fbpx

Obat Dumolid: Manfaat, Cara Konsumsi dan Efek Samping

Mei 8, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Apakah Anda salah satu dari pengguna obat dumolid? Jika iya, sudah dipastikan jika Anda sering mengalami insomnia berat. Ya, obat dumolid merupakan salah satu jenis obat penenang dengan kandungan nitrazepam. Obat ini tidak boleh sembarang dikonsumsi. Sebab, penggunaan obat dumolid hanya diperbolehkan ketika seseorang telah mengalami insomnia berat, mengganggu kegiatan sehari-hari, sehingga menyebabkan rasa tertekan. 

Meski fungsi obat ini memiliki manfaat untuk mengatasi insomnia, namun penggunaannya tidak boleh diberikan dalam jangka panjang. Alasannya, akan mengakibatkan efek ketergantungan dan mengurangi efektivitasnya pada hari kemudian. Dengan kata lain, penderita insomnia harus meningkatkan dosis obatnya untuk mendapatkan manfaatnya.

Bagaimanakah kinerja dumolid sehingga mampu mengatasi masalah insomnia?

Apa Itu Obat Dumolid?

Sebelumnya, ketahuilah jika dalam dumolid mengandung nitrazepam. Zat ini termasuk dalam golongan benzodiazepine yang bekerja dengan cara mempengaruhi zat kimia pada otak sehingga kinerjanya menjadi menurun. Ingat, seluruh obat benzodiazepine ini hanya bisa diperoleh atas dasar resep dokter. Jadi, ketika ada seseorang mengkonsumsi obat ini tanpa resep dokter, sudah dipastikan telah menyalahgunakan obat. Berikut ini adalah detail obat dumolid.

Dumolid mengandung bahan aktif nitrazepam, golongan benzodiazepine, dan kategori obat resep. Manfaat obat ini guna mengatasi insomnia berat dan hanya bisa dikonsumsi oleh dewasa. Kategori obat ini untuk ibu hamil dan menyusui masih belum dikategorikan atau kategori N. Maka, bagi ibu hamil terutama usia trimester 1 dan 3 harap menghindarinya karena berpotensi menyebabkan bayi lahir dalam kondisi hipotermia, gangguan irama jantung, pernapasan, tonus otot lemah, dan ketergantungan obat. Obat ini dapat diserap oleh ASI jadi pastikan untuk diskusi terlebih dulu pada dokter sebelum mengkonsumsinya saat menyusui dan hamil. Bentuk dumolid tersedia dalam tablet salut selaput.

Selain itu, nitrazepam yang terkandung dalam dumolid memiliki efek psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Zat aktif nitrazepam dapat menimbulkan efek samping ataksia/gangguan neurologis dan bingung terutama pada pasien lansia, vertigo, amnesia/pelupa, ketergantungan sehingga obat ini hanya bisa didapat di apotek, rumah sakit, puskesmas, balai pengobatan, dan dokter dengan menggunakan resep dokter

Cara Konsumsi Dumolid yang Benar

Sekali lagi, obat dumolid hanya boleh dikonsumsi atas dasar resep dokter. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk membeli obat ini sendiri tanpa resep dokter sudah termasuk dalam kategori penyalahgunaan obat. Ketika sudah mendapatkan resep dokter untuk mengkonsumsi obat dumolid, maka baik diminum sebelum tidur dimalam hari dalam kondisi perut kosong atau setelah makan.

Perlu diketahui, dumolid tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka panjang. Jadi, ketika Anda sudah mengkonsumsinya selama lebih dari 2 minggu, lebih baik segera konsultasi dengan dokter. Simpanlah obat ini pada tempat yang sejuk dan kering, kisaran suhu 15 hingga 30 derajat Celcius. Jauhkan Dumolid dari jangkauan anak-anak, sinar matahari langsung, ataupun ruangan lembab.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Obat Dexamethasone, Dosis dan Manfaat
Obat Ciprofloxacin: Kegunaan dan Cara Penggunaan
Mecobalamin, Suplemen untuk Mengobati Neuropati Perifer
Imboost, Obat untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Produk Sangobion: Dosis, dan Cara Benar Menggunakannya
Cara Minum Obat Saat Puasa Ramadhan

Efek Samping Dumolid yang Perlu Diperhatikan

Penggunaan obat ini akan memberikan efek samping berupa mengantuk, pusing, gelisah, hingga gangguan koordinasi. Apalagi jika penggunaannya berlangsung selama jangka panjang oleh penyalahgunaan obat akan mengakibatkan efek samping berupa rasa cemas, anoreksia, insomnia, hingga perubahan perilaku yang mempengaruhi hubungan sosial dan performa kerja.

Efek samping dumolid juga dipengaruhi oleh dosis yang diberikan. Mengingat efek toleransi dari dumolid, maka konsumsi obat ini dalam jangka panjang akan berakibat gejala keracunan hingga overdosis. Diskusikanlah kepada dokter ketika hendak menghentikan obat dumolid. Sebab, sekalipun digunakan dalam jangka pendek, dumolid akan mengakibatkan efek putus apabila dihentikan secara tiba-tiba. Efek putus obat dumolid diantaranya sulit tidur, depresi, gelisah, kejang, diare, cepat marah, dan berkeringat.

Untuk menghindari efek samping obat dumolid ataupun efek putusnya, sebaiknya ikuti anjuran dokter ketika mengkonsumsi obat ini. Begitu Pula ketika mengalami efek samping yang berat, efek putus, atau reaksi alergi segera minta pertolongan dokter.Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis