fbpx
BerandaHidup SehatMengenal Tanda-Tanda dan Gejala Penyakit Vertigo

Pernahkah Anda mengalami kondisi tidak mengenakkan yang membuat dunia di sekitar Anda terasa bergerak-gerak? Jika iya, bisa jadi gejala tersebut merupakan pertanda bahwa Anda terkena vertigo.

Mengenal Tanda-Tanda dan Gejala Penyakit Vertigo

Apa itu vertigo? Vertigo adalah sebuah keadaan dimana penderita merasa seolah lingkungan sekitarnya melayang-layang atau berputar. Kondisi ini menyebabkan penderita kehilangan keseimbangan sehingga sulit untuk berdiri atau berjalan. 

Tahukah Anda, ternyata vertigo ternyata bukanlah sebuah penyakit, melainkan kumpulan dari gejala dan terjadi tiba-tiba atau bisa juga berlangsung selama jangka waktu tertentu dan muncul dalam satu waktu. Sehingga, dapat dikatakan juga bahwa vertigo adalah gejala dari komplikasi penyakit yang lebih besar.

Penyebab Vertigo

Sebenarnya, ada beragam penyebab vertigo. Secara umum, penyebab vertigo ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu vertigo periferal dan vertigo central.

Vertigo Periferal

Jenis vertigo ini merupakan yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Vertigo periferal ini disebabkan oleh gangguan pada telinga bagian dalam yang fungsinya mengatur keseimbangan tubuh. Secara mekanisme, ketika seseorang menggerakan kepalanya, maka bagian dalam telinga akan memberi informasi posisi kepala kepada otak dengan mengirimkan sinyal. Tujuannya, untuk menjaga keseimbangan. Namun, ketika bagian dalam telinga ini mengalami masalah, seseorang akan langsung merasakan sakit dan pusing ketika menggerakkan kepalanya.

Hal ini bisa disebabkan oleh peradangan atau infeksi virus pada bagian telinga dalam. Penyebab lain dari vertigo jenis ini juga dapat berupa obat-obatan tertentu (antibiotik aminoglikosida, cisplatin, diuretik, atau salisilat), cedera (seperti cedera kepala), peradangan saraf vestibular (neuronitis), iritasi dan pembengkakan pada telinga bagian dalam (labirinitis), penyakit meniere, dan terjadi tekanan pada saraf vestibular yang biasanya terjadi akibat tumor yang bukan kanker seperti meningioma atau schwannoma

Jaminan Lifepack untuk Anda

Vertigo Central

Jika vertigo periferal terjadi akibat gangguan bagian telinga dalam, maka vertigo central ini terjadi karena terjadi masalah bagian otak terutama otak kecil atau cerebellum yang memiliki fungsi menjaga keseimbangan. Terdapat beberapa penyebab dari vertigo jenis ini antara lain penyakit pembuluh darah, obat-obatan tertentu (seperti antikonvulsan, aspirin, dan alkohol), sklerosis ganda, kejang (jarang), stroke, tumor (kanker atau bukan kanker), dan migrain vestibular (sakit kepala pada satu bagian saja).

Tanda dan Gejala Vertigo

Gejala umum yang ditunjukkan dari vertigo adalah pusing, sensasi kepala berputar, dan hilang keseimbangan. Biasanya, tanda-tanda tersebut akan memicu penderita merasakan sensasi muntah, mual, keringat berlebih, kehilangan pendengaran pada salah satu telinga, mengalami telinga berdengung, sakit kepala hingga akan terjatuh. Gejala vertigo ini pun tak hanya berlangsung sekali, melainkan hilang timbul selama beberapa menit atau hari. Beberapa gejala tersebut adalah gejala vertigo ringan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Orang dengan vertigo central mungkin akan mengalami beberapa gejala lain yang lebih parah seperti kesulitan menelan, penglihatan ganda, mengalami masalah pada pergerakan mata, kelumpuhan wajah, bicara yang tidak jelas, dan kelemahan pada anggota badan

Apabila gejala tersebut tidak kunjung menghilang dan membaik, segeralah konsultasi ke dokter. Biasanya, dokter akan segera melakukan pemeriksaan lanjutan, terutama bagi penderita dengan frekuensi muncul gejala terlalu sering.

Diagnosis Vertigo

Tidak semua jenis sakit kepala masuk dalam kategori vertigo. Untuk itu, diagnosis vertigo baru bisa dinyatakan ketika dokter telah melakukan beberapa pemeriksaan. Mulai dari pertanyaan sakit kepala yang dirasakan secara detail, riwayat medis, dan obat-obatan yang sering dikonsumsi. Bahkan, dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik jika diperlukan. Tujuannya untuk mengamati fungsi pendengaran, gerak bola mata, hingga fungsi otak.

Cara Mengobati Vertigo

Pada umumnya, gejala vertigo ini akan membaik dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan. Salah satu caranya, dengan beristirahat. Hal ini bisa terjadi karena daerah otak Anda akan menyesuaikan diri terhadap perubahan telinga bagian dalam sebagai upaya keseimbangan tubuh. Meski demikian, tetap saja ada ragam pengobatan yang bisa diperoleh berdasarkan penyebab dan tingkat keparahannya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pengobatan vertigo juga didasarkan akan penyebabnya. Misalnya, gejala vertigo yang muncul akibat konsumsi obat tertentu, maka pengobatan yang diberikan dokter berupa pemberian obat untuk mengurangi gejalanya. Beberapa obat yang biasanya diberikan juga berguna untuk menurunkan gejala seperti sakit kepala, mual, dan muntah seperti meclizine, promethazine, diphenhydramine, lorazepam, dan juga dimenhydrinate.

Salah satu merk dagangnya adalah Mertigo. MERTIGO 6 MG TABLET merupakan obat dengan kandungan Betahistine Mesylate 6 mg per tablet. Betahistine adalah suatu analog histamin dan dapat mengurangi tekanan endolimfatik dengan cara memperbaiki mikrosirkulasi. Obat ini digunakan untuk mengobati vertigo, tinitus dan gangguan pendengaran yang terkait dengan penyakit meniere. Dalam penggunaan obat ini HARUS SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pemberian antibiotik atau steroid terkadang juga dipertimbangkan demi mengobati infeksi. Nah, informasi terkait dosis dan jenis obat yang akan dikonsumsi, konsultasikanlah pada dokter terlebih dulu ya!

Demikian informasi seputar vertigo. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk membantu mengatasi gejala vertigo hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara mencegah penyakit kronis

Cara Mencegah Penyakit Kronis dengan Gaya Hidup Sehat

Hidup Sehat   23/01/2023
olahraga pengidap diabetes

Olahraga Pengidap Diabetes: Apa Manfaatnya dan Apa Jenis Olahraga yang Bagus?

Diabetes   14/12/2022
komunitas penyakit kronis

Daftar Komunitas Penyakit Kronis: Hipertensi, Diabetes, TBC, dan Banyak Lagi

Hidup Sehat   06/12/2022
komunitas hipertensi indonesia

Daftar Komunitas Hipertensi Indonesia, Beserta Manfaatnya!

Hidup Sehat   05/12/2022
komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman