Makanan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan nutrisi penting yang bisa diproduksi oleh tubuh. Manusia memerlukan makanan bergizi guna tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Namun, hal tersebut tidak memiliki manfaat yang maksimal bila Anda memiliki masalah pencernaan. Masalah pada sistem pencernan bukanlah masalah yang sepele. Jika dibiarkan tanpa pengobatan maka hal tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius bahkan bisa mengancam nyawa.

Selain berbahaya, gangguan sistem pencernaan juga bisa menyebabkan tubuh bisa kekurangan nutrisi penting akibat makanan yang dikonsumsi terbatas.  Selain itu, penyerapan nutrisi bisa terganggu akibat adanya gangguan pada sistem pencernan. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya selalu menjaga kondisi kesehatan sistem pencernaan agar selalu sehat dengan selalu menjaga pola makan yang sehat, bergizi dan cukup serat.

Informasi

Jika Anda mengalami gangguan pada kerongkongan atau lambung, maka kemungkinan dokter akan memberikan obat yang mengandung Natrium Rabeprazole. Natrium Rabeprazole dikenal sebagai obat lambung. Obat ini merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi beberapa gangguan seperti tukak lambung, GERD, asam lambung dan sebagainya. Obat ini bekerja dengan mengurangi jumlah produksi asam lambung dan mengurangi sakit maag, kesulitan menelan makanan dan batuk terus-menerus.

natrium rabeprazole
Natrium Rabeprazole kandungan yang terdapat dalam obat yang biasa digunakan untuk mengatasi gangguan pada kerongkongan atau lambung.

Sebenarnya, Natrium Rabeprazole merupakan jenis proton pump inhibitor yang digunakan untuk pengobatan dalam jangka pendek. Obat ini termasuk dalam golongan obat keras yang hanya bisa diberikan berdasarkan resep dokter. Harganya juga sangat mahal. Di pasaran sendiri Natrium Rabeprazole kerap ditemukan dalam bentuk tablet 20 mg atau 10 mg.

Dosis

Natrium Rabeprazole sebenarnya bisa diberikan baik kepada anak-anak maupun orang dewasa. Namun, karena termasuk obat keras, pemberian obat ini harus berdasarkan pengawasan dokter. Dosis yang diberikan pun dibedakan tergantung usia dan kondisi kesehatan pasien itu sendiri. Berikut beberapa contoh pemberian dosis Natrium Rabeprazole berdasarkan jenis penyakitnya.

GERD

Pada pasien dewasa, dosis yang disarankan adalah sebesar 20 mg tiap hari yang diberikan selama 4-8 minggu. Untuk dosis pemeliharaan, Natrium Rabeprazole diberikan sebanyak 10-20 mg tiap hari. Untuk pemberian obat ini sebaiknya dikonsumsi sekali makan tiap pagi. Sedangkan untuk pasien anak-anak yang berusia diatas 12 tahun, Natrium Rabeprazole diberikan sebanyak 20 mg sekali secara rutin selama 8 minggu.

Tukak Lambung dan Duodenum

Pada pasien dewasa yang menderita ulkus duodenum, dosis yang disarankan adalah sebesar 20 mg sekali tiap pagi  selama 4-8 minggu. Sementara untuk pasien penderita tukak lambung adalah sebesar 20 mg sekali tiap pagi  selama 6-12 minggu.

GERD yang Bersifat Erosif

Dosis yang diberikan biasanya sebesar 20 mg yang diberikan 1x tiap pagi secara rutin selama 4-8 minggu. 

Namun, jika kondisi pasien belum membaik maka pengobatan bisa dilanjutkan untuk 8 minggu kedepan. Sedangkan untuk dosis pemeliharaannya, Natrium Rabeprazole tidak boleh diberikan lebih dari 20 mg per hari.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Beberapa obat seperti warfarin, methotrexate, sukralfat, rilpivirine, digoxin atau obat-obatan diuretik bisa menimbulkan efek yang merugikan jika digunakan bersamaan dengan obat-obatan yang mengandung Natrium Rabeprazole. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya selalu memberitahukan pada dokter tentang obat-obatan apa saja yang sedang dikonsumsi baik itu obat resep, obat herbal ataupun suplemen kesehatan.

Kelompok Orang Berisiko

Orang dengan hipersensitivitas terhadap Natrium Rabeprazole sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini. Selain itu, anak-anak dan lansia juga sebaiknya diberikan perhatian khusus jika menggunakan obat ini. Wanita hamil dan ibu menyusui juga sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsinya. Natrium Rabeprazole digolongkan dalam kategori C oleh FDA yang mungkin berisiko bagi perkembangan janin dan bayi yang disusui.

Efek Samping

Tidak semua pasien mengalami efek samping. Ada yang mengalami namun ada juga yang tidak mengalaminya. Beberapa gejala yang sering muncul adalah mual, muntah, diare, sakit kepala dan sakit perut yang cukup ringan dan mudah disembuhkan. Namun, jika gejala yang dialami semakin serius seperti timbulnya gejala alergi maka sebaiknya Anda segera menghubungi dokter.

Cara Konsumsi

Konsumsi obat yang mengandung Natrium Rabeprazole sebenarnya cukup mudah. Kebanyakan dikonsumsi secara langsung melalui mulut (oral). Konsumsi obat ini bisa dilakukan baik sebelum atau sesudah makan sehingga cukup praktis. Telan obat ini secara utuh menggunakan air minum dan jangan mengunyahnya atau menghancurkannya di dalam mulut. 

Karena obat ini termasuk obat keras, sebaiknya konsumsilah obat ini berdasarkan resep yang diberikan dokter. Jangan menambah atau mengurangi dosis hanya karena kondisi tubuh mulai membaik terlebih lagi sampai menghentikan konsumsi obat tanpa anjuran dokter. Selain itu, selama mengonsumsi obat ini Anda sebaiknya menghindari konsumsi alkohol dan merokok guna meningkatkan kesembuhan.

Baca juga: Obat Natrium Diklofenak: Obat Pereda Nyeri Sendi

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?