fbpx

Gejala Stroke Ringan yang Harus Anda Waspadai

Okt 12, 2020 | Stroke | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Menurut WHO stroke merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Diperkirakan terdapat 17,9 juta kematian setiap tahunnya akibat stroke. Bahkan WHO juga menyebutkan Penyakit ini menyebabkan kecacatan terbesar pada penderitanya.

Prof merupakan kematian mendadak pada sel-sel otak akibat kekurangan oksigen. Darah mengandung oksigen. Ketika terjadi stroke, pembuluh darah dapat pecah atau tersumbat sehingga darah tidak mengalir ke otak dan dan otak mengalami kekurangan oksigen. 

Jenis-Jenis Stroke

Stroke merupakan penyakit kronis serius yang terjadi dalam jangka wakftu yang panjang. Penyakit stroke terdiri dari beberapa jenis, antara lain: 

Stroke Hemoragik

Jenis Stroke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah secara mendadak. Darah yang menumpuk dapat merusak jaringan otak dan sekitarnya. Biasanya stroke jenis ini disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan aneurisma. Stroke hemoragik memiliki beberapa faktor risiko yaitu itu masih lanjut, konsumsi alkohol berlebih, dan hipertensi (Baca juga Stroke Hemoragik: Gejala, Penyebab, Diagnosa, dan Pengobatan).

Stroke Iskemik

Selai stroke hemoragik juga terdapat stroke iskemik. Stroke iskemik terjadi akibat gumpalan darah atau partikel lain yang menyumbat pembuluh darah ke otak. Stroke iskemik biasanya disebabkan oleh plak yang menumpuk pada pembuluh darah sehingga menyebabkan penyumbatan aliran darah atau pembuluh darah pecah (Baca juga Apa Itu Stroke Non Hemoragik?). 

Transient Ischemic Attack (TIA)

Transient Ischemic Attack (TIA) atau stroke ringan berbeda dengan jenis stroke lainnya. Stroke ini disebabkan oleh aliran darah ke otak yang tersumbat. Stroke ringan atau TIA terjadi dalam waktu yang  yang singkat, umumnya tidak lebih dari 5 menit. 

Meski ringan, stroke ini dapat berkembang dan berbahaya bagi tubuh. Simak selengkapnya tentang stroke ringan pada ulasan yang telah dibuat Tim Lifepack berikut ini.

Stroke Ringan Merupakan  Peringatan Awal Stroke

Stroke ringan memiliki gejala yang sama seperti stroke, berisi karena gumpalan akan larut secara alami atau terlepas dari penyumbatan pembuluh darah. Meskipun ringan jenis ini biasanya tidak menyebabkan kerusakan otak jangka panjang. Biasanya stroke ringan berlangsung kurang dari 24 jam dan diikuti dengan pemulihan yang penuh. 

Stroke ringan merupakan peringatan yang kuat bahwa suatu area di otak sedang kekurangan darah dan dapat terjadi stroke dalam beberapa jam, hari, minggu, atau bulan. Selain itu stroke ringan merupakan gejala awal stroke yang perlu Anda ketahui dan segera periksakan diri untuk mendapat penaganan segera.

Gejala Stroke Ringan

gejala-stroke-ringan

Gejala spesifik dari stroke ringan tergantung pada area mana dalam otak yang mengalami kekurangan darah atau oksigen. Namun gejala stroke ringan umum yang sering timbul pada stroke ringan berupa :

  1. Gangguan penglihatan seperti kabur, atau kemampuan melihat yang berkurang
  2. Mati rasa pada wajah, atau pada beberapa anggota tubuh
  3. Mengalami kelemahan di sebagian sisi tubuh atau keseluruhan tubuh
  4. Kesulitan berbicara
  5. Kesulitan memahami pembicaraan
  6. Sakit kepala
  7. Sakit perut
  8. Mual dan muntah

Faktor Risiko Stroke Ringan

Stroke ringan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu faktor yang dapat dikendalikan dan faktor yang tidak dapat dikendalikan. Faktor yang dapat dikendalikan adalah gaya hidup seperti konsumsi alkohol berlebih, perilaku merokok, konsumsi garam berlebih, konsumsi lemak trans dan jenuh berlebih, dan kurangnya aktivitas fisik. Faktor risiko yang tidak bisa dikendalikan seperti jenis kelamin (wanita), usia lanjut, dan riwayat keluarga yang pernah mengalami stroke. 

Profilnya tidak dapat disepelekan karena dapat menimbulkan stroke. Stroke berisiko tinggi terjadi jika stroke ringan berlangsung lebih dari 10 menit,  gejala stroke termasuk kelemahan dan permasalahan dalam bicara, tekanan darah yang tinggi, dan diabetes. 

Kenali Stroke

Ketika stroke terjadi pada Anda atau orang-orang di sekitar Anda, mungkin Anda akan mengalami panik dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Terdapat cara yang dapat membantu Anda mengidentifikasi ciri gejala stroke. Sehingga Anda akan lebih mudah mengenali stroke dan mengetahui apa yang harus Anda lakukan. Anda dapat mengidentifikasi ciri gejala stroke dengan FAST.

Facial weakness : Periksalah wajah orang yang mengalami stroke. Apakah salah satu sisi wajah kaku atau menurun?

Arm weakness : Bisakah penderita mengangkat kedua tangannya?

Speech difficulty : Apakah ketika mereka berbicara tidak beraturan? Mampukah mereka memahami apa yang Anda katakan?

Time : Jika Anda melihat tanda-tanda di atas, segera bawa orang tersebut ke pelayanan kesehatan untuk segera mendapat penanganan.

Itulah informasi mengenai gejala stroke ringan yang harus Anda waspadai. Kenali stroke dan jangan panik ketika itu terjadi pada orang-orang terdekat Anda. Lakukan identifikasi dan segera bawa orang tersebut ke pelayanan kesehatan untuk mendapat penanganan.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi:

Better Health Channel. Transient Ischaemic Attack (TIA). Diakses pada 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis