fbpx

Gejala Diabetes yang Tidak Boleh Diabaikan

Mei 20, 2020 | Diabetes | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Gejala diabetes atau penyakit gula memang tidak banyak diketahui oleh sebagian penderitanya. Tanpa disadari diabetes sedang bersarang dalam tubuh Anda. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Jika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi asupan gula maka hal ini bisa menimbulkan resistensi insulin. Sementara potensi insulin merupakan kondisi yang terjadi pada saat hormon dihasilkan pankreas tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Jika sudah demikian maka hal ini bisa menimbulkan sel-sel tubuh tidak dapat menyerap gula dengan baik. hal ini bisa berdampak adanya penumpukan gula pada darah. Kadar gula yang tidak terkontrol maka dapat mengakibatkan komplikasi diabetes. Oleh sebab itu Anda harus mulai mengenali gejala-gejala diabetes supaya bisa segera ditangani dengan baik.

Ada banyak gejala diabetes yang tidak banyak dikenali oleh para penderitanya, yaitu sebagai berikut ini:

Sering Buang Air Kecil

Terlalu sering buang air kecil bisa menimbulkan tanda bahwa Anda sedang mengalami penyakit diabetes. Secara normal tubuh akan buang air kecil sebanyak 4 hingga 5 kali dalam sehari. Namun jika  Anda buang air kecil lebih dari itu maka Anda harus mewaspadai hal ini dengan sebaik mungkin. Kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi akan dikeluarkan melalui urine. Sehingga jika saat tengah malam Anda tidak bisa menahan pipis maka bisa jadi sebagai tanda bahwa Anda menderita diabetes. Selain itu, sering buang air kecil juga akan disertai rasa haus yang sering.

Lebih Sering Mengantuk

Rasa kantuk yang dialami orang normal dengan orang yang mengalami penyakit diabetes tentu tidaklah sama. Untuk orang normal akan mengalami rasa kantuk ketika berada di kasur atau di dekat bantal. Berbeda dengan penderita diabetes yang ingin tidur pada saat sedang melakukan aktivitas. Jika Anda mengalami hal ini sebaiknya Anda melakukan tes darah untuk memastikan bahwa Anda bukan penderita diabetes.

Mudah Lapar

Penderita diabetes akan merasa lebih mudah lapar, hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi penderita sulit diubah menjadi energi karena hormon insulin yang berkurang. Sementara penderita diabetes sangat disarankan untuk bisa mengontrol pola makan supaya dapat membantu kadar gula darah pada tubuh agar terjaga dengan baik.

Saat sarapan dan sebelum tidur, tubuh memerlukan nutrisi yang tepat. Dengan demikian Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki asupan nutrisi tinggi, lengkap dan seimbang supaya kadar gula dalam darah bisa terkontrol.

Lebih Mudah Lelah

Rasa lelah yang terlalu sering Anda rasakan bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang menderita diabetes. Hal ini dikarenakan makanan yang Anda konsumsi tidak bisa mengubah karbohidrat menjadi energi. Oleh karena itu hal inilah yang menjadikan tubuh lebih mudah lelah.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Ingin Menurunkan Kolesterol? Coba Gunakan 10 Suplemen Ini
Tanda dan Gejala Diabetes Melitus Yang Harus Anda Ketahui
7 Penyebab Diabetes yang Dari Kebiasaan Sehari-Hari
Apa itu Diabetes dan Gejalanya
5 Komplikasi Yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes
Kenali Bahaya Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2!
10 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah

Berat Badan Turun Tanpa Penyebab yang Jelas

Berat badan yang menurun memang seringkali membuat Anda merasa senang. Namun jika berat badan turun secara drastis tentu Anda tidak boleh merasa senang dulu. Karena hal menjadi gejala penyakit diabetes yang menyerang Anda. Terlebih penyebab turunnya berat badan tanpa disertai penyebab yang jelas. Penurunan berat badan secara drastis disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan energi.

Pada gejala diabetes, biasanya juga dapat terjadi kehilangan kemampuan melihat (penglihatan menjadi kabur), sering mengalami mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki, dan luka yang tidak kunjung sembuh.

Penyakit diabetes bisa menyerang siapapun yang tidak bisa mengatur pola gaya hidup yang sehat seperti melakukan aktivitas fisik, kurangi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans, hindari perilaku merokok dan konsumsi alkohol berlebih. Dengan begitu maka penyakit diabetes dapat Anda cegah. Melalui ke 5 gejala yang ada di atas Anda bisa lebih mewaspadai untuk bisa melakukan tindakan yang tepat untuk penanganan sejak dini.

Dapatkan solusi apotek online yang mudah Anda jangkau dimanapun dan kapanpun. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.

Referensi:
U.S National Institute of Health

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis