Nisergolin merupakan jenis obat yang biasa digunakan untuk perawatan pada gangguan pembuluh darah, gangguan otak, migraine, insufisiensi serebrovaskular serta kondisi lainnya. Nisergolin adalah obat yang berfungsi meningkatkan aliran darah otak atau vasodilatornya menjadi kuat. Nisergolin ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam paru-paru serta anggota tubuh lain dan bahkan terbukti mampu menghambat agregasi trombosit darah (Baca juga Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Stroke pada Orang Tua). 

Cara mekanisme pada obat nisergolin yaitu meningkatkan sirkulasi vaskuler pada otak sehingga terjadi peningkatan transmisi sinyal saraf melintasi serabut saraf, dan mensekresi asetilkolin sebagai pemancar saraf. 

Obat nisergolin termasuk dalam kelas obat alkaloid ergot dan hanya dikonsumsi oleh orang dewasa saja. Obat ini adalah obat resep yang mendapatkan resep dan anjuran dari dokter.

Informasi

Secara umum, obat nisergolin berfungsi sebagai perawatan, pencegahan, control serta perbaikan pada kondisi gangguan otak, gangguan pembuluh darah, migrain, dan insufisiensi serebrovaskular. Selain itu, obat ini bermanfaat untuk meningkatkan apatis serta gangguan afektif yang diakibatkan oleh infark serebral (gangguan ingatan, hipobulia, depresi, kurang perhatian dan kewaspadaan pada mental). 

nisergolin
Nisergolin merupakan obat untuk perawatan gangguan pembuluh darah, gangguan otak, migraine, serta kondisi lainnya.

Obat nisergolin bisa untuk pengobatan gangguan sirkulasi perifer akut dan kronis, gangguan pembuluh darah obliteratif pada tungkai, sindrom Raynaud serta gejala disfungsi sirkulasi perifer lainnya). Dalam pengobatan demensia vaskular, obat ini dapat meredakan disfungsi kognitif dan memori agar tidak semakin parah. 

Suatu penelitian melaporkan bahwa obat nisergolin dapat juga digunakan untuk penyakit vertigo, tinnitus, diabetes, pruritus poster hemodialysis dan gangguan mata seperti penyumbatan arteri, vena, serta retinopati.

Dosis

Dosis untuk obat nisergolin diberikan berdasarkan kondisi kesehatan pasien dan hanya diperuntukkan khusus orang dewasa saja.

Dosis PO

Pada kerusakan mental seperti insufisiensi serebrovaskular dosisnya 10 mg 3 kali per hari. Dosis maksimalnya yaitu 30 mg. Untuk pemeliharaan pada penyakit pembuluh darah tepi, dosisnya yaitu 5-10 mg 3 kali sehari. Untuk dosis maksimalnya 60 mg per hari dalam dosis yang terbagi. 

Dosis IV

Pada penyakit pembuluh darah tepi serta kerusakan mental dosis diberikan 4-8 mg melalui infus.  Untuk dosis maksimumnya yaitu 8 mg.

Dosis IM

Pada penyakit pembuluh darah perifer dan kerusakan mental dosis yang diberikan adalah 2-4 mg sebanyak 2 kali sehari serta untuk dosis maksimumnya 8 mg.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Jika Anda mengonsumsi obat nisergolin bersamaan dengan dimethoxyphenethylamine dapat meningkatkan aktivitas hipertensi. Resiko dan tingkat keparahan hipertensi juga dapat terjadi jika mengonsumsi obat nisergolin bersamaan dengan acemetacin. 

Pada obat acebutolol jika dikonsumsi dengan nisergolin akan meningkatkan aktivitas vasokontriksi nisergolin. Konsultasikan kepada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat antihipertensi karena akan menimbulkan risiko efek samping jika dikonsumsi bersamaan dengan obat nisergolin.

Kelompok Orang Berisiko

Bagi Anda yang memiliki hipersensitivitas atau alergi khususnya pada obat nisergolin, maka Anda tidak disarankan mengonsumsi obat ini. Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi obat nisergolin jika sedang mengalami porfiria. 

Obat nisergolin tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hami dan ibu menyusui. Anda perlu menginformasikan kepada dokter terkait kondisi medis yang Anda alami sebelum menggunakan obat nisergolin. Anda juga perlu memberi tahu dokter jika Anda memiliki tekanan darah tinggi sebelum mengonsumsi obat ini.

Efek Samping

Obat nisergolin memiliki beberapa gejala efek samping yang ditimbulkan di antaranya:

  • Mual
  • Rasa tidak nyaman atau kegelisahan
  • Gangguan pada perut
  • Tekanan darah rendah
  • Rubeosis
  • Hot flushes
  • Pusing dan kantuk
  • Gangguan GI
  • Hipotensi
  • Sinko
  • Bradikardia

Namun beberapa efek samping ini juga dapat terjadi seperti pada gastrointestinal minor penderita akan merasakan mulas, pirosis, muntah, diare, sakit perut. pada hormone penderita akan merasakan penghambatan ejakulasi dan nefritis interstitial. Sedangkan pada kardiovaskular, lebam pada tangan dan pergelangan kaki

Cara Konsumsi

Dalam menggunakan obat nisergolin, pastikan Anda telah membaca instruksi dan aturan pakai yang tertera pada kemasan obat. Anda harus mengikuti petunjuk dan anjuran dari dokter terkait dosis yang diresepkan. Obat nisergolin dapat dikonsumsi sebelum atau pada waktu makan untuk meningkatkan penyerapan pada obat. Konsumsilah obat tablet secara utuh dengan bantuan air putih. Anda tidak diperbolehkan mengunyah obat atau menghancurkan obat karena dapat mengurangi efektivitas dari obat nisergolin.

Untuk mendapatkan hasil yang baik dan optimal, gunakan obat nisergolin secara rutin dan teratur. Agar membantu Anda dalam mengingat, maka sebaiknya konsumsilah obat ini pada waktu yang sama setiap harinya. 

Jika Anda terlupa dalam mengonsumsinya, Anda bisa langsung meminum obat nisergolin saat teringat asalkan interval jadwal konsumsi Anda selanjutnya tidak berdekatan. Namun jika berdekatan, maka Anda dapat mengabaikannya. Anda tidak dianjurkan untuk menggandakan atau mengurangi dosis tanpa memberi tahu dokter. Segera hubungi dokter Anda jika kondisi yang dialami semakin buruk dan tidak kunjung membaik.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?