fbpx

Inilah Kadar Gula Darah Normal dan Cara Mengontrolnya

Mei 20, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Tahukah Anda, kadar gula darah atau kadar glukosa sangat memengaruhi kondisi tubuh? Maka, setiap orang diusahakan untuk mengontrol kadar gula darahnya supaya tetap stabil sehingga mendukung stamina kerja tubuh dan yang pasti tetap sehat. Masalahnya, apakah Anda tahu ukuran kadar normal gula darah yang dimiliki? 

Sebenarnya, ukuran kadar glukosa ini tidak berpatok pada satu angka baku. Sebab, kadar ini dapat berubah sesuai kondisi atau perilakunya. Misalnya, ketika seseorang makan belum makan dan sudah makan, ukuran kadar normal gula darahnya berbeda. Begitu Pula kadar glukosa saat tidur. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa memeriksa atau mengontrol apakah kadar glukosa yang dimiliki sudah normal atau belum. 

Angka Kadar Normal Gula Darah

Sebelumnya, pahami dulu bagaimana tubuh gula darah dihasilkan dan dibutuhkan. Setelah makan, maka sistem pencernaan akan memecah karbohidrat menjadi gula atau disebut dengan glukosa supaya bisa diserap oleh tubuh. Glukosa ini berperan sebagai sumber energi bagi sel-sel tubuh melalui aliran darah. 

Namun, sebelum glukosa ini mencapai sel tubuh akan melalui pintu dimana hanya dibuka oleh hormon insulin. Insulin ini diproduksi oleh pankreas dan sangat penting untuk membantu metabolisme tubuh. Setelah memasuki sel maka glukosa tersebut akan dibakar menjadi energi. Apabila berlebih, glukosa juga bisa disimpan dalam bentuk lemak dalam hati atau glikogen.

Nah, untuk ukuran kadar normal gula darah berada dalam kisaran berikut ini. 

  • Sebelum makan, normal berkisar 70-130 mg/dL
  • Dua jam setelah makan, normal kurang dari 140 mg/dL
  • Setelah berpuasa selama 8 jam, normal kurang dari 100 mg/dL

Pentingnya Kadar Normal Gula Darah bagi Tubuh

Saking pentingnya, tak heran jika ada perilaku hidup seseorang yang menjaga kadar glukosa supaya tetap normal. Pasalnya, ketika kadar glukosa terlalu rendah (hipoglikemia) atau terlalu tinggi (hiperglikemia) akan berdampak negatif terhadap tubuh. 

Seseorang dikatakan mengalami hipoglikemia ketika kadar gula darahnya dibawah 70 ml/dL. Sedangkan seseorang dikatakan mengalami hiperglikemia ketika kadar gula darahnya lebih dari 200 mg/dL.

Cara Mengontrol Kadar Gula Darah Supaya Tetap Normal

Baik hipoglikemia atau hiperglikemia sangat berbahaya bagi tubuh. Maka, penting untuk mengontrol kadar gula darah supaya tetap normal. Berikut beberapa cara mengontrol kadar glukosa agar tetap normal

Olahraga Rutin

Aktivitas fisik seperti olahraga rutin ini sangat penting guna menjaga kadar gula darah supaya tetap normal. Lakukanlah olahraga secara rutin selama 2.5 jam tiap minggu. Dengan olahraga, akan membantu melatih kekuatan otot supaya mampu menggunakan dan menyimpan gula darah lebih baik. Hal ini penting supaya kadar gula darah tetap normal. Namun, janganlah memforsir tubuh melakukan aktivitas fisik terlalu berat karena bisa berpotensi hipoglikemia.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Ingin Menurunkan Kolesterol? Coba Gunakan 10 Suplemen Ini
Penderita Asam Lambung? Hindari 7 Jenis Makanan Ini
7 Penyebab Diabetes yang Dari Kebiasaan Sehari-Hari
Obat Natrium Diklofenak: Obat Pereda Nyeri Sendi
Produk Sangobion: Dosis, dan Cara Benar Menggunakannya
Gaya Hidup Millennials Yang Menyebabkan Penyakit Kronis

Menjaga Asupan Nutrisi

Selain olahraga yang teratur, penting juga menjaga asupan nutrisi supaya gula darah tetap stabil. Caranya, batasi konsumsi karbohidrat dan perbanyak konsumsi sumber energi lain seperti kacang-kacangan, daging dada ayam tanpa kulit, sayuran, dan kayu manis. Selain menjaga asupan nutrisi, penting juga untuk mengatur pola makan supaya tepat waktu. Jangan sampai baru makan ketika perut terasa lapar karena nantinya Anda akan makan secara berlebihan, akibatnya gula darah akan naik.

Hindari Stress

Rupanya, stress juga memicu kadar gula darah menjadi meningkat. Hal ini karena stress dapat memicu aktivitas metabolisme yang meningkatkan kadar gula darah. Maka, usahakan untuk hindari stress ya!

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis