fbpx
BerandaHidup SehatSariawan di Lidah, Apa Penyebabnya?

Sariawan di lidah merupakan penyakit yang sangat mengganggu. Selain rasa perih dan nyerinya yang luar biasa pasien juga bisa mengalami penurunan selera makan. Sehingga mal stunting bisa menjadi masalah berikutnya. 

Sariawan di Lidah, Apa Penyebabnya?

Karena banyaknya pasien yang mengalami gangguan penyakit sariawan lidah utamanya anak-anak maka di artikel kesehatan berikut ini akan dijelaskan tentang sariawan lidah. Sedangkan di akhir nanti akan dijabarkan tentang penyebabnya. Berikut ulasan yang lebih lengkap:

Penyakit Sariawan Lidah

Sariawan di lidah merupakan penyakit yang berupa munculnya luka mukosa di dalam lidah. Umumnya di sekeliling luka terdapat bercak berwarna putih yang menyebar dengan jumlah cukup banyak. 

Penyakit yang juga disebut dengan istilah stomatitis ini tidak hanya menimbulkan rasa nyeri saja. Tetapi juga memicu rasa gatal dan panas yang menyerang hampir di seluruh permukaan lidah. 

Rasa nyeri semakin parah jika lidah terkena makanan. Baik makanan yang bersuhu dingin apalagi panas dan pedas. Maka dari itu pasien sariawan lidah pantangannya ialah tidak mengkonsumsi makanan dengan jenis-jenis di atas. 

Sariawan lidah dapat terjadi di beberapa sisi lidah, seperti sariawan lidah samping dan sariawan lidah belakang.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penyebab Sariawan Lidah

Setelah mengetahui apa itu sariawan lidah berikut ini dijelaskan tentang penyebab-penyebabnya. Jauhi faktor-faktor ini sejak dini sebelum sariawan benar-benar menyerang. Berikut adalah faktor-faktor penyebab sariawan lidah:

1. Luka di Lidah

Penyebab sariawan lidah yang pertama adalah luka di lidah. Umumnya luka ini disebabkan oleh gigitan tidak sengaja yang berhasil di-infeksi oleh bakteri dan jamur. Sedangkan gejalanya adalah luka menjadi bengkak dan perih. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika luka sudah menjadi sariawan biasanya waktu sembuhnya jauh lebih lama. Padahal lukanya sendiri 1-2 hari sudah sembuh. Ini bisa mencapai 1-2 minggu baru luka karena sariawan bisa hilang tanpa bekas sekalipun tidak diobati dengan apapun. 

Karena itu jika tidak ingin lidah tergigit silakan kunyah makanan dengan lembut dan pelan. Sehingga tidak ada gigitan yang justru melukai mukosa lidah yang terkesan lentur dan lembut dibandingkan organ mulut yang lainnya. 

2. Kebiasaan Merokok

Jika sariawan menyerang orang dewasa salah satu penyebabnya adalah kebiasaan merokok. Sehingga menyebabkan menipisnya mineral yang melindungi permukaan lidah dari pengeringan frontal. 

Asap rokok sendiri sejatinya zat panas yang tidak boleh menempel pada organ yang basah atau ber-mineral. Karena pastinya organ tersebut akan menjadi kering bahkan menimbulkan bercak-bercak putih. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Utamanya adalah organ lidah yang memang terkenal lentur dan lembut. Tentu alat pengecap rasa ini bisa pecah jika terlalu keseringan terkena asap rokok. Akibatnya penyakit sariawan di lidah pun terjadi. 

3. Suhu Makanan yang Berlebihan

Penyebab yang berikutnya adalah makanan yang memiliki suhu berlebihan. Baik makanan yang bersuhu terlalu panas, dingin dan pedas. Ini sejatinya tidak baik dikonsumsi karena bisa menyebabkan sariawan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sama dengan asap rokok makanan dengan suhu ekstrem semacam di atas bisa mengeringkan mineral yang membasahi lidah. Sehingga lidah terlihat lebih kering dan tipis. Ini yang berpeluang memunculkan luka sariawan. 

Penyakit sariawan pasti terjadi jika lidah yang tipis tersebut terluka karena tergigit. Lukanya malah berhasil di-infeksi oleh kuman atau bakteri. Maka sejak saat itu luka semakin besar dan bengkak.

4. Akibat Ketergantungan Obat Kimia

Berhati-hatilah ketika sedang mengkonsumsi obat kimia jenis apapun. Karena itu berpotensi membuat pasien mengalami ketergantungan obat yang berbahaya. Salah satu efeknya ialah memicu munculnya sariawan pada lidah. 

Sariawan ini terjadi akibat interaksi buruk antara lidah dengan zat pada obat. Namun karena terlalu sering mengkonsumsi obat kimia nutrisi lidah tidak mampu lagi menjaga organ dari serangan zat jahat. Akibatnya lidah mengering dan terluka. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika ini yang terjadi tentu penyakit sariawan akan muncul segera. Bahkan keesokan harinya lidah akan terasa nyeri dan perih. Terutama ketika sedang makan maupun saat sedang bangun tidur. 

5. Kurangnya Vitamin Tubuh

Tubuh manusia membutuhkan vitamin yang cukup. Yang mana salah satu fungsinya ialah menjaga organ termasuk lidah dari serangan bakteri maupun kuman. Jika vitamin ini tidak tersedia dengan kadar cukup tentu sariawan akan mudah menyerang. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Karena sariawan sendiri penyebab utamanya adalah bakteri atau kuman. Hewan kasat mata inilah yang akan menginfeksi permukaan lidah yang terlalu kering sehingga menjadi terluka yang nyerinya luar biasa. 

Sedangkan vitamin salah satunya berfungsi menjaga mineral di lidah tetap maksimal. Sehingga pengeringan ekstrem tidak terjadi yang ada kuman atau bakteri bisa terbunuh karenanya. 

6. Menstruasi

Jika sariawan di lidah terjadi pada perempuan umumnya juga disebabkan oleh menstruasi. Hal ini dikarenakan terjadi perubahan hormonal yang ekstrem sehingga sedikit mengubah metabolisme di lidah yang memicu munculnya hawa panas. 

Gejala ini memiliki bentuk kinerja yang sama dengan orang yang mengalami sariawan akibat stres. Perubahan hormonal yang sejatinya telah merusak metabolisme kerja otak untuk mengirim perintah pemanasan alami pada organ di bawahnya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sariawan lidah akibat menstruasi adalah hal yang lumrah terjadi. Makanya pasien tidak perlu merisaukannya dan juga tidak perlu mengobatinya dengan obat kimia. Karena umumnya setelah 1-2 hari penyakit akan sembuh dengan sendirinya. 

Saat ini, tersedia banyak obat yang dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Salah satu yang dapat kamu temukan di pasaran yaitu ALOCLAIR PLUS GEL 8 Ml – Obat Sariawan – LIFEPACK (Rp113.400) yang dijual bebas.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sariawan di lidah merupakan penyakit yang tidak boleh diremehkan. Apalagi jika sudah berminggu-minggu tetapi tetap tidak ada potensi untuk sembuh. Jika ini yang terjadi lebih baik segera datangi dokter. Bisa juga melakukan konsultasi dokter online di Lifepack. Unduh aplikasinya sekarang dan konsultasikan masalah kesehatan Anda dengan dokter Lifepack.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman