fbpx

Fosfomycin Trometamol

Sep 28, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf F | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Informasi

Fosfomycin Trometamol terkandung dalam Monuril yang merupakan antibiotik dalam pengobatan juga sebagai pencegah infeksi saluran kemih bagian bawah yang disebabkan bakteri Str. Faecalis dan E. Coli. Zat aktif Fosfomycin Trometamol merupakan antibiotika spektrum luas yang dapat menghambat enzim enolpyruviltransferase dengan efek bakterisidalnya. Mikro organisme gram negatif dan positif dapat dilawan secara aktif oleh fosfomycin. Kegunaan Fosfomycin Trometamol adalah untuk mengobati gangguan saluran kemih yang akut pada wanita yang berusia lebih dari 18 tahun. Juga dalam rangka mencegah infeksi saluran kemih bagian bawah dalam manuver transurethral.

Fosfomycin trometamol atau merek dagangnya Monorail atau Monorel, di berbagai negara di penjuru dunia sepakat digunakan sebagai salah satu obat untuk mengatasi ISK (Infeksi Saluran Kemih) tanpa komplikasi. Dosis tunggal fosfomycin trometamol yang disetujui adalah oral 3 gram dan mencapai tingkat konsentrasi yang tinggi dalam urin. Fosfomycin trometamol dengan dosis tunggal biasanya dapat diterima dengan baik, dan dilaporkan bahwa efek samping paling umum yang timbul adalah gastrointestinal (seperti mual dan diare). Dapat ditarik kesimpulan bahwa dosis tunggal Fosfomycin trometamol merupakan pilihan yang cukup krusial dalam rangka pengobatan awal pada ISK (Infeksi Saluran Kemih) rendah tanpa komplikasi. 

Dosis

Ukuran satuan berat ataupun volume (contohnya miligram, gram) dari produk kesehatan seperti multivitamin, obat, suplemen, dan lain-lain yang harus dikonsumsi pada kondisi medis tertentu juga frekuensi pemberiannya. Dosis diberikan/diresepkan oleh dokter berdasarkan kondisi pasien seperti riwayat kesehatan, berat badan, umur, keadaan khusus seperti alergi, dan sebagainya. Sedangkan aturan pakai merupakan panduan bagi dokter dalam meresepkan obat dan bagi pasien merupakan panduan dalam mengkonsumsinya.

Dosis Fosfomycin Trometamol untuk dewasa:

  • 1 sachet 3gr untuk infeksi saluran kemih bagian bawah tanpa komplikasi.
  • 1 sachet 3gr untuk pengobatan infeksi saluran kemih bagian bawah akut wanita yang berusia di atas 18 tahun dosisnya adalah 1 sachet 3gr
  • Untuk mencegah infeksi saluran kemih maka dosisnya adalah 1 sachet 3gr dilakukan 3 jam sebelum prosedur dan dosis kedua dikonsumsi 24 jam setelah yang pertama.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

  • Mengkonsumsi tembakau 
  • Mengkonsumsi alkohol 

Kelompok Orang Berisiko

  • Ibu hamil
  • Ibu menyusui
  • Para penderita fungsi ginjal 
  • Orang yang hipersensitif pada fosfomycin

Efek Samping

Tubuh dapat mentoleransi obat Fosfomycin Trometamol dengan baik dan memiliki efek samping yang relatif rendah. Sayangnya, bakteri terkadang menjadi kebal terhadap obat ini dalam kaitannya dengan penggunaan obat ini. Itulah sebabnya Fosfomycin tidak sesuai digunakan untuk terapi infeksi parah yang berkesinambungan. Anak-anak juga tidak dianjurkan mengkonsumsi obat ini sebagaimana para lanjut usia di atas 75 tahun. 

Jangan tunda berkonsultasi pada dokter bila muncul tanda-tanda alergi, seperti bengkak pada daerah sekitar wajah bahkan sampai lidah dan tenggorokan, gatal-gatal, atau sulit bernafas. Hindarkan diri dari mengemudi ketika mengalami kondisi pusing, mengantuk, gangguan pernapasan dan penglihatan, jantung berdebar, dan lain-lain. Ingat untuk membiasakan diri berkonsultasi pada dokter bila mengkonsumsi obat-obatan.

Cara Konsumsi

Fosfomycin wajib dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. waktu yang dianjurkan adalah 1 jam atau 2 jam sebelum makan. Bila memilih mengkonsumsi sebelum tidur, maka kosongkan terlebih dahulu kandung kemih. Fosfomycin dikonsumsi dengan cara dilarutkan dalam air. Namun, jika terlupa mengkonsumsi pada jadwal yang telah ditentukan, segera minum bila waktunya berdekatan dengan jadwal yang terlewat. Sedangkan bila terlupa jauh dari jadwal yang seharusnya, konsumsi saja pada waktu berikutnya tanpa menggandakan dosis. Nyalakan reminder smartphone untuk meminimalisir kemungkinan terlewat jadwal.

Fosfomycin trometamol merupakan obat antibiotik, karenanya harus digunakan sesuai takaran yang diberikan. Biasanya dokter akan meresepkan dengan keterangan ‘dihabiskan’. Artinya takaran dan frekuensi yang diberikan oleh dokter harus dilengkapi sampai obat benar-benar habis. fungsinya agar bakteri, virus, maupun jamur yang menyerang, tidak menjadi kebal akan obat ini. Bila sudah kebal, maka bila suatu saat mengkonsumsinya lagi, akan lebih sulit mendapat kesembuhan.
Agar khasiat obat tidak berkurang atau malah berubah atahu hilang, maka patuhilah aturan yang telah ditetapkan sesuai yang diberikan. Untuk obat yang mengandung fosfomycin, simpan obat di tempat yang sejuk, jauh dari panas dan kelembapan. Hindari juga terpapar sinar matahari. Jauhkan dari jangkauang anak-anak agar tidak sampai dikonsumsi anak-anak secara tidak sengaja. Petunjuk cara penyimpanan, biasa dapat ditemukan pada kemasan obat. 

Apabila Fosfomycin Trometamol telah kadaluarsa, hubungi Dinas Kesehatan terdekat untuk mendapat informasi bagaimana menangani obat tersebut. Ingat selalu untuk tidak membuangnya di tempat pembuangan sampah, saluran air toilet, wastafel, agar tidak mencemari lingkungan hidup. Jangan sampai membuang obat dalam keadaan utuh. Fakta yang terjadi di lapangan adalah obat-obat kadaluarsa yang masih utuh, banyak yang dikemas ulang untuk dijual kembali oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Bayangkan bila ada orang sakit yang mengkonsumsinya. Tentu sangat berbahaya.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis