fbpx
BerandaHidup SehatJenis Obat Sariawan yang Ampuh dan Cepat

Kondisi permukaan rongga mulut mengalami peradangan dan iritasi atau yang lebih sering dikenal sebagai sariawan tentu cukup familiar dialami banyak orang. Meski merupakan jenis iritasi yang umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, namun sariawan dapat mengganggu aktivitas seseorang. Bahkan, beberapa orang dapat kehilangan nafsu makan ketika sariawan menyerang.

Jenis Obat Sariawan yang Ampuh dan Cepat

Munculnya sariawan dapat dikaitkan dengan kekebalan tubuh, dan beberapa hal lain, yaitu tidak sengaja menggigit bibir atau lidah, atau permukaan mulut lainnya dan membersihkan gigi dengan kasar. Selain itu sariawan dapat dipicu dengan stres, kekurangan vitamin dan mineral tertentu dalam makanan (terutama zat besi, asam folat, atau vitamin B12), perubahan hormon, dan alergi makanan.

Untuk mengobati sariawan sebenarnya sudah banyak tersedia obat sariawan ampuh yang dapat Anda beli dengan bebas di apotek dan minimarket. Sayangnya, obat-obat ini terkadang tidak terlalu ampuh untuk mengobati sariawan. Ada beragam obat sariawan alami yang dapat dicoba.

Untuk itu di bawah ini telah dirangkum beberapa pilihan obat sariawan yang ampuh untuk membantu menyembuhkan sariawan dengan cepat. Berikut daftarnya.

Obat Sariawan Alami dan Ampuh

1. Teh Chamomile dan Madu

obat-sariawan
sumber: pexels

Minuman herbal dari teh chamomile dan madu berkhasiat sebagai obat sariawan di bibir yang cukup efektif menyembuhkan iritasi pada permukaan mulut ini. Madu memiliki khasiat sebagai antiseptic yang sebenarnya bisa Anda aplikasi secara langsung ke permukaan mulut yang sariawan. Meski begitu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan teh chamomile.

The chamomile sendiri memiliki sifat anti inflamasi. Sehingga teh chamomile sangat baik untuk menyembuhkan sariawan pada permukaan mulut dan tenggorokan. Untuk memanfaatkan teh chamomile sebagai pengobatan cara adalah dengan menyeduh teh tersebut terlebih dahulu kemudian gunakan untuk berkumur. Selain itu Anda juga bisa mengoleskan rendaman teh chamomile ke atas permukaan yang sariawan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Minyak Cengkeh: Obat Sariawan Alami

cegah-sariawan
sumber: pexels

Rempah cengkeh memiliki sifat yang sangat baik untuk pengobatan iritasi dan peradangan pada kulit maupun mulut. Minyak cengkeh sendiri telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan luar untuk meredakan sakit. 

Anda bisa memanfaatkan minyak cengkeh sebagai obat untuk sariawan dengan menempelkan kapas yang telah direndam minyak cengkeh ke area yang sariawan. Namun, sebelum menempelkan minyak cengkeh ke permukaan mulut yang sariawan. Sebaiknya berkumur terlebih dahulu dengan larutan garam untuk membersihkan mulut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Berkumur dengan Air Garam

obat-sariawan-alami
sumber: pexels

Garam diketahui merupakan senyawa yang memiliki fungsi sebagai penyembuh iritasi dan peradangan. Tidak hanya bermanfaat untuk membantu pengobatan radang tenggorokan saja, ternyata berkumur dengan air garam berkhasiat untuk menyembuhkan sariawan pada permukaan organ mulut. Berkumur dengan air garam secara rutin efektif sebagai obat sariawan untuk mempercepat penutupan luka di mulut.

4. Memanfaatkan Lidah Buaya

mengatasi-sariawan
sumber: pexels

Lidah buaya memiliki sifat mendinginkan dan juga meredakan iritasi salah satunya adalah iritasi di mulut akibat sariawan. Cara memanfaatkan lidah buaya sebagai obat sariawan sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke atas area yang menderita sariawan. Gel lidah buaya ini dapat menjadi obat sariawan alami dan mengurangi  peradangan serta rasa sakit pada mulut.

5. Konsumsi Vitamin C sebagai Obat Sariawan Alami

obat-sariawan-alami
sumber: pexels

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang bermanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih tahan terhadap serangan penyakit. Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh vitamin C juga bermanfaat sebagai obat sariawan alami. Anda bisa mengkonsumsi sumber vitamin C secara alami seperti buah jeruk, stroberi, lemon maupun buah kiwi. Oleh karena itu vitamin C merupakan obat ampuh sariawan. Selain itu vitamin C dapat digunakan sebagai vitamin untuk sariawan di lidah.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Kenali Gejala Penyakit Asma dan Penanganan yang Tepat
Imboost, Obat untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Produk Sangobion: Dosis, dan Cara Benar Menggunakannya
Penyakit Hipotensi: Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasi
Kenali Apa itu ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)
Mengenal Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Jaminan Lifepack untuk Anda

6. Menggunakan Sikat Gigi Lembut

sikat-gigi
sumber: pexels

Sariawan bisa muncul akibat luka yang disebabkan oleh benda-benda dari luar maupun tidak sengaja tergigit ketika mengunyah makanan. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan iritasi dan menimbulkan sariawan adalah akibat sikat gigi kasar yang digunakan. Selain itu, kebersihan gigi juga harus dijaga untuk menghindarkan diri dari infeksi bakteri penyebab infeksi sariawan.

7. Konsumsi Vitamin B-12

vitamin-sariawan
sumber: pexels

Kurang vitamin B12 dapat menyebabkan peradangan lidah maupun sariawan. Untuk itu, pastikan kebutuhan vitamin B12 tercukupi dengan mengkonsumsi vitamin B12. Oleh karena itu penting memenuhi vitamin B12 untuk sariawan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika Anda sudah mencoba obat-obatan alami di atas dan masih tidak mendapatkan hasil yang maksimal, salah satu obat sariawan yang bisa Anda coba adalah Candistin Drops – 21 ml – Obat sariawan 12ml. CANDISTIN DROPS 12 ML merupakan obat yang digunakan untuk mengobati sariawan di mulut akibat pertumbuhan jamur. Obat ini mengandung zat aktif Nystatin yaitu senyawa anti jamur yang bekerja dengan cara merusak sel jamur dan menghentikan pertumbuhan jamur Candida pada rongga mulut, tenggorokan, dan usus.

Demikian beberapa obat sariawan yang ampuh. Silakan dicoba untuk mengatasi masalah sariawan. 

Dapatkan obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.
Referensi: U.S National Library of Medicine

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

vaksin anjuran who

Vaksin Anjuran WHO

Hidup Sehat   13/09/2021
covid-19 di india

Fenomena COVID-19 di India

Hidup Sehat   13/09/2021

Apakah Benar Vaksin Corona Menyebabkan Impotensi?

Hidup Sehat   06/09/2021
vaksin mrna

Vaksin mRNA Dapat Memicu Kanker? Apakah Benar?

Hidup Sehat   03/09/2021
efek sampin vaksin

Efek Samping Vaksin COVID-19, Apa Saja?

Hidup Sehat   03/09/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman