fbpx

Ini Dia Manfaat Minoxidil, Obat yang Dapat Atasi Kebotakan

Okt 23, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Anda salah satu yang mengalami kebotakan rambut? Mungkin berbagai cara telah anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Tapi pernahkah anda mencoba obat minoxidil? Ya, obat yang satu ini memang dikenal akan manfaatnya untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan pada pria dan wanita. 

Namun Apakah itu saja manfaat dari obat minoxidil? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini. 

Manfaat Obat Minoxidil

Bagi laki-laki, mungkin anda sering mendengar merk kirkland? Ya, merk obat ini biasanya memang sering digunakan untuk menumbuhkan brewok atau kumis pada laki-laki. Tapi Tahukah Anda bahwa merk obat kirkland mengandung minoxidil? 

Obat minoxidil merupakan obat yang tersedia dalam bentuk oral dan topikal. Dalam bentuk oral obat ini biasanya digunakan sebagai obat penurun tekanan darah atau untuk penderita hipertensi (Baca juga Mengenal Lisinopril, Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi). Obat minoxidil yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah bekerja dengan cara cara melakukan pelebaran pada pembuluh darah sehingga mengurangi resistensi vaskular perifer. 

minoxidil, kirkland minoxidil, biotin minoxidil
Obat minoxidil dikenal akan manfaatnya untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan pada pria dan wanita.

Sedangkan obat dalam bentuk topikal biasanya digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan pada pria dan wanita. Sama seperti fungsinya untuk menurunkan tekanan darah, cara kerja obat minoxidil topikal adalah dengan melebarkan pembuluh darah sehingga folikel rambut dapat asupan nutrisi dan oksigen yang cukup. Oleh sebab itu obat ini dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan sangat baik.

Obat minoxidil yang digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut biasanya tersedia dalam bentuk salep, gel, dan foam. Selain itu obat ini juga dapat digunakan bersamaan dengan biotin atau vitamin B yang dapat larut dalam air. Biotin minoxidil dipercaya dapat mengatasi kebotakan dengan cara menguatkan dan memperlebat rambut. Namun untuk mencegah terjadinya dampak buruk akibat penggunaan obat ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu penggunaan biotin minoxidil kepada dokter atau apoteker.

Dosis Obat Minoxidil

Hipertensi

  1. Penggunaan obat minoxidil untuk hipertensi pada orang dewasa biasanya dikombinasikan dengan beberapa obat lainnya. Umumnya penggunaan obat ini akan dikombinasikan dengan obat-obatan Beta blocker, metildopa, dan diuretik. Penggunaan pada orang dewasa diberikan 5 mg minoxidil yang dikonsumsi 1 kali sehari. Jumlah maksimal penggunaan obat ini adalah 100 mg per hari. Namun perlu diingat bahwa penggunaan obat ini ini harus menggunakan resep dokter. 
  2. Penggunaan obat minoxidil untuk hipertensi pada anak kurang dari 12 tahun juga biasanya  dikombinasikan dengan beberapa obat-obatan lain seperti obat beta bloker, metildopa, dan obat diuretik. 

Mengatasi Kebotakan

Penggunaan obat minoxidil dalam mengatasi kebotakan pada orang dewasa biasanya nya dalam bentuk larutan 2% hingga 5%. Jika dalam bentuk larutan, aplikasikan 1 ml obat minoxidil pada kulit kepala sebanyak 2 kali sehari. Sedangkan dalam bentuk busa atau foam aplikasikan minoxidil 5% setengah takaran tutupnya ke kepala sebanyak 2 kali sehari.

Pada wanita, penggunaan obat minoxidil 2% diaplikasikan ke kepala sebanyak 2 kali sehari. Penggunaan minoxidil dalam bentuk busa atau foam 5% sebaiknya diaplikasikan dengan takaran setengah tutup botol ke kulit kepala sebanyak 1 kali sehari.

Efek Samping

Meski di banyak digunakan terutama dalam mengatasi kebotakan rambut, obat minoxidil memiliki beberapa efek samping. Efek samping yang muncul pada setiap orang mungkin saja berbeda. Hal ini karena dosis atau bentuk sediaan minoxidil yang digunakan. Namun secara umum obat minoxidil ini dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti : 

  1. Muncul ruam kemerahan
  2. Sakit kepala
  3. Vertigo (Baca juga Mengenal Tanda-Tanda dan Gejala Penyakit Vertigo)
  4. Sensasi terbakar pada kulit
  5. Bengkak pada bibir atau area wajah
  6. Gatal
  7. Nyeri dada
  8. Mual atau muntah
  9. Jantung berdebar-debar

Efek samping yang Anda rasakan dapat menjadi serius. Oleh karena itu segera ke pelayanan kesehatan jika anda memiliki gejala efek samping yang parah seperti berikut ini : 

  1. Nyeri dada 
  2. Kesulitan bernapas 
  3. Terjadi pembengkakan pada kaki 
  4. Jantung berdebar-debar 
  5. Mati rasa 
  6. Sakit kepala 
  7. Penglihatan menjadi kabur 
  8. Kesulitan berbicara
  9. Demam disertai sakit tenggorokan, dan sakit kepala 
  10. Ruam kemerahan 
  11. Timbul memar pada kulit 
  12. Kehilangan kesadaran 

Peringatan

Minoxidil merupakan obat resep sehingga penggunaannya memerlukan resep dari dokter. Jangan menambah atau mengurangi dosis obat ini ini tanpa sepengetahuan dokter. Simpan obat ini di suhu yang sejuk dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. 

Konsultasikan penggunaan obat ini jika anda memiliki beberapa masalah kesehatan seperti gangguan hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung (Baca juga Gagal Ginjal Kronis). Anda juga perlu mengkonsultasikan penggunaan obat ini kepada dokter atau apoteker jika anda dalam kondisi hamil, menyusui, atau akan melakukan program. Beritahu dokter jika anda sedang mengkonsumsi obat, suplemen atau vitamin lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya interaksi obat di dalam tubuh. 

Beritahu dokter Jika anda memiliki alergi terhadap minoxidil, obat-obatan hipertensi, atau bahan-bahan lainnya yang terdapat dalam obat ini. Hentikan penggunaan obat minoxidil jika Anda mengalami gejala efek samping seperti yang telah disebutkan di atas. Segera ke pelayanan kesehatan jika anda merasa gejala efek samping semakin memburuk. 

Pastikan Anda memahami benar bagaimana cara penggunaan obat ini dan cara menyimpannya. Jika Anda belum memahami benar, tanyakan pada dokter atau apoteker untuk menghindari kesalahan informasi dalam penggunaan obat ini. 

Selain gejala efek samping di atas, efek samping akibat penggunaan obat ini adalah rasa kantuk. Oleh karena itu, pastikan anda tidak sedang mengendarai kendaraan atau mengoperasikan mesin dan alat berat lainnya hingga efek samping dari obat minoxidil benar-benar hilang. 

Jika Anda menggunakan minoxidil untuk mengatasi tekanan darah yang tinggi, Maka periksakan tekanan darah Anda secara berkala untuk memastikan apakah obat ini efektif dalam menurunkan tekanan darah Anda. Jika tekanan darah justru semakin naik, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan mengetahui penyebab dari peningkatan tekanan darah tersebut. 

Itulah informasi mengenai obat minoxidil, manfaat, dosis, efek samping, dan hal-hal yang perlu anda perhatikan sebelum mengkonsumsi obat ini. Jika anda mengalami gejala efek samping diatas segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis