fbpx
BerandaHidup SehatCara Mengatasi Sakit Gigi Saat Puasa

Sakit gigi bisa datang kapan saja, termasuk saat puasa. Di luar bulan Ramadhan mungkin Anda bisa mengatasi sakit gigi dengan mengonsumsi obat-obatan anti nyeri seperti Cataflam. Tetapi, kondisi puasa membutuhkan Anda untuk melakukan solusi lainnya. Jangan khawatir, berikut 6 cara mengatasi sakit gigi yang tidak akan membuat puasa batal.

1. Oleskan kompres dingin

Cara mengatasi sakit gigi saat puasa yang pertama adalah dengan mengoleskan kompres dingin ke pipi di area sakit gigi. Rasa dingin akan dapat menimbulkan rasa nyeri dan gigi yang berdenyut. Penggunaan kompres dingin juga dapat mengurangi peradangan serta menghentikan sinyal sakit ke otak.

Anda dapat menggunakan handuk kecil yang dimasukkan ke dalam es batu atau sekantong es batu ke pipi Anda selama 20 menit. Anda bisa mengulangi tahap ini ketika handuk sudah tidak dingin atau es batu sudah mencair.

2. Letakkan kepala di bantalan tinggi

Saat sakit gigi menyerang, Anda bisa menumpukkan bantal dan meletakkan kepala Anda di posisi yang lebih tinggi. Peredaran darah yang terpusat di kepala dapat memperparah rasa sakit dan nyeri. 

Anda bisa menggunakan waktu ini untuk beristirahat dari aktivitas untuk sementara. Anda juga bisa melakukan ini dengan mengompres dingin sekaligus.

3. Gosokkan es di tangan Anda

Mirip dengan kompres es, Anda bisa memanfaatkan es batu yang ada di kulkas. Beberapa penelitian menemukan bahwa menggunakan es di titik-titik tertentu tangan dapat menghentikan sinyal rasa sakit ke otak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Caranya adalah dengan menaruh es di tangan Anda, di bagian sisi tubuh yang sama dengan sakit gigi Anda. Misalnya, letakkan es di tangan kiri jika rasa sakit muncul di sebelah kiri mulut. Kemudian, gosokkan es di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda selama 7 menit, atau sampai area tersebut mati rasa. 

4. Gunakan kompres panas

Jika Anda tidak punya es batu, Anda bisa menggunakan kompres panas. Rasa panas akan membantu menghentikan sinyal rasa sakit dari gigi ke otak.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sama halnya dengan kompres dingin, letakkan kompres panas di bagian pipi dari gigi yang sakit. Jika Anda tidak memiliki kompres panas, salah satu caranya adalah dengan mencelupkan handuk kecil atau lembaran kain ke dalam air panas atau ke dalam microwave. 

6. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara mengatasi sakit gigi yang paling efektif. Air garam adalah disinfektan alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Selain itu, berkumur juga dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi Anda.

Tetapi, hal ini hanya bisa dilakukan jika Anda yakin tidak akan menelan air garam tersebut. Ketua Bidang Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis, seperti yang dilansir dari Kompas.co, telah menyatakan bahwa umat Islam boleh menggosok gigi dan berkumur saat berpuasa karena tidak akan menyebabkan puasa batal. 

Ia menambahkan bahwa hukumnya boleh, bahkan dianjurkan, jika ingin membersihkan mulut sebelum Dhuhur. Tetapi, jika melakukannya setelah Dhuhur adalah makruh yakni lebih baik tidak dilakukan tetapi tidak akan mendapatkan dosa jika dilakukan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda bisa melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan berkumur berkali-kali hingga airnya habis. Untuk menghindari air tertelan, hindari berkumur-kumur terlalu dalam..

5. Pijat titik-titik akupresur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupresur dapat mengurangi rasa sakit sakit gigi. Beberapa titik-titik akupresur yang bisa Anda pijat adalah sebagai berikut:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Titik Tekanan Usus Kecil

Anda bisa memijat lubang tulang pipi yang dapat Anda temukan tegak lurus dari bagian luar mata Anda dan bagian luar hidung Anda, atau di bawah tulang pipi Anda.

  • Titik Kantung Empedu

Area titik pemijatan Kandung Empedu terletak di bagian atas bahu Anda, tepatnya di tengah-tengah ujung bahu dan di samping leher Anda.

  • Titik Usus Besar

Area yang satu ini terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda. Bagian yang sama seperti saat Anda melakukan opsi menggosokkan es batu.

  • Perut

Titik tekanan yang satu ini terletak di antara sudut gigi dan bagian bawah daun telinga. Untuk menemukannya, Anda harus mengatupkan mulut. Sudut ini akan bergerak jika Anda mengencangkan otot gigi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian 6 cara mengatasi sakit gigi saat puasa. Segera minum obat sakit gigi jika rasa nyeri tidak kunjung sembuh hingga berbuka puasa. Konsultasi ke dokter gigi untuk mendapatkan pertolongan medis yang mungkin akan menyembuhkan penyebab utama sakit gigi.

BUFECT SUSPENSI 60 Ml – Obat Sirup Pereda Nyeri (Rp20.800) adalah salah satu obat pereda nyeri dengan kandungan Ibuprofen yang memang sudah dikenal luas sebagai kandungan yang sangat baik untuk meredakan nyeri dan menurunkan demam. Obat ini dapat mengatasi nyeri sakit gigi, nyeri setelah operasi, nyeri rematik, dan lainnya. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dapatkan beragam obat sakit gigi asli dengan harga murah di Apotek Online Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman