman yang mengandung kafein. Semua itu dilakukan agar mendapatkan hasil yang lebih akurat. 

Tips Agar Tekanan Darah Normal

Apabila saat ini anda sedang mengalami darah tinggi maka anda bisa memiliki tekanan darah normal apabila mau melakukan beberapa hal berikut ini : 

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Konsumsi Garam Lebih Seimbang

Kita ketahui bersama kalau tubuh manusia hanya membutuhkan 500 mg garam perhari untuk menjaga ukuran tensi normal. Terdapat rekomendasi baru kalau tubuh ini harus dibatasi dalam asupan garamnya menjadi kurang dari 1 sendok teh. Karena konsumsi garam berlebih dapat meningkatkan tekanan darah Anda yang dapat berujung pada beberapa penyakit seperti hipertensi, stroke, hingga penyakit jantung.

2. Olahraga 

Ketika anda melakukan aktivitas fisik maka hal ini bisa merangsang tubuh anda untuk produksi asam nitrat. Keberadaan asam nitrat ini membantu pembuluh darah terbuka sehingga bisa mengurangi tekanan darah. Selain itu olahraga juga dapat membantu Anda membakar kolesterol jahat dalam darah, sehingga dapat menghindarkan Anda dari obesitas (Baca juga 6 Olahraga yang Baik untuk Jantung Sehat).

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Menghindari Stres Berlebihan

Kurangi stres untuk mendapatkan tekanan darah normal orang dewasa, caranya sangat mudah yaitu dengan belajar teknik pernapasan atau relaksasi otot. Sehingga tekanan darah anda bisa berkurang dan bisa kembali pada kondisi normal. Stres juga dapat dikelola dengan selalu berpikir positif.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
3 Komplikasi Hipertensi yang Perlu Anda Waspadai
Kenali Bahaya Hipertensi, Penyebab Kematian Yang Sering Muncul Tanpa Gejala
Awas, Bahaya Hipertensi Juga Bisa Mengancam Millennials!
Cara Untuk Mendeteksi dan Mengatasi Hipertensi
Tips Pola Sehat Saat Ramadhan Agar Puasa Lancar
Pelajari Gejala TBC dan Cara Pengobatannya
Kenali Gejala Dan Bahaya Stroke Yang Dapat Mengancam Nyawa

4. Berhenti Merokok dan Hindari Konsumsi Alkohol Berlebih

Merokok dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Selain itu konsumsi terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah.  Sehingga akan meningkatkan risiko Anda untuk terkena hipertensi hingga stroke dan penyakit jantung. Dua perilaku ini dapat membuat tekanan darah meningkat.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat Anda dapatkan dengan tidur. Tidur dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sehingga hal ini akan membantu ukuran tensi Anda tetap pada standar tekanan darah normal.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian penjelasan mengenai cara mengetahui tekanan darah normal pada orang dewasa. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam menjaga kondisi tekanan darah bisa selalu normal. 

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention

Lifepack Download App

Beli Obat Online di Lifepack

Belanja kebutuhan kesehatan kini lebih mudah lewat Lifepack. Lifepack menyediakan layanan tebus resep obat, konsultasi dengan dokter dan pembelian obat bebas.

Dengan Lifepack, belanja obat Asli, Lengkap dan Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pesan-obat-online

Kemudahan Pesan Obat Online di Tengah Pandemi

Hidup Sehat   24/04/2021
keunggulan-apotek-online

Beli Obat Makin Mudah, Ini 7 Keunggulan Apotek Online

Hidup Sehat   18/04/2021
hematologi

Mengenal Hematologi dan Perannya di Bidang Kesehatan

Hidup Sehat   15/04/2021
peran-kolesterol

Memahami Peran Kolesterol bagi Metabolisme Tubuh

Hidup Sehat   15/04/2021
infeksi-virus-corona

Kenali Tanda Infeksi Virus Corona pada Mata

Hidup Sehat   15/04/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman