fbpx

Inilah Penyakit Kulit Psoriasis, Autoimun Yang Berimbas Pada Kulit

Apr 27, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Psoriasis merupakan salah satu jenis penyakit kulit. Namun berbeda seperti pada penyakit kulit lain. Penyakit kulit psoriasis ini lebih berhubungan dengan kondisi yang terdiri pada jaringan kulit. Bahkan hingga sampai mempengaruhi sistem kekebalan.

Kebanyakan orang mengira, penyakit yang satu ini termasuk kedalam jenis penyakit menular sama seperti penyakit kulit lain. Namun apakah benar seperti itu? Untuk mencari tahu lebih dalam, berikut akan dijelaskan secara rinci seluk beluk penyakit psoriasis.

Penyebab Penyakit Kulit Psoriasis

Berbeda dengan penyakit kulit pada umumnya yang biasanya disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri.Penyakit yang satu ini muncul pada tubuh disebabkan melemahnya sistem imun pada tubuh atau adanya kondisi autoimun pada tubuh. 

Kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan sel-sel kulit tidak berkembang sebagaimana mestinya dan menumpuk sehingga membuat jaringan kulit menjadi lebih tebal dan juga bersisik. Bagian tubuh yang sering terserang oleh penyakit ini antara lain bagian kulit kepala, punggung bawang, siku, dan juga lutut.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, terdapat suatu gen khusus yang dapat merusak dan juga mengacaukan sistem imun dalam tubuh. Gen ini dapat memicu seseorang terjangkit penyakit psoriasis. Namun di beberapa penelitian, diketahui juga bahwa adanya gen ini tidak serta merta memicu munculnya penyakit ini. Diperlukan faktor lingkungan yang tepat juga agar penyakit ini bisa muncul.

Pemicu Penyakit

Berdasarkan laman Healthline, diketahui bahwa penyakit psoriasis ini bisa dipicu oleh berbagai faktor. Faktor tersebut tidak semuanya sama pada setiap individu. Beberapa faktor pemicu yang dapat menimbulkan penyakit kulit ini antara lain infeksi, paparan matahari, alkohol, kebiasaan tidak sehat seperti merokok, adanya trauma dan juga stress.

Apakah Penyakit Ini Menular?

Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan penting yang banyak ditanyakan banyak orang. Banyak orang yang mengira bahwa psoriasis menular seperti penyakit kulit pada umumnya. Namun faktanya penyakit ini termasuk kedalam penyakit yang tidak menular.

Berbeda dengan penyakit kulit lain yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Penyakit ini timbul dikarenakan adanya turunan sifat gen yang diwariskan sehingga menyebabkan seseorang mengalami autoimun.

Oleh karena itu, persepsi bahwa penyakit ini menular adalah salah. Hal ini disebabkan penyakit ini tergolong penyakit keturunan dan bukan termasuk kedalam penyakit infeksi sehingga adanya kontak kulit dengan penderita tidak akan menyebabkan orang lain tertular.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Perawatan dan Pencegahan Cacar Air Dewasa
8 Jenis Obat Diare Alami yang Mujarab
Tips Pola Sehat Saat Ramadhan Agar Puasa Lancar
Awas, Bahaya Hipertensi Juga Bisa Mengancam Millennials!
Awas Bahaya Kanker Paru Menghantui Semua Umur Termasuk Milenial
Diare Masih Menjadi Penyebab Kematian, Bagaimana Cegah Diare?

Demikianlah penjelasan terkait penyakit kulit psoriasis. Jika Anda merasa terjangkit oleh penyakit ini segeralah untuk menghubungi dokter. Hal ini dilakukan agar penanganan dapat dilakukan secepat mungkin.

Dapatkan obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis