fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Pernahkah Anda mendengar istilah “Betaine”? Atau justru Anda kurang familiar dengan istilah yang satu ini? Padahal betaine merupakan salah satu asam amino yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung loh! (Baca juga Bahaya Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya)

Lalu apa sih sebenarnya betaine ini? Apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Simak penjelasannya berikut ini.

Informasi

Betaine merupakan salah satu asam amino yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Senyawa yang satu ini merupakan asam amino natural yang terkandung dalam ekstrak gula bit. Gula bit merupakan tanaman yang berbentuk seperti lobak dengan rasa manis yang khas. Betaine tersedia dalam bentuk suplemen yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. 

Jika sebelumnya disebut-sebut mampu dalam mencegah penyakit jantung, senyawa yang satu ini juga memiliki manfaat baik lainnya loh! Senyawa ini merupakan senyawa yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan massa otot dan meningkatkan sintesis protein dalam tubuh.

betaine
Pernahkah Anda mendengar istilah Betaine? Betaine merupakan salah satu asam amino yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung.

Selain itu, betaine juga mampu menjaga fungsi hati, mendetoksifikasi fungsi seluler dalam tubuh, dan membantu tubuh dalam metabolisme lemak. Hal ini karena dapat berperan dalam mengubah homocysteine dalam darah menjadi methionine. Homocysteine merupakan salah satu senyawa asam amino yang jika jumlahnya berlebihan dalam tubuh dapat menimbulkan plak-plak dalam pembuluh darah (aterosklerosis) (Baca juga Mengenal Aterosklerosis, Penyumbatan Pembuluh Darah Penyebab Penyakit Jantung). Aterosklerosis yang berkembang dapat meningkatkan risiko Anda terhadap penyakit jantung, stroke, dan hipertensi (Baca juga Cara Mendeteksi dan Mengatasi Hipertensi).

Dosis

Penggunaan suplemen betaine tidak bisa sembarangan. Sebaiknya ikuti aturan pemakaian yang tertera pada label kemasan atau konsultasikan kepada dokter dan nutrisionis. Berikut dosis penggunaan betaine untuk pengobatan hiperhomocyteniemia : 

  1. Orang Dewasa : Penggunaan suplemen betaine pada orang dewasa biasanya sebanyak 3 gram serbuk betaine yang dilarutkan dalam 120-180 ml air atau dicampurkan ke dalam makanan.
  2. Anak Usia > 3 Tahun : Penggunaan suplemen betaine pada anak usia > 3 tahun biasanya diberikan dengan dosis 3 gram serbuk betaine yang dilarutkan dalam 120-180 ml air atau dicampurkan ke dalam makanan.
  3. Anak Usia < 3 Tahun : Penggunaan suplemen betaine pada anak usia < 3 tahun biasanya diberikan dosis yang disesuaikan dengan berat badan atau anjuran dokter.

Kontraindikasi

Interaksi Obat

Belum diketahui secara pasti kontraindikasi yang dihasilkan akibat konsumsi biotin dengan obat-obatan lain. Namun sebaiknya jangan konsumsi suplemen betaine dengan obat-obatan lain atau suplemen jenis lainnya secara bersamaan. 

Kelompok Berisiko

Konsultasikan penggunaan suplemen ini kepada dokter atau nutrionis jika digunakan pada ibu hamil dan menyusui atau dengan orang dengan kondisi tertentu seperti orang dengan gangguan hati dan penyakit ginjal.

Efek Samping

Meski jarang terjadi, konsumsi suplemen betaine dapat menimbulkan efek samping pada beberapa orang. Gejala efek samping dapat berupa gejala yang ringan, sedang, hingga berat. Umumnya gejala efek samping yang terjadi akibat konsumsi suplemen ini adalah :

  1. Mual
  2. Diare (Baca juga Diare: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan)
  3. Sakit perut
  4. Bau badan

Efek samping akibat konsumsi suplemen betaine dapat memburuk. Segera periksakan diri ke pelayanan kesehatan jika gejala efek samping menjadi :

  1. Muncul ruam
  2. Kelemahan otot
  3. Kesulitan dalam berbicara
  4. Gangguan keseimbangan
  5. Penglihatan kabur
  6. Kehilangan kesadaran

Cara Penggunaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan suplemen ini dapat dicampurkan ke dalam air 120-180 ml atau dicampurkan ke dalam makanan. Anda dapat mencampurkan suplemen ini ke dalam jus atau susu.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis