fbpx

Fakta Penting tentang Cara Menghitung Usia Kehamilan

Mei 19, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Bagi para ibu yang baru pertama kali mengalami kehamilan, cara menghitung usia kehamilan sepertinya sangat membingungkan. Terutama karena terdapat beberapa cara serta fakta lain yang tak diketahui mengenai penghitungan usia kehamilan ini. Kesalahan dalam menghitung usia kehamilan pun nantinya akan memberikan pengaruh cukup besar pada saat pemeriksaan dan mengetahui perkembangan dari janin.

Ketika berbicara mengenai cara menghitung usia kehamilan, yang dipikirkan oleh para ibu sepertinya menghitung dari tanggal terakhir berhubungan seksual. Dokter sendiri akan memperkirakan usia kehamilan berdasarkan dari besar dan keadaan janin. Selain juga dari tanggal pertama menstruasi terakhir.

Hari pertama menstruasi terakhir (HPHT) sebenarnya merupakan cara yang paling sering digunakan oleh dokter untuk menghitung kehamilan. Sayangnya memang tak semua orang mencatat atau pun ingat tentang tanggal hari pertama menstruasi terakhir (HPHT) mereka. Ini yang nantinya membuat dokter memperkirakan usia kehamilan berdasarkan dari ukuran dan juga perkembangan janin. Untuk mengetahui berapa usia kehamilan.

Selain beberapa hal di atas, sebenarnya masih ada beberapa fakta menarik lain mengenai cara menghitung usia kehamilan yang penting diketahui. Hal-hal ini penting diketahui terutama untuk para ibu muda yang baru pertama kali mengandung. Sehingga nantinya mengetahui sebenarnya cara paling tepat untuk menghitung usia kehamilan. Berikut ini beberapa faktanya.

Ketahui Hari Perkiraan Lahir (HPL)

Menghitung usia kehamilan bukan hanya penting untuk mengetahui perkembangan janin serta nantinya melakukan pemeriksaan yang tepat. Mengetahui cara menghitung usia kehamilan juga sangat penting untuk nantinya melakukan perhitungan pada hari perkiraan lahir (HPL). Seperti diketahui, hari perkiraan lahir (HPL) ini juga sama pentingnya untuk proses kehamilan sendiri.

Selain itu mengetahui hari perkiraan lahir (HPL) ini menjadi semakin penting bila merencanakan untuk operasi caesar. Nantinya dokter akan memberikan pertimbangan sendiri pada usia kehamilan berapa sebaiknya proses kelahiran caesar dilakukan. Perhitungan ini sendiri berdasarkan dari hari perkiraan lahir (HPL) yang dihitung dari usia kehamilan sang ibu dengan tepat.

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Cara untuk menghitung usia kehamilan secara tepat dengan menggunakan hari pertama menstruasi terakhir (HPHT) yang dihitung sebagai hari 1. Jadi katakan saja hari pertama menstruasi Anda pada 1 Januari.

Sedangkan untuk perhitungan hari perkiraan lahir (HPL) sendiri berarti antara tanggal 8 Oktober. Perhitungan ini tak akan berpengaruh dengan lama waktu menstruasi atau pun kapan berhubungan seksual. Untuk itu mengetahui tanggal pertama menstruasi sangat penting dalam menghitung usia kehamilan dan juga mengetahui untuk hari perkiraan lahir (HPL).

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Gejala Dini Kanker Prostat yang Wajib Diwaspadai
Mengenal Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Normal
10 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah
Cara Menghitung Detak Jantung
Sering Onani? Berbahaya bagi Kesehatan Reproduksi!
Kenali Penyakit Pneumonia dan Cara Mencegahnya

Usia Kehamilan Tak Sama dengan Usia Janin

Usia kehamilan memang tak sama dengan usia janin. Usia kehamilan merupakan perhitungan untuk mengetahui sejak hari pertama menstruasi untuk menentukan hari perkiraan lahir (HPL) nantinya. Ini sama sekali tak ada hubungan dengan usia janin dan merupakan perhitungan berbeda. Perbedaan perhitungan ini antara lain karena tak bisa ditentukan oleh dokter ataupun bidan sekalipun kapan terjadinya pembuahan.

Sedangkan Usia janin hanya bisa diperkirakan dari ukuran, perkembangan organ, dan juga perubahan fisik ibu. Nantinya usia janin akan mempengaruhi penanganan bila terdapat masalah pada kehamilan. Serta untuk mengontrol tumbuh kembang janin dalam kandungan itu sendiri.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis