fbpx

Penyebab Serta Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Mei 5, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Gusi bengkak, meski terlihat begitu sepele, masalah ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan serta gangguan mulut yang cukup berat. Bahkan, bila tak ditangani dengan sungguh-sungguh, masalah gusi yang membengkak ini dapat mempengaruhi jaringan serta tulang yang berguna untuk menopang gigi.

Gusi yang bengkak bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi. Biasanya, keluhan gusi yang membengkak ini diikuti dengan gejala lain seperti kemunculan nanah yang berada di bawah gigi atau gusi, hingga bau nafas yang kurang sedap. Sebenarnya gusi sehat tak akan berdarah saat menggosok gigi maupun saat tersentuh. Ciri utama gusi yang ideal adalah memiliki warna merah muda, dapat menahan gigi dengan kuat serta kencang. 

Simak beberapa cara mengatasi gusi bengkak yang telah tim Lifepack rangkum untuk Anda berikut ini.

Penyebab Gusi Bengkak

Sebenarnya, gusi yang membengkak adalah hal yang umum ditemukan dan dapat diidap oleh siapa pun. Biasanya, gusi bengkak ditandai dengan gusi yang menggelembung, membesar atau menonjol. Untuk sebagian kasus, pembengkakan ini dapat terjadi begitu besar sehingga menutupi area gigi. Berikut ini beberapa penyebab pembengkakan gusi, antara lain:

  1. Menumpuknya plak. Plak memiliki banyak kandungan bakteri dapat dapat mengganggu kesehatan gusi.
  2. Peradangan pada gusi atau gingivitis
  3. Infeksi jamur atau virus
  4. Kebiasaan merokok
  5. Kurang gizi
  6. Kehamilan
  7. Pemasangan gigi palsu
  8. Sensitivitas gusi karena penggunaan pasta gigi

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Untuk masalah cara mengatasi, gangguan gusi yang membengkak ini bisa ditangani dengan cara memberi perhatian lebih pada kebersihan mulut, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Beri kompres untuk meredakan bengkak.
  • Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur.
  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok serta makanan yang memiliki kadar gula tinggi.
  • Jika gigi Anda sensitif, Anda dapat segera mengganti pasta gigi Anda, sedangkan bila pembengkakan gigi disebabkan karena penggunaan obat kumur, lebih baik segera hentikan penggunaan obat tersebut.
  • Ganti obat yang menjadi penyebab bengkaknya gusi. Konsultasikan ke dokter jika ingin mengganti obat, bila pembengkakan terjadi karena penggunaan obat tertentu.
  • Root planning. Prosedur ini dilakukan dengan cara membersihkan area sela gusi dan akar gigi untuk menghilangkan bakteri.

Mengatasi Gusi yang Bengkak dengan Menggunakan Bahan Alami

Selain cara di atas, berikut beberapa cara untuk mengatasi gusi yang membengkak, antara lain:

Kunyit

Ada begitu banyak masakan Indonesia yang mempergunakan kunyit sebagai bahan campurannya. Kunyit bahkan sering disediakan di dalam kulkas atau di lemari bumbu dapur entah dalam bentuk bubuk atau dalam bentuk segar. Kunyit memiliki kandungan inflamasi dan antiseptik, sehingga kunyit dapat Anda gunakan untuk mengurangi rasa sakit peradangan gusi. Untuk membuatnya sebagai obat, Anda dapat mencampurkan kunyit dengan air, aduk sampai menyerupai pasta, oleskan pasta kunyit ke gigi yang membengkak.

Garam

Siapa yang tak memiliki garam di rumah? berkumur dengan menggunakan air garam hangat dapat meredakan sakit pada gusi yang membengkak. Garam merupakan bumbu dapur yang memiliki kandungan antiseptik, sehingga saat mengalami sakit gigi, garam dapat meredakan rasa sakit dengan lebih cepat. 

Bawang

Entah bawang merah atau pun bawang putih dapat menjadi obat alami untuk mengatasi pembengkakan gusi. Bawang putih dan bawang merah mempunyai sifat antiseptik dan antimikroba, sehingga bisa menghilangkan bakteri di dalam mulut dan mengurangi rasa sakit. Bawang memiliki kandungan agen antioksidan kuat, yang akan meredakan sakit gigi. Pengaplikasiannya cukup sederhana, Anda hanya perlu mengunyah bawang yang sudah dikupas dan dicuci bersih. 

Demikian semua hal seputar gusi bengkak yang penting diketahui. Yuk kita jaga kesehatan gusi dan gigi dengan selalu rajin membersihkannya. 

Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan, Anda dapat mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Kami juga menyediakan obat-obatan penyakit kronis yang dapat kamu tebus tanpa harus antri.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis