fbpx

Ondansetron HCl: Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya

Okt 23, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Mungkin anda adalah salah satu orang yang sering mengalami mual atau muntah. Rasa mual dan muntah biasanya muncul akibat mabuk perjalanan hingga akibat terapi pengobatan suatu penyakit seperti kemoterapi, radioterapi, atau operasi. Biasanya rasa mual dan muntah akibat terapi pengobatan akan diberikan obat anti muntah seperti obat ondansetron HCl (Baca juga Mengenal Vometa, Obat Anti Muntah yang Ampuh).

Obat ondansetron HCl merupakan obat yang sering digunakan untuk mencegah rasa mual dan muntah yang disebabkan oleh pengobatan kanker seperti kemoterapi dan radioterapi. Namun Apakah obat Ini aman untuk dikonsumsi? Berapa dosis yang tepat? Dan apa saja efek sampingnya?

Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini.

Apa Itu Ondansetron?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa obat ondansetron HCl adalah obat yang sering digunakan untuk mencegah rasa mual dan muntah akibat efek samping pengobatan kanker. Obat ini ini juga digunakan untuk mencegah dan mengatasi muntah setelah tindakan operasi. 

ondansetron HCl
Obat ondansetron HCl merupakan obat yang digunakan untuk mencegah rasa mual dan muntah yang disebabkan oleh kemoterapi dan radioterapi.

Ondansetron merupakan obat golongan antiemetik kelas 5-HT3 blocker yang bekerja dengan cara memblokir zat serotonin dalam tubuh untuk mencegah rasa mual dan muntah. Obat ini merupakan kan obat resep yang mana penggunaannya harus memerlukan resep dokter. Obat ini bisa dikonsumsi secara tunggal maupun dikombinasikan dengan obat-obatan lain. Bentuk sediaan dari obat ondansetron sendiri tersedia dalam bentuk ondansetron tablet dan disintegrating. 

Dosis Ondensetron

Sebelum menggunakan obat ini perlu diperhatikan bahwa obat ini merupakan obat resep yang mana penggunaannya menggunakan resep dan di bawah pengawasan dokter. Penggunaan obat ini sendiri dosisnya tergantung pada ada bentuk sediaan, kondisi kesehatan, dan penyebab mual atau muntah. Namun terdapat beberapa rekomendasi dosis yang biasa diberikan oleh dokter, antara lain : 

Orang Dewasa

  1. Kemoterapi : Pada mual dan muntah yang disebabkan kemoterapi, penggunaan dosis ondansetron tablet sebanyak 24 mg yang diminum 30 menit sebelum kemoterapi. Obat ini biasanya dikonsumsi selama 1-2 hari sampai gejala efek samping mual dan muntah hilang.
  2. Kemoterapi dengan efek emetogenik : Diberikan dosis ondansetron sebanyak 24 mg dosis tunggal yang diberikan 2 jam sebelum kemoterapi.
  3. Radioterapi total : Untuk mual dan muntah yang disebabkan oleh radioterapi, penggunaan dosis ondansetron sebanyak 8 mg yang dikonsumsi 1-2 jam sebelum radioterapi.

Lansia di Atas 75 Tahun

  1. Ondansetron suntik : Diberikan dosis awal 8 mg yang disuntikkan secara intravena selama 15 menit. Kemudian dosis lanjutan penggunaan obat injeksi ini adalah 8 mg yang diberikan setiap 4 jam.

Anak-Anak

  1. Dosis ondansetron injeksi untuk anak-anak berusia di atas 6 bulan diberikan sebanyak 0,15 mg/kgBB dengan dosis maksimal 8 mg melalui injeksi intravena sebelum melakukan kemoterapi.

Kontraindikasi Obat

Obat ondansetron HCl dapat menimbulkan kontraindikasi pada beberapa kondisi seperti pasien dengan sindrom QT panjang bawaan dan pasien dengan hipersensitivitas terhadap obat ondansetron. 

Obat ini juga dapat menimbulkan kontraindikasi terhadap obat-obatan lain seperti apomorfin, fluoxetine, paroxetine, votamin dan obat herbal lainnya. Pastikan Anda mengkonsultasikan penggunaan obat ini, terutama ketika anda mengkonsumsi, vitamin, dan suplemen lain. 

Selain itu obat ini juga dikontraindikasikan terhadap beberapa apa orang yang masuk ke dalam kelompok berisiko seperti pasien dengan gangguan hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. Penggunaan ondansetron untuk ibu hamil juga perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Efek Samping

Penggunaan obat ondansetron dapat menimbulkan efek samping pada beberapa orang. Efek samping yang paling umum dari penggunaan obat ini adalah rasa kantuk namun terdapat beberapa efek samping lainnya seperti : 

  1. Sakit kepala 
  2. Diare (Baca juga Diare: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan)
  3. Sembelit
  4. Kelelahan tanpa sebab yang jelas

Pada beberapa kasus efek samping yang dialami pengguna obat ini dapat menjadi parah. Anda perlu segera menemui dokter atau ke pelayanan kesehatan jika mengalami reaksi gejala efek samping seperti berikut : 

  1. Kram dan kaku pada otot 
  2. Nyeri pada dada 
  3. Kesulitan bernafas 
  4. Penglihatan menjadi buram 
  5. Muncul ruam
  6. Demam
  7. Kehilangan kesadaran 

Cara Penyimpanan Obat Ondansetron

Obat ondansetron perlu disimpan ditempat yang memiliki suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari tempat yang terpapar cahaya matahari secara langsung. Anda juga perlu menyimpan obat ini di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak. 

Peringatan

Sebelum mengonsumsi atau menggunakan obat ondansetron, terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Pertama-tama pastikan bahwa anda memahami betul Bagaimana cara penggunaan dan dosis obat ini. Tanyakan kepada dokter atau apoteker jika Anda belum memahami benar bagaimana cara penggunaan dan dosis dari obat ini. 

Jangan mengurangi atau menambah kan dosis tanpa sepengetahuan dokter. Konsultasikan kepada dokter Jika anda memiliki beberapa masalah kesehatan seperti gangguan hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. Anda juga perlu mengkonsultasikan penggunaan obat ini jika anda dalam kondisi hamil, menyusui, atau akan melakukan program kehamilan. 

Jangan konsumsi obat ini bersamaan dengan obat-obatan lain, vitamin dan suplemen tanpa sepengetahuan dokter. Jauhkan obat-obatan ini dari jangkauan anak-anak. Simpan obat di suhu ruangan dan jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung. 

Itulah informasi mengenai obat ondansetron yang sering digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah. Segera periksakan diri ke dokter atau ke pelayanan kesehatan jika anda mengalami gejala efek samping. Jika gejala efek samping semakin parah seperti tanda-tanda diatas maka segera pergi ke UGD (Unit Gawat Darurat) untuk mendapat penanganan lebih lanjut. 

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis