fbpx
BerandaHidup SehatMengenali MSG dan Anjuran Takaran Penggunaannya

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Penggunaan Monosodium Glutamat atau MSG dalam pembuatan makanan tentu sudah tak asing lagi Anda dengar. Bahkan, tak sedikit orang yang mengatakan jika makanan tanpa menggunakan bahan yang dikenal luas dengan sebutan micin ini, kurang sedap rasanya. Lantas, seberapa takaran normal pengonsumsian micin ini agar aman dikonsumsi? Simak ulasannya di bawah ini. 

msg

Apa Itu MSG?  

Monosodium Glutamat atau lebih dikenal dengan istilah micin, merupakan zat aditif yang umum ditambahkan dalam makanan dan minuman untuk memperkaya rasanya. Dengan adanya kandungan micin dalam makanan, maka Anda akan bisa menikmati cita rasa umami dari makanan tersebut.  

Zat aditif ini sendiri berbentuk bubuk kristal putih, yang mana hampir menyerupai garam dapur dan gula. Kandungan MSG ini sendiri adalah sodium dan asam glutamat. Asam glutamat yang terkandung di dalamnya, terbuat dari tepung pati yang difermentasikan, namun sama sekali tak memiliki perbedaan struktur kimiawi dengan asam glutamat pada makanan non olahan. 

Meski tak memiliki perbedaan struktur kimiawi, namun asam glutamat yang terkandung dalam micin ini terbilang lebih mudah untuk diserap oleh tubuh. Penggunaan micin sendiri terbilang begitu populer dalam proses pembuatan makanan Asia, sedangkan di negara barat, micin sering digunakan dalam pembuatan produk makanan olahan.  

Berapa Takaran Normal Penggunaan MSG

Kontroversi mengenai penggunaan zat aditif pada makanan ini, masih terus bergulir hingga sekarang. Banyak anggapan di luar sana yang menyebutkan bahwa pengonsumsiannya akan berdampak buruk pada kesehatan. Namun, sebenarnya selama penggunaannya masih di takaran yang wajar, pengonsumsian zat aditif pada makanan satu ini masih tergolong aman. 

Ukuran konsumsi MSG yang dianggap aman adalah sebanyak 10 miligram per kilo berat badan. Jika misalnya berat badan Anda adalah 50 kilogram, maka takaran MSG yang aman untuk dikonsumsi adalah sebanyak 500 miligram atau sekitar 1 sendok teh per harinya. Takaran ini berlaku baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Gejala Kompleks MSG

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penggunaan zat aditif pada makanan yang populer disebut micin ini, masih menjadi kontroversi hingga sekarang ini. Pengonsumsiannya banyak dikaitkan dengan munculnya kondisi seperti gatal di permukaan kulit, hiperaktif, sakit kepala, serta munculnya bengkak di lidah dan tenggorokan. Deretan gejala ini disebut juga sebagai gejala kompleks MSG. 

Pengobatan kala gejala kompleks ini muncul, disesuaikan dengan tingkat keparahan dari gejalanya tersebut. Jika gejalanya masih terbilang ringan, pasien akan direkomendasikan untuk istirahat, banyak minum air putih untuk tetap terhidrasi, dan mengonsumsi teh jahe untuk mengurangi rasa mual. Pengonsumsian obat pengurang rasa sakit juga dianjurkan agar sakit kepala hilang. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika gejala yang muncul terbilang berat, pengobatan yang diberikan biasanya berupa pengonsumsian obat antihistamin untuk gangguan pernapasan, wajah yang membengkak, serta detak jantung tak normal. Saat kondisinya sudah mengancam nyawa, suntikan epinefrin pun tak jarang juga diberikan pada pasien. 

Deretan Makanan Kaya Micin 

kandungan-msg

1. Makanan Siap Saji 

Makanan siap saji atau fast food memang dikenal sebagai makanan yang kaya akan micin. Micin banyak dipakai oleh gerai makanan siap saji tersohor, untuk memperkaya cita rasa dari sajian mereka. Makanya, tak mengherankan jika banyak orang yang tak bosan untuk mengonsumsi makanan siap saji ini. 

2. Camilan Kemasan 

Beragam jenis camilan, khususnya ragam keripik yang dijual dalam kemasan, kerap menggunakan micin dalam penyajiannya. Anda bisa melihat sendiri seberapa banyak micin yang digunakan dalam pembuatan camilan tersebut, pada label yang tertera di bagian kemasannya. Mengonsumsi camilan ini memang bikin ketagihan, namun Anda tetap harus batasi pengonsumsiannya.  

3. Bumbu Masak Instan 

Deretan bumbu instan juga merupakan produk yang diketahui kaya akan MSG. Dengan menambahkan bumbu masak instan pada masakan Anda, maka akan bisa menguatkan cita rasanya, serta menghasilkan cita rasa umami dari masakan tersebut. Umumnya, dengan menggunakan bumbu masak instan ini saja, Anda tak membutuhkan garam tambahan lagi. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Frozen Food 

Frozen food memang memudahkan seseorang untuk mengonsumsi dan menyiapkan makanan, namun perlu Anda ketahui kalau umumnya makanan olahan beku ini juga kaya micin. Dengan menambahkan micin ke dalam frozen food ini, maka cita rasanya akan lebih lezat. Walaupun masih terbilang aman, baiknya Anda batasi pengonsumsian frozen food yang mengandung micin ini. 

5. Produk Daging Olahan 

Siapa di antara Anda yang gemar mengonsumsi produk daging olahan seperti sosis, nugget, atau hot dogs? Sebagian besar produk daging olahan tersebut mengandung micin. Selain untuk memperkaya rasa, penggunaan micin dalam produk daging olahan ini juga untuk mengurangi jumlah sodium pada produk tersebut, tanpa mengubah rasanya. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Hingga sekarang, penggunaan MSG dalam pengolahan makanan masih menjadi kontroversi. Meskipun dianggap aman untuk digunakan, ada baiknya Anda mematuhi anjuran takaran penggunaan zat aditif pada makanan satu ini. Dengan begini, Anda bisa menghindari kemungkinan terjadinya gangguan pada kesehatan, akibat pengonsumsian micin yang berlebihan. 

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

vaksin anjuran who

Vaksin Anjuran WHO

Hidup Sehat   13/09/2021
covid-19 di india

Fenomena COVID-19 di India

Hidup Sehat   13/09/2021

Apakah Benar Vaksin Corona Menyebabkan Impotensi?

Hidup Sehat   06/09/2021
vaksin mrna

Vaksin mRNA Dapat Memicu Kanker? Apakah Benar?

Hidup Sehat   03/09/2021
efek sampin vaksin

Efek Samping Vaksin COVID-19, Apa Saja?

Hidup Sehat   03/09/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman