fbpx
BerandaUncategorized3 Pantangan Makanan Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan

Infeksi saluran pernapasan akan menimbulkan rasa tidak nyaman di tenggorokan dan bahkan membuat Anda sulit menelan. Anda harus berhati-hati memilih makanan yang dikonsumsi. Memakan makanan yang salah akan justru memperparah kondisi tenggorokan. Berikut 3 pantangan makanan penyakit infeksi saluran pernapasan, beserta 3 makanan yang baik untuk Anda konsumsi.

1. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng akan memiliki banyak minyak. Minyak yang berlebihan ini harus dihindari penderita ISPA sama sekali. Jika bisa, sebaiknya Anda harus berhenti memakan makanan yang digoreng hingga benar-benar sembuh.

Minyak yang ada di dalam makanan akan sulit untuk larut di tenggorokan, sehingga dahak Anda justru akan diproduksi lebih banyak dan mengganggu pernafasan. Selain itu, makanan gorengan juga akan memiliki nutrisi yang lebih sedikit dibanding yang tidak karena gizi baik yang ada di dalam makanan sudah hilang.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih makanan yang dimasak dengan cara dikukus. Proses pengukusan makanan tidak akan memberikan minyak pada tenggorokan Anda.

2. Makanan dengan bahan susu

Mungkin Anda tidak menyangka makanan berbahan susu merupakan salah satu pantangan penyakit infeksi saluran pernapasan. Susu dapat memicu lendir untuk diproduksi lebih banyak, sehingga saluran pernapasan Anda akan semakin tidak nyaman.

Sebaiknya hindari dahulu bahan makanan dengan susu seperti soto betawi, macaroni, dan sebagainya. Selain itu, produk olahan dari susu seperti keju dan mayones juga sebaiknya dihindari.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sebaliknya, Anda bisa mengonsumsi yogurt. Yogurt memiliki bakteri baik yang bermanfaat untuk pencernaan dan kesehatan tubuh.

3. Makanan pedas 

Pantangan infeksi saluran pernapasan yang satu ini mungkin sulit dihindari untuk Anda yang menyukai makanan pedas berlevel-level. Tetapi, konsumsi makanan pedas saat sedang sakit akan berdampak buruk.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Makanan pedas dapat membuat saluran pernapasan dan pencernaan iritasi secara sekaligus. Alih-alih menghangatkan, makanan pedas justru akan melukai tenggorokan Anda lebih jauh.

Untuk yang satu ini, Anda bisa mencoba beralih ke rasa lain seperti rasa gurih, asin, atau manis dalam kadar yang masih wajar. Tetapi, sebaiknya tetap utamakan makanan yang hangat dan memiliki sifat menenangkan saluran pernapasan.

Makanan yang baik untuk dikonsumsi saat infeksi saluran pernapasan

Setelah mengetahui pantangan makanan penyakit infeksi saluran pernapasan, Anda mungkin penasaran makanan yang dianjurkan. Berikut 3 makanan yang dianjurkan untuk menenangkan saluran pernapasan Anda.

1. Buah & Sayuran

Dua bahan ini akan membuat Anda lebih sehat dan cepat sembuh. Antioksidan yang ada di dalam buah-buahan dan sayuran akan membantu melawan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Isi piring Anda dengan aneka buah-buahan dan sayuran berwarna-warni, seperti paprika merah & kuning, tomat, bit, wortel, dan pepaya. Menu tersebut akan memberikan banyak vitamin dan mineral yang berfungsi untuk imunitas tubuh Anda.

Di samping itu, konsumsi juga buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C seperti kiwi, jeruk, jeruk nipis, sayuran berdaun hijau, brokoli. Beberapa bahan sehat tersebut memiliki kadar magnesium tinggi yang dapat membersihkan infeksi pernapasan Anda.  

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Anda bisa memasukan buah dan sayuran ke dalam menu yang enak seperti semangkuk sup yang hangat di pagi hari atau salad yang segar sebagai snack.

2. Bahan rempah dan herbal alami

Beberapa bahan yang termasuk kategori herbal dan rempah pada umumnya memiliki efek yang akan menghangatkan dan menenangkan iritasi atau peradangan pada saluran pernapasan.

Sebagian bahan makanan ini mengandung senyawa anti-bakteri dan anti-inflamasi yang meningkatkan kekebalan dan melawan infeksi secara sekaligus. Contohnya, akar jahe dapat membantu detoksifikasi paru-paru, sedangkan kunyit akan membersihkan bakteri dari dalam tubuh Anda. 

Selain itu, beberapa dedaunan rempah memiliki efek detoks dan relaksasi. Anda bisa mencoba melarutkan daun kemangi, mint, dan ketumbar sebagai teh untuk mendapatkan saluran pernapasan yang lebih hangat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan yang satu ini juga dianjurkan kepada penderita penyakit infeksi saluran pernapasan, sebagaimana sayur dan buah sebagai bahan alami memiliki dampak baik untuk tubuh. 

Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan mineral dan asam lemak omega 3 dan 6. Selain itu, mereka juga mengandung Vitamin E yang dapat berperan penting untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat infeksi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Anda bisa mengonsumsi kacang atau biji sebagai makanan ringan. Konsumsi bisa dilakukan secara langsung atau dimasukkan ke menu makan berat atau dengan kreasi lainnya. 

Beli obat pereda tenggorokan, batuk, dan flu dengan harga murah untuk meredakan gejala faringitis hanya di Apotek Online Lifepack. 

Salah satu obat untuk penyakit infeksi saluran pernapasan adalah Azithromycin Dexa DS 15ML 200MG/5ML (Rp52.600). Azithromycin merupakan salah satu antibiotik untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan yang diakibatkan oleh bakteri. Antibiotik ini bekerja dengan cara menghentikan proses duplikasi bakteri, sehingga bisa membunuh bakteri dan mengobati infeksi.

Ingin konsultasi seputar gangguan pernapasan dengan dokter umum? Nikmati konsultasi gratis dengan tim dokter terpercaya dari Apotek Online Lifepack. Sampaikan pertanyaan atau keluhan Anda melalui WhatsApp di link berikut.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Uncategorized   29/04/2022
cara mengatasi flu saat puasa

10 Cara Mengatasi Flu Saat Puasa

Uncategorized   18/03/2022
susu yang baik untuk pencernaan anak

4 Rekomendasi Susu yang Baik untuk Pencernaan Anak Usia di Atas 1 Tahun

Uncategorized   23/02/2022
bahaya coklat

Bahaya Konsumsi Coklat Berlebihan di Hari Valentine

Uncategorized   11/02/2022

Apakah Blackmores I-Folic Dapat Digunakan untuk Pria? Cek Penjelasannya

Uncategorized   27/01/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman