fbpx
BerandaDokterMarie Thomas: Dokter Perempuan Pertama di Indonesia

Menyambut Hari Perempuan Internasional pada tanggal 8 Maret, 2022, mari kita mengingat para perempuan berjasa di Indonesia. Salah satu tokoh perempuan penting adalah Marie Thomas yang merupakan dokter perempuan pertama di Indonesia. Yuk lihat bagaimana perjuangan Marie Thomas untuk membuka pintu para dokter wanita hingga sekarang!

dokter perempuan pertama di indonesia

Masa kecil Marie Thomas lekat dengan kebudayaan Indonesia

Pada tanggal 17 Februari 1986, Marie Thomas lahir di Likupang, Sulawesi Utara dari ayah dan ibu yang merupakan pegawai negeri kolonial Belanda. Selama masa pertumbuhannya, Ia harus berpindah-pindah tempat mengikuti karier militer ayahnya mulai dari Sulawesi hingga Jawa.

Walaupun memiliki darah Belanda, Marie lekat dengan kebudayaan Indonesia karena dibesarkan dan diasuh oleh Maria Walanda Maramis yang merupakan seorang pahlawan nasional perempuan asal Minahasa. Saat itu, Maramis mendirikan  organisasi Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunnya atau yang disingkat dengan PIKAT.

Tidak dipungkiri, memiliki orang tua berdarah Belanda memberikannya kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Pada zaman kolonial, pribumi hanya diperbolehkan untuk mengemban pendidikan hingga tiga tahun di sekolah desa untuk belajar baca dan menulis. Sedangkan, Marie Thomas dapat melanjutkan pendidikannya hingga lulus dari Europeesche Lagere School (ELS) yang merupakan sekolah khusus anak-anak Eropa dan Bumiputera pada tahun 1912 di Manado.

Mendapat pendidikan kedokteran di Belanda dan mengabdi di Indonesia

Setelah kelulusannya, Marie Thomas memiliki keinginan untuk menjadi dokter. Namun, jalannya menjadi dokter perempuan pertama di Indonesia tidak akan berjalan mulus jika saat itu diskriminasi terhadap wanita belum diatasi.

Pada zaman kolonial, setiap orang yang menginginkan untuk menjadi dokter harus mengemban pendidikan di STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen). STOVIA sendiri didirikan pada tahun 1849 untuk menghasilkan tenaga medis yang dapat mengatasi wabah yang banyak ditemukan di wilayah jajahan Belanda.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sayangnya, hanya lelaki yang diperbolehkan untuk belajar menjadi dokter. Bahkan pada awal pembangunannya, sekolah dokter tersebut hanya menerima lelaki dengan darah Belanda. Hanya baru pada 1913 STOVIA menerima murid berdarah pribumi.

Melihat diskriminasi ini, Aletta Jacobs yang merupakan dokter wanita pertama di Belanda memprotes dan mengusahakan agar wanita dapat memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi dokter. Ia bahkan mendesak A.W.F. Idenburg yang merupakan Gubernur-Jenderal di Hindia Belanda di tahun 1911. Gagasan Aletta Jacobs akhirnya membuahkan hasil. Wanita diperbolehkan untuk mendaftar ke sekolah dokter STOVIA.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Namun, kendala masih datang dari diskriminasi wanita. Para lulusan dokter STOVIA pada umumnya akan diberikan beasiswa dan akan langsung dipekerjakan oleh Layanan Kesehatan Sipil (Burgerlijke geneeskundige dienst). Tidak sama seperti lelaki, wanita harus membayar studinya sendiri selama kuliah.

Melihat masalah ini, saudara perempuan Aletta membantu mendirikan yayasan untuk mengumpulkan dana bagi para pelajar perempuan di STOVIA. Saudara perempuan Aletta sendiri bernama Charlotte Jacobs dan merupakan wanita Belanda pertama yang berhasil mendapatkan gelar di bidang farmakologi. Pada tanggal 1 September 1912, berdirilah Perkumpulan untuk Membentuk Dana Studi untuk Pendidikan Dokter Hindia Wanita (SOVIA atau Vereeniging tot Vorming van een Studiefonds voor Opleiding van Vrouwelijke Inlandsche Artsen).

Di bulan September 192 tersebut, Marie Thomas mendapat dukungan SOVIA untuk belajar di STOVIA. Ia menjadi satu-satunya siswa perempuan di antara siswa laki-laki yang berjumlah hingga sekitar 200. Dua tahun kemudian pada tahun 1922, Ia akhirnya menyelesaikan studi dan menjadi lulusan wanita STOVIA pertama.

STOVIA tidak memiliki siswa perempuan hingga saat kelulusan Marie Thomas. Perempuan wanita yang kedua bernama Anna Warouw yang juga merupakan wanita berdarah Belanda yang dibesarkan di daerah Minahasa. Ia menjadi spesialis dalam bidang otolaringologi di kemudian hari.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Memperkenalkan metode kontrasepsi wanita di Indonesia

Setelah kelulusannya, Marie Thomas memulai pengabdiannya di rumah sakit Batavia bernama Centrale Burgerlijke Ziekeninrichting (CBZ) yang sekarang dikenal sebagai Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo. Ia lalu pindah ke rumah sakit di Medan, Manado, lalu kembali lagi ke Batavia.

Selama pengabdiannya, Marie Thomas sempat menjadi asisten seorang dokter Belanda spesialis obstetri bernama Nicolaas Boerma. Marie Thomas menjadi dokter pertama di Indonesia yang memperkenalkan alat kontrasepsi yang dikenal sebagai intrauterine device atau IUD.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

IUD dikenal juga dengan kontrasepsi spiral yang dimasukkan ke dalam rahim. IUD akan menghambat pergerakan sperma menuju saluran rahim sehingga tidak terjadi pembuahan dan kehamilan.

Di samping itu, dokter perempuan pertama di Indonesia ini seringkali melakukan penelitian di bidang reproduksi dan persalinan wanita sehingga menjadi ahli ginekologi dan kebidanan pertama di Indonesia.

Mendirikan sekolah kebidanan di Bukit Tinggi

Pernikahan Marie Thomas pada tahun 1929 tidak menghalangi keinginannya untuk terus menjadi dokter yang mengabdi kepada masyarakat.

Ia menikah dengan seorang dokter lulusan STOVIA bernama Mohammad Joesoef yang berasal di Solok, Sumatra Barat. Pasangan dokter tersebut lalu pindah ke Padang, Sumatra Barat, di mana Marie menjabat sebagai petinggi di Layanan Kesehatan Masyarakat (DVG atau Dienst der Volksgezondheid). 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Setelah menetap cukup lama di Padang, Marie dan suami kembali ke Batavia lalu akhirnya menetap di Bukittinggi. Marie semakin memiliki keterlibatan tinggi di bidang kesehatan dan mendirikan sekolah kebidanan di Bukittinggi. Sekolah tersebut menjadi sekolah kebidanan kedua di Indonesia dan pertama di Sumatra.

Selama hidupnya, dokter Marie Thomas dikenal sebagai dokter murah hati yang kerap kali melayani pasiennya dengan cuma-cuma atau tidak dibayar. Wanita tersebut menutup usianya di tahun 1966 pada usia 70 tahun karena pendarahan otak. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Demikian kisah jasa Marie Thomas sebagai wanita pertama di Indonesia. Sepanjang sejarah, wanita selalu memperjuangkan hak-hak yang didiskriminasi masyarakat di berbagai bidang, termasuk bidang kesehatan. Sekarang, setiap wanita dapat mendapatkan pendidikan dan mengejar impiannya dengan lebih bebas. 

Mari merayakan Hari Perempuan Internasional dengan saling bahu-membahu memperjuangkan kesehatan dan kehidupan satu sama lain. Jaga dan tingkatkan kesehatan Anda dengan produk pilihan terbaik untuk wanita dari Apotek Online Lifepack. Mulai dari Holisticare Ester-C 1000 – 30 Tablet (Rp127.266) untuk stamina tubuh hingga Skinista Frozen Collagen (Rp86.100) untuk kesehatan kulit.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

resep obat harus ditulis dengan baik dan benar. Agar tidak lupa dan bingung, berikut cara penulisan resep obat yang baik dan benar.

Begini Cara Penulisan Resep Obat yang Baik dan Benar

Dokter   24/05/2022
cara tebus obat online

Cara Tebus Obat Online & Obat Rutin di Lifepack

Telemedik   18/03/2022
dokter umum surabaya

20 Rekomendasi Dokter Umum Surabaya

Dokter   17/02/2022
pilihan dokter jantung anak jakarta

Daftar Pilihan Dokter Jantung Anak Jakarta

Dokter   17/02/2022
dokter spesialis paru anak yang bagus

Daftar Dokter Spesialis Paru Anak Yang Bagus

Dokter   17/02/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman