fbpx

Jenis-jenis Penyakit Tiroid dan Cara Pengobatannya

Mei 22, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Bagi sebagian besar orang mungkin awam atau asing terhadap nama tiroid. Namun, pengetahuan mengenai tiroid ini penting diketahui oleh setiap orang karena fungsinya terhadap metabolisme tubuh. Ya, terlebih dulu, tiroid adalah nama kelenjar yang terletak di bagian bawah jakun. 

Fungsi dari kelenjar tiroid ini adalah mengatur sistem metabolisme tubuh, jadi bisa dibayangkan betapa pentingnya peran kelenjar yang satu ini. Namun, tiroid ini tidak bekerja sendiri melainkan dikendalikan oleh otak, tepatnya kelenjar hipofisis (pituitary) dan hipotalamus. Jadi, ketika tubuh sudah terdeteksi kekurangan atau kelebihan hormon tiroid, otak akan langsung memberikan perintah kelenjar tiroid menyesuaikan kerjanya supaya kadar hormonnya kembali normal.

Seperti halnya bagian tubuh lainnya yang kerap mengalami masalah, tiroid juga terkadang tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya karena berbagai alasan. Penyakit tiroid ini pun bisa disebabkan oleh berbagai hal yang menunjukkan jika kelenjar tiroid ini terganggu. Berikut ini adalah ulasannya.

Penyebab Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid dapat disebabkan oleh kadar hormon tiroid yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Penyakit tersebut dapat muncul karena dipicu oleh beberapa faktor berikut ini, diantaranya masalah pada kelenjar hipofisis atau hipotalamus di otak, kerusakan kelenjar tiroid, pengaruh obat dengan kandungan Lithium, operasi pengangkatan kelenjar tiroid, hingga kadar iodin dalam tubuh yang berlebihan atau kekurangan.

Jenis-jenis Penyakit Tiroid

Ada berbagai macam penyakit tiroid diantaranya sebagai berikut.

Hipotiroidisme

Penyakit ini disebabkan oleh kadar hormon tiroksin yang terlalu sedikit sehingga tubuh mengalami defisiensi. Hormon tiroksin ini diproduksi oleh kelenjar tiroid. Pada umumnya, hipotiroidisme dialami oleh wanita berusia lebih dari 60 tahun dengan gejala umum seperti konstipasi, kulit kering, sensitif terhadap suhu lingkungan yang dingin, lemas, mudah lelah, hingga kenaikan berat badan yang tidak jelas.

Hipertiroidisme

Sebaliknya dengan hipotiroidisme, hipertiroidisme disebabkan oleh produksi hormon tiroid yang berlebihan dalam tubuh. Gejala penyakit ini ditandai oleh detak jantung yang cepat, tidak beraturan, berat badan turun dengan cepat, berkeringat, gelisah, hingga suasana hati mudah berubah.

Penyakit Gondok

Penyakit gondok ini pasti sudah sangat diketahui oleh kebanyakan orang. Penyakit ini terjadi akibat pembengkakan kelenjar tiroid sehingga terlihat adanya benjolan dibagian leher. Parahnya, jika benjolan tersebut menekan tenggorokan atau kerongkongan, maka akan memengaruhi perubahan suara, batuk, hingga kesulitan menelan atau bernapas.

Nodul Tiroid 

Inilah jenis penyakit terparah yang harus diwaspadai. Nodul tiroid adalah benjolan padat atau berisi air yang terdapat dalam kelenjar tiroid. Benjolan ini bisa berupa tumor jinak atau kista dan jumlahnya bisa lebih dari satu. Berbahaya, nodul tiroid ini tidak menunjukkan adanya gejala sehingga sulit untuk dideteksi ketika pemeriksaan kesehatan umum. Baru, ketika nodul ini tumbuh lebih besar bisa diketahui dan menyebabkan kesulitan bernapas hingga menelan. Selain itu pada nodul tiroid terdapat gondok yang terlihat (kelenjar tiroid yang membesar)m suara menjadi serak atau berubah, terasa sakit di leher, dan mengalami kesulitan bernapas terutama saat berbaring rata. Adanya nodul juga bisa memengaruhi produksi hormon tiroksin jadi berlebih dan memicu hipertiroidisme.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Radang Amandel: Pengertian, Gejala, Serta Cara Pengobatan
Mengenal Penyakit Kelenjar Getah Bening
Mengenal Lebih Dalam Sistem Pencernaan Manusia
Mengenal FG Troches, Obat Apa Itu?
Cara Mengobati Sakit Tenggorokan
10 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah
Awas Bahaya Kanker Paru Menghantui Semua Umur Termasuk Milenial

Pengobatan Penyakit Tiroid

Jika penyakit tiroid sudah didiagnosis, maka dokter akan memberikan pengobatan sesuai usia dan kondisi kesehatan pasien. Ada tiga cara pengobatan penyakit tiroid diantaranya pemberian obat-obatan, terapi ablasi iodium radioaktif, hingga prosedur operasi. 

Jenis penanganan tersebut juga didasarkan atas penyakit tiroid yang diderita. Misalnya, pada pengobatan ablasi iodium diberikan pada penderita hipertiroidisme yang tidak terkontrol ketika diberikan obat-obatan. Begitu Pula dengan prosedur operasi yang biasanya dilakukan untuk mengangkat kelenjar tiroid atau disebut juga tiroidektomi. Tujuannya, untuk mengangkat kelenjar tiroid yang membesar atau benjolan dalam kelenjar tiroid.

Meskipun penyakit tiroid ini umumnya bisa ditangani oleh medis, namun sebaiknya jangan dibiarkan karena jika berkembang akan menjadi kanker tiroid yang mengancam nyawa.

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. 

Referensi
Thyroid Nodule

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis