fbpx

Penyakit yang Sering Menyerang Sistem Reproduksi Wanita

Mei 20, 2020 | Hidup Sehat, Seks | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Sistem reproduksi seringkali mengalami permasalahan yang disebabkan karena berbagai faktor misalnya seperti bakteri, tumor, virus, zat kimia yang masuk ke dalam tubuh maupun faktor yang lainnya. Penyakit reproduksi tidak hanya menyerang pada pria saja karena untuk wanita pun juga memiliki peluang pada penyakit sistem reproduksi.

Penyakit reproduksi merupakan jenis penyakit yang terjadi dalam organ-organ reproduksi. Untuk organ reproduksi wanita yaitu seperti ovarium, sel telur, vagina, uterus dan tuba fallopi. Jika Anda belum mengetahui jenis penyakit apa saja yang seringkali menyerang wanita silahkan simak ulasan berikut ini:

Vaginitis

Vaginitis merupakan jenis penyakit yang menyerang pada sistem reproduksi wanita pada vagina. Secara umum infeksi pada vagina disebabkan karena adanya mikroorganisme seperti parasit, jamur maupun bakteri. Jenis penyakit vaginitis dapat menyerang pada bagian vagina baik melalui perineum maupun secara langsung. Pada biasanya vaginitis disebabkan oleh adanya jamur Candida albicans, parasit Trichomonas vaginalis, bakteri Gardnerella maupun virus. Gejala yang ditimbulkan dari vaginitis yaitu nyeri pada bagian vagina, iritasi pada vulva, disuria, ruam di bibir vagina, pendarahan pada vagina dan vagina menimbulkan bau busuk.

Condyloma Acuminata

Jenis penyakit sistem reproduksi ini disebabkan karena adanya Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini juga merupakan penyebab dari penyakit kutil. Bagi wanita yang menderita penyakit ini sebaiknya segera ditangani dan diobati. Hal ini dikarenakan condyloma acuminata dapat berkembang menjadi kanker dalam organ rahim wanita.

Penyakit ini biasanya tidak menunjukkan gejala, namun kadang-kadang penyakit ini dapat menyebabkan perdarahan, pruritus, dan nyeri. Penyakit condiloma acuminata umumnya akan menimbulkan penampilan lesi, karena mereka sering menyebabkan tekanan psikologis dan psikoseksual. Munculnya lesi tergantung pada jenis HPV dan tempat infeksinya.

Kanker Ovarium

Kanker ovarium merupakan jenis penyakit pada sistem reproduksi wanita yang berawal dari penyakit kista ovarium yaitu tumor kecil dan jinak dalam rahim. Kista dermoid merupakan jenis kista ovarium yang seringkali terjadi pada wanita. Meskipun kista ovarium tergolong sebagai kanker yang jinak namun jika dibiarkan akan terus berkembang dan tumbuh menjadi besar dan lebih ganas sehingga hal ini bisa menjadi penyakit kanker ovarium.

Apabila kanker ovarium berukuran semakin besar, maka hal ini bisa menyebabkan adanya kelainan dari letak janin. Kanker ovarium biasanya disebabkan karena gaya hidup yang salah misalnya seperti mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, kurangnya olahraga dan penyebab lainnya. Pada wanita yang mengalami kanker ovarium biasanya ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Organ Reproduksi dan Macam-Macam Penyakitnya
Fakta Penting tentang Cara Menghitung Usia Kehamilan
Gejala Dini Kanker Prostat yang Wajib Diwaspadai
Mengenal Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Normal
Sering Onani? Berbahaya bagi Kesehatan Reproduksi!
Waspada Keputihan Saat Hamil Bisa Menimbulkan 4 Hal Buruk
Bahaya Merokok Terhadap Kesuburan Pria dan Wanita

Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi wanita dan hal ini sudah umum terjadi. Penyakit ini bisa menyerang wanita karena sel-sel abnormal yang berkembang dalam lapisan epitel servik. Sementara sel abnormal terus tumbuh menjadi ganas. Jika hal ini dibiarkan maka bisa membuat jaringan di sekitar leher rahim menjadi tidak berfungsi dengan baik. 

Gejala dari kanker serviks berupa pendarahan vagina yang tidak normal, seperti pendarahan setelah hubungan seksual, pendarahan setelah menopause, pendarahan saat sedang tidak menstruasi, atau memiliki periode (menstruasi) yang lebih lama dari biasanya. Selain itu juga dapat terjadi keputihan yang tidak biasa yang disertai darah, dan mengalami nyeri panggul. Untuk pengobatan yang dilakukan yaitu dengan pengangkatan rahim, ovarium, oviduk sepertiga dari vagina bagian atas.

Penyakit pada bagian sistem reproduksi manusia tidak boleh dianggap remeh. Hal ini dikarenakan mengingat pentingnya sistem reproduksi manusia baik itu wanita maupun pria. Oleh sebab itu jika mengalami permasalahan pada bagian sistem reproduksi maka sebaiknya segera melakukan tindakan medis supaya bisa mendapat penanganan yang tepat dan secepat mungkin.

Dapatkan obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention
Condyloma Acuminata
American Cancer Society

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis