Gejala Kanker Serviks yang Paling Mudah Dikenali

May 20, 2020 | Hidup Sehat | 0 comments

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Kanker serviks lebih banyak dialami oleh kaum hawa yang mana untuk pengobatannya bisa disembuhkan secara total apabila sudah terdeteksi sejak dini. Namun sayangnya banyak para wanita yang tidak menyadari gejala yang ditimbulkan oleh kanker serviks. Penanganan yang tidak dilakukan sejak dini justru akan menjadikan kanker serviks menyebar dan lebih sulit untuk diobati.

Penyakit kanker serviks dapat terjadi ketika sel abnormal dalam tubuh tidak terkontrol dalam leher rahim atau serviks. Penyebabnya yaitu infeksi human papillomavirus atau HPV yang telah menyerang bagian leher rahim. Ketika wanita terserang oleh virus ini maka tidak akan secara langsung menderita kanker serviks. Hal ini dikarenakan bagian sistem kekebalan tubuh akan berusaha melawan virus HPV.

Untuk mewaspadai adanya kemunculan kanker serviks sebaiknya para wanita lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatannya dan mengenali gejala serviks lebih dini. Berikut ini gejala kanker serviks yang bisa dikenali:

Vagina Mengeluarkan Darah Ketika Sedang Tidak Menstruasi

Jika Anda tidak sedang dalam masa haid namun vagina mengeluarkan bercak darah atau darah maka hal ini berkemungkinan gejala kanker serviks sedang Anda alami. Pada biasanya vagina yang mengeluarkan darah bisa terjadi ketika wanita hubungan seksual. Selain itu ketika sedang menstruasi darah yang dikeluarkan akan jauh lebih banyak dari biasanya. Meskipun vagina yang mengeluarkan darah pada saat tidak menstruasi bisa disebabkan karena banyak hal namun ada baiknya jika Anda memperhatikan hal ini. Karena gejala ini sering muncul pada kanker serviks stadium awal. Pendarahan juga dapat terjadi setelah menopause, atau memiliki periode (menstruasi) yang lebih lama dari biasanya. 

Panggul Terasa Sakit

jika bagian panggul terasa sakit atau nyeri sebaiknya Anda tidak menganggap remeh hal ini. Meskipun rasa sakit dan nyeri pada panggul sering dialami saat awal menstruasi, namun ternyata bagi wanita yang mengidap kanker serviks bisa ditandai dengan panggul terasa sakit ketika berhubungan badan. Rasa sakit yang ditimbulkan tidak normal dan terasa sangat sakit.

Mengalami Keputihan Tidak Normal

Keputihan yang tidak normal yaitu seperti cairan berwarna kuning, hijau atau meninggalkan bau yang tidak sedap. Keputihan yang tidak normal dapat disebabkan berbagai hal sehingga hal ini belum tentu Anda menderita kanker serviks. Namun salah satu keputihan yang menandakan kanker serviks dapat berupa keputihan yang bercampur darah yang bisa terjadi saat tidak menstruasi atau setelah wanita mengalami menopause. Sebab itu penting bagi Anda untuk memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda mengenai keputihan yang tidak normal.

Jadwal BAB Mengalami Perubahan

Perubahan jadwal BAB dapat menjadi salah satu gejala dari adanya kanker serviks maupun jenis penyakit yang lain. Pada gejala kanker serviks awal, akan ditandai dengan sulitnya BAB. Jika massa kanker serviks sudah cukup besar maka benjolan kanker bisa menekan bagian usus sehingga menjadikan penderita mengalami sulit BAB. Namun jangan khawatir karena BAB yang sulit tidak hanya disebabkan karena gejala kanker serviks saja, melainkan ada beberapa jenis penyakit lain yang memiliki gejala yang sama.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
7 Jenis Makanan Sumber Penyebab Kanker Payudara

Waspada, Inilah Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1K
Ciri-ciri Leukemia (Kanker Darah) yang Mudah Dikenali
Awas Bahaya Kanker Paru Menghantui Semua Umur Termasuk Milenial
Gejala Dini Kanker Prostat yang Wajib Diwaspadai
Penyakit yang Sering Menyerang Sistem Reproduksi Wanita
Mengenal Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Normal

Rasa Lelah Berlebihan

Rasa lelah yang dirasakan penderita kanker serviks disebabkan karena sel-sel kanker mulai tumbuh dan mengambil energi maupun cadangan makanan dalam tubuh. Sehingga makanan yang dikonsumsi cepat habis dan membuat penderitanya merasa cepat lelah. Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter apabila mengalami gejala seperti ini.

Mengenali gejala kanker serviks memang tidak mudah dilihat dari satu sisi saja. Terlebih lagi ketika stadium awal penyakit kanker serviks sulit untuk diketahui. Cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan yaitu dengan melakukan pap smear dengan rutin khususnya bagi wanita yang sudah aktif secara seksual, supaya aktivitas sel serviks bisa terdeteksi ketika dalam kondisi yang tidak normal.

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri.

Referensi:
American Cancer Society