fbpx
BerandaHidup SehatKenali Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Kenali Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

Apakah yang kamu lakukan ketika mengalami mimisan secara tiba-tiba? Pasti langsung mendongak ke atas sambil menyumbat bagian hidung yang keluar darah menggunakan kapas bukan? Mimisan pada umumnya hanya terjadi sementara waktu dan tidak begitu menimbulkan sakit yang serius. Namun, apakah mimisan tersebut berbahaya atau suatu pertanda dari sakit yang serius? 

Simak beberapa informasi mengenai penyebab mimisan dan cara mengatasinya berikut ini.

Mimisan atau dalam istilah medis epistaksis adalah suatu kondisi dimana terjadi perdarahan dari hidung. Meskipun kejadian ini terlihat menyeramkan, namun mimisan kebanyakan bukanlah kondisi yang membahayakan. Sebagai langkah awal penanganan pun bisa dilakukan sendiri dirumah. 

Sebenarnya, mimisan adalah kondisi yang sering dialami oleh anak-anak dalam rentang usia 3 hingga 10 tahun, lansia, ibu hamil, penderita kelainan darah, hingga seseorang yang mengonsumsi obat pengencer darah. Bisa dikatakan, mimisan adalah kondisi yang cukup umum..

Setiap orang yang mimisan, akan mengeluarkan darah dari hidung dalam durasi yang berbeda-beda. Ada yang hanya beberapa detik, ada juga yang sampai lebih dari 20 menit. Meski diawal dikatakan mimisan bukanlah hal yang membahayakan, tetap saja mimisan harus diwaspadai karena bisa menjadi pertanda gejala dari penyakit serius.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penyebab Mimisan yang Harus Diwaspadai

Penyebab mimisan yang paling umum dialami oleh sebagian besar orang adalah kondisi udara yang kering dan terlalu sering mengorek lubang hidung. Akibatnya, pembuluh darah halus dalam hidung pecah sehingga pendarahan terjadi. Namun, selain kedua hal di atas, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan mimisan, diantaranya terlalu kencang membuang ingus, cedera pada hidung, bentuk hidung yang bengkok, infeksi, alergi, sinusitis kronis, dan penggunaan obat pelega hidung yang berlebihan.

Pada umumnya, darah yang keluar dari hidung berasal dari pembuluh darah di bagian depan dan juga bisa berasal dari hidung bagian belakang. Nah, ketika mimisan berasal pembuluh darah bagian belakang harus diwaspadai karena disebabkan oleh hal-hal yang serius diantaranya paparan bahan kimia yang mengiritasi hidung, masuknya benda asing, benturan keras di kepala, tumor rongga hidung, hipertensi, aterosklerosis, dan dampak dari operasi hidung.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Penanganan Mimisan yang Tepat

Apakah yang dilakukan ketika Anda atau anak Anda mengalami mimisan? Langkah pertama, cobalah untuk tetap tenang dan jangan panik. Kemudian, lakukan langkah penanganan awal berikut ini. Pertama, duduklah dengan tegak dan janganlah berbaring. Posisi duduk akan mengurangi tekanan darah dalam hidung sehingga membantu menghentikan pendarahan. 

Kedua, cobalah condongkanlah tubuh ke depan supaya darah yang keluar nantinya tidak masuk tenggorokan. Sebab, ketika darah tertelan akan memicu muntah. Ketiga, pencetlah hidung selama 3-5 menit sedangkan napas dilakukan melalui mulut. Terakhir, kompres bagian hidung yang air dingin untuk memperlambat pendarahan.

Ketika darah sudah berhasil dihentikan, jangan lantas membuang ingus, mengorek bagian dalam hidung, membungkuk, atau bahkan melakukan aktivitas berat dalam waktu 24 jam. Hindari juga rokok dan minuman beralkohol. Hal ini penting guna mencegah iritasi hidung dan mimisan yang berulang.

Namun, setelah dilakukan upaya penanganan mimisan awal di atas dan darah tidak kunjung berhenti, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Bahaya Merokok Terhadap Kesuburan Pria dan Wanita

Gejala Disleksia dan Cara Penyembuhannya
Jenis Obat Sariawan yang Ampuh dan Cepat
Penyakit Demensia Dapat mengancam Nyawa, Apa Benar?
Imboost, Obat untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Produk Sangobion: Dosis, dan Cara Benar Menggunakannya
Kenali Apa itu ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)

Upaya Pencegahan Mimisan

Sebenarnya, mimisan dapat dihindari dengan melakukan hal-hal berikut ini, diantaranya berhati-hati dalam mengorek hidung, hindari membuang ingus terlalu kencang, berhenti merokok, menjaga kelembaban bagian dalam hidung, dan rutin memeriksakan diri ke dokter. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Bagi orang tua, penting juga untuk memperhatikan perilaku anak supaya tidak terjadi mimisan. Misalnya, menggunting kuku anak secara rutin dan menjaga udara dalam kamar supaya tidak kering.

Mimisan juga bisa dijadikan sebagai tanda beberapa penyakit. Jika mimisan terus terjadi, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Agar kebutuhan darah di dalam tubuh tetap terjaga dengan baik, Anda bisa mengkonsumsi suplemen dan vitamin secara teratur. Beberapa kondisi juga memerlukan suplemen zat besi yang lebih banyak dan Anda dapat mengkonsumsi suplemen seperti Sangobion 10 Kapsul – Obat Penambah Darah (Rp22.400).

Dapatkan obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman