fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Gentamicin Sulfate merupakan salah satu obat jenis yang digunakan untuk pengobatan topikal infeksi primer dan sekunder pada daerah kulit yang disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap gentamicin. Karena termasuk dalam jenis obat keras, Gentamicin Sulfate hanya bisa didapatkan dengan menggunakan resep dari dokter. Penggunaan obat keras secara sembarangan akan memicu terjadinya penyakit lainnya yang lambat laun dapat membahayakan kondisi tubuh anda. 

Informasi

Gentamicin Sulfate termasuk dalam jenis obat antibiotik yang berbentuk salep dan digunakan untuk mengobati infeksi pada daerah kulit yang disebabkan oleh bakteri. Obat ini hanya bisa digunakan untuk kondisi kulit yang terinfeksi oleh bakteri saja, sehingga tidak akan bisa digunakan untuk mengatasi dan mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus atau jamur. Karena merupakan antibiotik golongan aminoglikosida, Gentamicin Sulfate sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan kuman-kuman yang menjadi penyebab infeksi pada kulit, baik infeksi primer maupun sekunder. Obat ini akan bekerja dengan cara berperan sebagai bakterisidal yang menghambat proses sintesis protein yang ada pada bakteri rentan. Cara ini akan membuat pertumbuhan bakteri terhambat karena Gentamicin Sulfate akan diperantarai oleh kemampuannya dalam mengikat sub unit ribosom 30S dan 50S secara ireversibel.

Dosis

Karena Gentamicin Sulfate tersedia dalam sediaan salep atau obat topikal maka dosis yang diberikan secara umum biasanya dengan memberikan produk obat secara tipis ke bagian kulit yang terinfeksi sebanyak 3 – 4 kali dalam sehari dan selama batas waktu yang ditentukan oleh dokter.

Kontraindikasi

Obat ini tidak boleh dan dilarang keras untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita kondisi atau memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap komponen atau komposisi yang ada dalam obat ini. Hipersensitivitas merupakan suatu kondisi dimana munculnya sebuah reaksi yang berlebihan karena terlalu lemah atau sensitifnya respon imun tubuh. Akibatnya akan terjadi kerusakan, ketidaknyamanan, dan dapat mengakibatkan kondisi yang sangat fatal bagi tubuh. Reaksi ini dibedakan menjadi 4 tipe, yaitu hipersensitivitas tipe 1, hipersensitivitas tipe 2, hipersensitivitas tipe 3, dan hipersensitivitas tipe 4. Semakin tinggi tingkatan hipersensitivitas, maka dampak yang dihasilkan akan semakin buruk. Oleh karena itu pastikan anda selalu berkonsultasi dengan dokter jika ingin menggunakan obat-obatan tertentu untuk menghindari reaksi hipersensitivitas. 

Interaksi dengan Obat Lain

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada beberapa obat yang tidak bisa digunakan secara bersamaan atau dikombinasikan dengan obat lainnya karena akan menyebabkan adanya interaksi. Jika Gentamicin Sulfate digunakan secara bersamaan dengan obat lain, maka kemungkinan interaksi yang terjadi meliputi :

  1. Penurunan efek BCG Vaccine Live dan Typhoid Vaccine Live.
  2. Peningkatan resiko terjadinya gangguan ginjal jika digunakan bersama dengan cisplatin, obat golongan cyclosporin, diuretik loop, amphotericin B, dan cisplatin.
  3. Peningkatan efek samping Gentamicin Sulfate jika digunakan bersama dengan obat golongan antiinflamasi non steroid seperti ibuprofen, indometasin, dan naproxen.

Kelompok Orang Berisiko

Ibu hamil dan menyusui, pasien dengan riwayat penyakit ginjal, masalah otot, alergi sulfit.

Efek Samping

Sama halnya seperti dengan obat-obat lain yang pasti memiliki efek samping saat digunakan, Gentamicin Sulfate juga memiliki efek samping. Memang tidak semua yang menggunakan obat ini akan mengalami efek samping, namun secara umum efek samping yang akan ditimbulkan dari pemakaian Gentamicin Sulfate adalah sebagai berikut :

  1. Iritasi kulit
  2. Kulit terasa terbakar
  3. Gatal-gatal
  4. Timbul ruam di kulit
  5. Kulit berubah warna menjadi lebam
  6. Kulit terkelupas
  7. Infeksi semakin parah

Pada beberapa kasus, penggunaan obat ini memungkinkan terjadinya fotosensitisasi. Fotosensitisasi merupakan sebuah reaksi yang termasuk dalam efek samping yang umum terjadi dari banyak obat, khususnya obat topikal. Pengertian fotosensitisasi secara ilmiah diartikan sebagai peningkatan kepekaan terhadap sinar matahari secara berlebihan yang disebabkan oleh deposisi molekul yang mampu mengabsorpsi gelombang matahari pada kulit. Jika anda mengalami gejala-gejala yang dirasa tidak wajar, segera hentikan penggunaan obat dan hubungi dokter atau penyedia layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, efek samping yang muncul bisa bertambah parah dan menyebabkan penyakit lainnya. 

Cara Konsumsi

Gentamicin Sulfate merupakan obat jenis topikal yang hanya bisa digunakan pada kulit atau termasuk dalam jenis obat luar. Sebelum menggunakannya jangan lupa untuk membersihkan bagian kulit yang terinfeksi lalu keringkan. Setelah bersih dan kering, oleskan obat secara tipis pada bagian kulit yang terinfeksi sebanyak 3 – 4 kali dalam sehari. Setelah selesai jangan lupa untuk mencuci tangan hingga bersih agar menghindari obat terkena area mata, jika obat terkena area mata segera bilas menggunakan air mengalir. Anda juga bisa menutup bagian kulit yang terinfeksi menggunakan perban. Obat ini tidak bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang, jika setelah 2 minggu kondisi kulit yang terinfeksi tidak menunjukkan adanya kemajuan, konsultasikan kepada dokter atau penyedia layanan kesehatan terdekat.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis