fbpx

4 Alasan Pentingnya Menjaga Tekanan Darah Normal

Sep 9, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sangat sering terjadi di tengah masyarakat. Menurut WHO, diperkirakan terdapat 1,3 miliar orang yang menderita hipertensi di seluruh dunia, terutama di negara-negara berkembang. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dengan usia lanjut saja, namun juga dapat menyerang orang dengan usia ≥ 18 tahun.

Tekanan Darah Normal

Tekanan darah normal merupakan hal yang sangat penting agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit kronis. Berikut klasifikasi tekanan darah mulai dari tekanan darah yang normal hingga tekanan darah tinggi.

  • Normal: < 120/80 mmHg
  • Pre Hipertensi: 120/80 – 129/80 mmHg
  • Hipertensi Tahap 1: 130/80 – 139/89 mmHg
  • Hipertensi Tahap 2: ≥ 140/90 mmHg

Namun selain hipertensi, terdapat urgensi lain yang membuat Anda harus tetap menjaga tekanan darah normal. Apa saja? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Tensi darah yang normal dapat menurunkan risiko Anda terhadap penyakit jantung. Tekanan darah yang normal membuat beban jantung tetap normal ketika memompa darah. Karena ketika tekanan darah tinggi, membuat beban jantung semakin berat saat memompa darah yang dapat berakibat serangan jantung.

Menurunkan Risiko Stroke

Ketika Anda tekanan darah Anda tinggi, Anda memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami stroke. Stroke terjadi ketika sirkulasi darah yang membawa oksigen ke otak terhambat. Ketika kondisi ini terjadi, sel-sel otak dapat mati karena berkurangnya aliran darah dan akibatnya otak kekurangan oksigen. Stroke dapat membuat sebagian anggota tubuh Anda tidak dapat digerakan (kelumpuhan).

Menurunkan Risiko Penyakit Ginjal

Selain hipertensi dan stroke, ternyata tekanan darah yang normal menurunkan risiko Anda terhadap penyakit ginjal. Tekanan darah yang tinggi mempersempit pembuluh darah yang akhirnya dapat merusak beberapa organ tubuh termasuk ginjal.

Ketika pembuluh darah pada ginjal mengalami kerusakan, ginjal tidak lagi berfungsi dengan baik. Ginjal dapat mengalami penurunan kemampuan membuang kotoran dan cairan ekstra dari tubuh. Ketika cairan ekstra menumpuk, hal ini dapat menjadi penyebab tambahan peningkatan tekanan darah Anda. Hal ini sangat berbahaya dan dapat merusak organ lain, termasuk menyebabkan gagal ginjal.

Aktivitas Menjadi Lebih Lancar

Ketika Anda memiliki tensi yang normal, risiko Anda terhadap berbagai penyakit menurun. Anda terhindar dari gejala-gejala penyakit yang berkaitan dengan tekanan darah. Tubuh juga dapat menjadi lebih aktif dan bugar. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Itulah alasan mengapa Anda perlu menjaga tekanan darah Anda agar tetap normal. Pemeriksaan tekanan darah secara berkala sangat membantu Anda dalam mengontrol tekanan darah dan menurunkan risiko Anda terhadap berbagai penyakit kronis.

Kesulitan beli obat ketika pandemi? Temukan solusi tebus obat tanpa khawatir dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi:

Better Health. Blood Pressure. Diakses pada 2020.

U.S National Institute of Health. 2016. Blood Pressure Matters. Diakses pada 2020.

WHO. Hypertension. Diakses pada 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis