fbpx

Jenis Obat Sariawan yang Ampuh dan Cepat

Mei 8, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Kondisi permukaan rongga mulut mengalami peradangan dan iritasi atau yang lebih sering dikenal sebagai sariawan tentu cukup familiar dialami banyak orang. Meski merupakan jenis iritasi yang umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, namun sariawan dapat mengganggu aktivitas seseorang. Bahkan, beberapa orang dapat kehilangan nafsu makan ketika sariawan menyerang.

Munculnya sariawan dapat dikaitkan dengan kekebalan tubuh, dan beberapa hal lain, yaitu tidak sengaja menggigit bibir atau lidah, atau permukaan mulut lainnya dan membersihkan gigi dengan kasar. Selain itu sariawan dapat dipicu dengan stres, kekurangan vitamin dan mineral tertentu dalam makanan (terutama zat besi, asam folat, atau vitamin B12), perubahan hormon, dan alergi makanan.

Untuk mengobati sariawan sebenarnya sudah banyak tersedia obat sariawan yang dapat Anda beli dengan bebas di apotek dan minimarket. Sayangnya, obat-obat ini terkadang tidak terlalu ampuh untuk mengobati sariawan. 

Untuk itu di bawah ini telah dirangkum beberapa pilihan obat sariawan yang ampuh untuk membantu menyembuhkan sariawan dengan cepat. Berikut daftarnya.

Obat Ampuh Mengatasi Sariawan

1. Teh Chamomile dan Madu

Minuman herbal dari teh chamomile dan madu berkhasiat sebagai obat sariawan yang cukup efektif menyembuhkan iritasi pada permukaan mulut ini. Madu memiliki khasiat sebagai antiseptic yang sebenarnya bisa Anda aplikasi secara langsung ke permukaan mulut yang sariawan. Meski begitu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan teh chamomile.

The chamomile sendiri memiliki sifat anti inflamasi. Sehingga teh chamomile sangat baik untuk menyembuhkan sariawan pada permukaan mulut dan tenggorokan. Untuk memanfaatkan teh chamomile sebagai pengobatan cara adalah dengan menyeduh teh tersebut terlebih dahulu kemudian gunakan untuk berkumur. Selain itu Anda juga bisa mengoleskan rendaman teh chamomile ke atas permukaan yang sariawan.

2. Minyak Cengkeh

Rempah cengkeh memiliki sifat yang sangat baik untuk pengobatan iritasi dan peradangan pada kulit maupun mulut. Minyak cengkeh sendiri telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan luar untuk meredakan sakit. 

Anda bisa memanfaatkan minyak cengkeh sebagai obat sariawan dengan menempelkan kapas yang telah direndam minyak cengkeh ke area yang sariawan. Namun, sebelum menempelkan minyak cengkeh ke permukaan mulut yang sariawan. Sebaiknya berkumur terlebih dahulu dengan larutan garam untuk membersihkan mulut.

3. Berkumur dengan Air Garam

Garam diketahui merupakan senyawa yang memiliki fungsi sebagai penyembuh iritasi dan peradangan. Tidak hanya bermanfaat untuk membantu pengobatan radang tenggorokan saja, ternyata berkumur dengan air garam berkhasiat untuk menyembuhkan sariawan pada permukaan organ mulut. Berkumur dengan air garam secara rutin efektif sebagai obat sariawan untuk mempercepat penutupan luka di mulut.

4. Memanfaatkan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat mendinginkan dan juga meredakan iritasi salah satunya adalah iritasi di mulut akibat sariawan. Cara memanfaatkan lidah buaya sebagai obat sariawan sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke atas area yang menderita sariawan. Gel lidah buaya ini dapat mengurangi  peradangan dan rasa sakit pada mulut.

5. Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang bermanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih tahan terhadap serangan penyakit. Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh vitamin C juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Anda bisa mengkonsumsi sumber vitamin C secara alami seperti buah jeruk, stroberi, lemon maupun buah kiwi.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Kenali Gejala Penyakit Asma dan Penanganan yang Tepat
Imboost, Obat untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Produk Sangobion: Dosis, dan Cara Benar Menggunakannya
Penyakit Hipotensi: Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasi
Kenali Apa itu ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)
Mengenal Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

6. Menggunakan Sikat Gigi Lembut

Sariawan bisa muncul akibat luka yang disebabkan oleh benda-benda dari luar maupun tidak sengaja tergigit ketika mengunyah makanan. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan iritasi dan menimbulkan sariawan adalah akibat sikat gigi kasar yang digunakan. Selain itu, kebersihan gigi juga harus dijaga untuk menghindarkan diri dari infeksi bakteri penyebab infeksi sariawan.

7. Konsumsi Vitamin B-12

Kurang vitamin B12 dapat menyebabkan peradangan lidah maupun sariawan. Untuk itu, pastikan kebutuhan vitamin B12 tercukupi dengan mengkonsumsi vitamin B12.

Demikian beberapa obat sariawan yang ampuh. Silakan dicoba untuk mengatasi masalah sariawan. 

Dapatkan obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.
Referensi: U.S National Library of Medicine

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis