fbpx

Mengenal Psoriasis, Penyakit Autoimun yang Menyerang Kulit

Jun 11, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Pernahkah Anda mengalami kulit merah bersisik yang mungkin terasa sakit, bengkak, atau panas? Bisa jadi tanda tersebut adalah penyakit psoriasis. Psoriasis adalah penyakit kulit radang kronis dengan kecenderungan genetik yang kuat yang disebabkan kondisi autoimun. Bercak merah akibat penyakit ini biasanya ditemukan pada siku, lutut, kulit kepala, punggung bagian bawah, wajah, telapak tangan, dan telapak kaki, dan dapat memengaruhi tempat lain seperti kuku dan mulut. Jenis psoriasis yang paling umum disebut psoriasis plak.

Psoriasis dapat terjadi pada anak-anak namun paling sering ditemukan pada orang dewasa. Selain itu penyakit ini bukanlah penyakit menular. Psoriasis merupakan penyakit autoimun, yaitu bagian dari sistem kekebalan tubuh menjadi terlalu aktif dan menyerang jaringan normal di dalam tubuh.

Dalam keadaan normal, sel kulit akan tumbuh jauh di dalam kulit dan naik ke permukaan sebulan sekali. Ketika Anda memiliki psoriasis, proses ini terjadi dalam 3-4 hari, sehingga menghasilkan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit dan membentuk sisik.

Gejala

Gejala pada psoriasis bisa muncul tiba-tiba atau bahkan terjadi dengan lambat. Gejala utama dari kondisi ini adalah kulit yang iritasi, berwarna merah, dan bersisik. Plak paling sering terlihat pada siku, lutut, dan bagian tengah tubuh. Meskipun begitu gejala dapat muncul di mana saja, termasuk di kulit kepala, telapak tangan, telapak kaki, dan genitalia.

Pada penyakit ini, kulit mungkin akan terasa gatal, kering dan berwarna perak, kulit terkelupas seperti terdapat sisik, selain itu kulit dapat menjadi warna merah dan tebal. Gejala juga dapat disertai nyeri sendi dan otot, perubahan pada kuku seperti kuku tebal, berwarna kuning-coklat, terdapat penyok di kuku, dan kuku mengangkat dari kulit di bawahnya, serta terdapat ketombe parah di kulit kepala.

Tipe Psoriasis

Terdapat lima tipe yang paling sering ditemukan, antara lain:

  1. Erythrodermic – Kulit kemerahan yang menutupi permukaan kulit.
  2. Guttate – Bintik-bintik kecil berwarna merah muda-merah yang muncul di kulit. Bentuk ini sering dikaitkan dengan infeksi radang, dan terjadi terutama pada anak-anak.
  3. Inverse – Kemerahan dan iritasi kulit yang terjadi pada ketiak, selangkangan, dan di area siku dan lutut.
  4. Plak – Kulit tebal dan bercak merah ditutupi oleh sisik perak-putih yang bersisik. Ini adalah jenis psoriasis yang paling umum di antara jenis psoriasis lainnya.
  5. Pustular – Kulit melepuh dan berisi nanah kuning (pustula) dikelilingi oleh kulit yang merah dan teriritasi.

Pengobatan

Pengobatan yang dilakukan pada penyakit ini ditujukan untuk meredakan gejala dan mencegah infeksi lain yang mungkin terjadi. Pada penyakit ini terdapat tiga opsi perawatan yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Pengobatan topikal: Losion kulit, salep, krim, dan sampo
  • Pengobatan sistemik: Pil atau suntikan yang berdampak pada respons kekebalan tubuh.
  • Fototerapi: Penggunaan sinar ultraviolet untuk mengobati psoriasis.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Penyakit Autoimun dan Bagaimana Cara Pengobatannya
Mengenal Apa Itu Penyakit Autoimun
Inilah Penyakit Psoriasis, Penyakit Autoimun Yang Berimbas Pada Kulit
Kenali Bahaya Penyakit Vertigo dan Cara Pengobatannya
Kenali Obat Sakit Gigi Yang Ampuh Untuk Gigi Berlubang

Itulah beberapa informasi mengenai psoriasis yang perlu Anda ketahui. Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, segera kunjungi dokter untuk memeriksakan kesehatan Anda lebih lanjut.

Unduh aplikasi Lifepack dan dapatkan kemudahan menebus resep obat tanpa harus antri.

Referensi:

Centers for Disease Control and Prevention

National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases

National Library of Medicine

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis