fbpx

Jangan Salah, Ketahui Perbedaan Sariawan dan Kanker Mulut!

Sep 29, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Hampir semua orang pernah mengalami sariawan, yaitu luka atau radang yang terjadi di bibir atau di dalam mulut yang menyebabkan rasa sakit dan mengganggu saat penderita sedang makan, minum, berbicara, atau menggosok gigi. Penyakit ini biasanya tidak menular dan bisa menyerang di segala usia terutama anak-anak, remaja, dan wanita.

Beberapa orang mengalami sariawan yang berbeda dilihat dari ukuran dan gejalanya. Saat gejala sariawan dirasakan sangat sakit dan tidak kunjung sembuh, beberapa penderita berpikir mungkin dia terkena kanker mulut. Untuk mengetahuinya, mari kita simak beberapa perbedaan sariawan dan kanker mulut berikut ini:

Pengertian Sariawan dan Kanker Mulut

Sariawan adalah luka atau radang yang terjadi di bagian dalam pipi dan bibir, gusi, atau lidah. Bentuknya bisa bulat maupun oval dan berwarna putih atau kuning dan tepinya berwarna merah. Sariawan bisa berjumlah satu, atau lebih dari satu yang menyebar di seluruh bagian mulut. Penyakit ini tidak menular dan biasanya dapat sembuh sendiri sekitar 1-2 minggu (Baca juga 7 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Ampuh)

Sariawan dapat disebabkan oleh satu atau beberapa faktor. Umumnya penyebab sariawan adalah:

  • Cedera karena tergigit atau salah dalam menggosok gigi
  • Penyakit autoimun
  • Infeksi akibat jamur atau bakteri di dalam mulut atau bagian tubuh lain
  • Perubahan hormon, stress, kurang nutrisi, merokok, faktor genetik

Kanker mulut disebabkan oleh tumbuhnya jaringan abnormal yang terjadi di dalam mulut. Pertumbuhan yang abnormal ini bisa terjadi pada jaringan yang terdapat di dinding mulut, lidah, bibir, gusi, maupun langit-langit. Bahkan bisa terjadi juga pada jaringan yang berada di kelenjar ludah dan di tenggorokan. 

Sariawan Hanya Menyerang Selaput (Mukosa) Lunak

Setelah mengetahui beberapa penyebab sariawan, hal lain yang perlu Anda ketahui adalah ciri-ciri sariawan. Sariawan biasanya timbul pada selaput (mukosa) yang lunak seperti pipi, lidah, bawah lidah, bibir, cekungan antara pipi, atau antara bibir dengan gusi. Jarang sekali terjadi sariawan di langit-langit keras dan gusi karena dua tempat itu merupakan lapisan yang keras.

Perbedaan sariawan dan kanker mulut adalah kanker mulut dapat tumbuh dan berkembang di dalam mulut pada jaringan lunak maupun keras. Ia dapat tumbuh di bibir, lidah, dinding mulut, gusi, dan langit-langit mulut. Kanker mulut dapat menyebar hingga ke tenggorokan dan kelenjar getah bening.

Bentuk Luka yang Berbeda

Perbedaan sariawan dan kanker mulut bisa dilihat dari bentuk lukanya. Ciri-ciri sariawan bisa luka berbentuk oval ataupun bulat dengan tepi yang berwarna merah. Bagian tengahnya berwarna putih, kuning, atau keabu-abuan. Apabila diraba dengan lidah, maka permukaan luka akan terasa halus.

Ciri-ciri kanker mulut awal biasanya muncul benjolan secara tiba-tiba di dalam mulut dan tidak kunjung mengempis. Adanya lesi, atau bentukan serupa plak atau bercak putih yang menempel di bagian dalam pipi, lidah, gusi, atau bagian belakang mulut, juga bisa menjadi tanda awal kanker mulut. Warnanya ada yang putih, atau bisa bercampur dengan warna merah. 

Waspadai Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Sariawan bisa terjadi lebih dari satu titik sekaligus, biasanya letaknya berdekatan dan lambat laun akan melebar membentuk satu luka yang besar. Sariawan bisa sembuh dan kemudian kambuh lagi, demikian secara berkesinambungan. Walaupun tidak diobati, penyakit ini bisa sembuh sendiri sekitar 1-2 minggu.

Waspadai bila sariawan tidak kunjung sembuh setelah berminggu-minggu, luka yang berdarah dan tidak sembuh, apalagi bila disertai demam dan tubuh yang lemas, karena ini bisa menjadi gejala awal kanker mulut. Segera periksakan ke dokter untuk mendapat saran dan penanganan yang lebih lanjut.

Gejala Kanker Mulut

Jika seseorang mengalami kanker mulut, biasanya orang tersebut akan mengalami beberapa gejala. Simak beberapa ciri-ciri kanker mulut yang harus anda waspadai, yaitu:

  • Munculnya benjolan secara tiba-tiba di dalam mulut dan tidak kunjung mengempis
  • Munculnya benjolan secara tiba-tiba di kelenjar getah bening di bagian leher dan tidak kunjung mengempis
  • Terasa nyeri dan sulit menelan
  • Terjadi perubahan suara atau penderita mengalami kesulitan berbicara
  • Timbul pendarahan atau mulut mengalami mati rasa
  • Berat badan terus menurun secara drastis
  • Gigi goyang secara tiba-tiba, kemudian tanggal. Luka akibat gigi yang tanggal tidak kunjung sembuh
  • Rahang sulit digerakkan
  • Muncul bercak-bercak merah dan putih di dalam mulut

Demikianlah beberapa perbedaan antara sariawan dan kanker mulut yang dapat anda waspadai. Apabila anda menemukan kondisi yang menyerupai gejala kanker mulut seperti yang sudah disebutkan di atas, segera periksa dan berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapat penanganan yang lebih lanjut. Beberapa pengujian tentu akan dilakukan oleh tim medis untuk mendapatkan hasil yang akurat.  

Untuk menghindarkan diri dari penyakit kanker mulut, ada beberapa upaya yang bisa kita lakukan seperti memeriksakan gigi dan mulut secara teratur minimal setahun sekali, rajin menyikat gigi dengan cara yang benar sedikitnya dua kali sehari, hindari merokok, hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan pengawet buatan, serta perbanyak makanan sayur dan buah-buahan.

Selama pandemi COVID-19, mungkin Anda mengalami kesulitan dalam membeli atau menebus resep obat. Bersama Lifepack, kini Anda tidak perlu khawatir! Unduh aplikasinya yang tersedia di Google Play Store dan App Store dan dapatkan kemudahan tebus obat dari rumah sekarang!

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis