fbpx

AIuminium Subacetate

Sep 28, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf A | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Al Subacetate atau aluminium subacetate adalah suatu komponen garam pada obat tertentu yang diindikasikan untuk perawatan iritasi kulit ringan serta kondisi lainnya. Meskipun masih terbilang asing dengan komponen suatu obat, Anda dapat menemukannya dalam keterangan komposisi obat tertentu. Keterangan tersebut juga lengkap dengan konsentrasinya.

Informasi

Setiap obat pasti ditujukan untuk mengatasi kondisi tertentu. Dalam penerapannya di dunia medis, kandungan aluminium subacetate ini digunakan sebagai bahan penyusun obat iritasi kulit ringan. Dalam praktiknya, komponen ini terdapat pada obat anti peradangan.

Dengan demikian, obat wasir akut, iritasi kulit karena alergi, fisura anus, proctitis, dan iritasi lainnya, dapat diobati dengan obat yang di dalamnya terkandung aluminium subacetate ini. Berdasarkan pembagiannya, obat yang mengandung komponen ini dimasukkan ke dalam golongan obat keras.

Salah satu komponen obat keras ini terdapat pada obat berbentuk salep. Anda bisa menemukannya di apotek dan swalayan yang menyediakan. Dalam penggunaannya, Anda bisa memperhatikan keterangan dalam kemasannya. Informasi harga obat juga sudah bisa dicek lewat situs toko online ataupun langsung di apotek atau toko yang menjualnya.

Dosis

Setiap obat pasti mempunyai dosisnya atau batas pemakaiannya masing-masing. Anda wajib mengetahui dosis dari obat apa saja yang dikonsumsi atau digunakan. Hal ini terkait dengan risiko yang dapat dialami akibat pemakaian obat secara berlebihan. Anda harus menyesuaikan pemakaian dengan dosis yang sudah diterapkan.

Untuk obat golongan keras yang mengandung Aluminium subacetate ini harus menggunakan resep dokter. Hal ini dikarenakan obat dalam golongan keras hanya dapat digunakan jika diresepkan oleh dokter. Dalam hal ini, dokter tentu menentukan dosis yang sesuai untuk Anda.

Dari segi dosis, obat yang mengandung aluminium subacetate ini mempunyai aturan pengolesan tertentu setiap harinya. Aturannya yaitu mengoleskan ke bagian yang terkena iritasi, peradangan, atau pembengkakan, sebanyak 2-4 kali dalam sehari.

Jika mematuhi aturan dosis tersebut, maka kondisi iritasi, peradangan, atau pembengkakan yang dialami dapat segera disembuhkan. Patuh pada aturan dosis obat tersebut juga aman untuk kesehatan karena menjauhkan Anda dari efek samping pemakaian obat.

Lebih dari itu, overdosis akibat pemakaian obat justru akan mengakibatkan kekebalan terhadap obat itu sendiri. Jika sudah terjadi hal seperti ini, kondisi sakit yang dialami akan lebih sulit disembuhkan apabila menggunakan dosis yang sama. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan obat yang dosisnya lebih tinggi. Kondisi ini justru akan lebih merugikan, bukan?

Efek Samping

aluminium-subacetate
Aluminium subacetate adalah komponen garam pada obat tertentu yang diindikasikan untuk perawatan iritasi kulit ringan serta kondisi lainnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tetap terdapat efek samping pada pemakaian obat yang mengandung Aluminium subacetate ini. Apabila pengguna tidak mematuhi aturan dosisnya, maka akan mengalami overdosis yang dapat memperparah gejala, keracunan, atau justru menimbulkan reaksi kekebalan pada dosis yang sama.

Berkaitan dengan efek samping yang ditimbulkan akibat overdosis tersebut, Anda harus mencegahnya. Selain mematuhi aturan dosis yang dianjurkan, Anda perlu berkonsultasi ke dokter mengenai kondisi kesehatan. Tanyakan apakah terdapat efek samping. bagaimanapun juga, penentuan dosis tetap mempertimbangkan kondisi fisik pasien.

Sangat penting juga bagi Anda untuk wajib menjaga kualitas obat. Tebuslah resep dokter di apotek yang terpercaya atau toko swalayan terpercaya yang menyediakan. Hal ini perlu diterapkan demi mendapatkan jaminan keamanan dari pemakaian obat itu sendiri.

Perhatikan pula kemasan obat agar dapat dipastikan masih layak pakai. Pastikan pula tanggal kadaluarsanya agar tidak mengalami efek samping berupa gejala lain atau bahkan keracunan. Hindarilah kondisi yang dikhawatirkan ini dengan tetap berhati-hati dalam memilih obat.

Perlu diketahui pula, Anda harus menanyakan mengenai kondisi alergi obat. Apakah obat yang dikonsumsi ini dapat menimbulkan reaksi alergi atau tidak. Dokter akan mempertimbangkannya dengan melakukan pemeriksaan.

Apabila terdapat kondisi yang tidak diinginkan, misalnya terlanjur menggunakan salep yang kadaluarsa, segera periksakan ke dokter. Dokter akan memeriksa kondisi kulit yang diolesi salep tadi dengan melihat perubahannya secara fisik ataupun melalui pemeriksaan lanjutan.

Cara Konsumsi

Setelah mengetahui dosis yang ditetapkan dan mengetahui manfaat dari obat yang di dalamnya terkandung aluminium subacetate ini, Anda juga perlu mengetahui dengan benar cara pakainya. Penggunaan obat memang berbeda-beda sesuai dengan jenis obatnya.

Dalam hal ini, komponen aluminium subacetate terdapat pada obat yang berbentuk salep. Tentu saja cara pakainya adalah dengan dioleskan ke area yang mengalami gangguan kesehatan. Oleskan saja ke bagian tubuh yang mengalami iritasi, peradangan, ataupun pembengkakan.

Akan tetapi, ingatlah selalu untuk mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu di bawah air mengalir agar tangan tetap higienis. Kuman-kuman yang menempel di tangan akan mati dan hilang, sehingga tidak memperparah kondisi kulit yang mengalami iritasi, peradangan, atau pembengkakan tersebut.

Proses penyembuhan akan lancar dan optimal, tanpa mengalami gejala lain yang akan memperparah kondisi. Kebersihan tangan memang sangat penting karena berkaitan dengan kontak langsung antara tangan dan bagian kulit yang iritasi. Ditambah lagi, cara mengoleskannya juga harus merata dan sedikit ditekan jika kondisinya memungkinkan agar salepnya cepat meresap.

Setelah membelinya, Anda tetap harus menyimpan obat di tempat khusus agar terjaga kondisinya. Kualitasnya akan tetap terjamin jika disimpan di ruangan yang jauh dari paparan sinar matahari langsung dan jauh dari tempat yang dingin atau lembab. Jangan pula letakkan obat di tempat yang basah karena tetap akan mempengaruhi kualitasnya.

Penting diperhatikan pula, Anda harus tetap menyimpan obat dengan aman yang berarti jauh dari jangkauan anak dan hewan peliharaan. Semua ini terkait dengan menjaga kualitas obat dan juga keselamatan setiap orang yang ada di rumah, mengingat obat yang mengandung aluminium subacetate ini obat yang diresepkan dokter serta termasuk golongan obat keras.

Lebih baik simpanlah obat-obatan di kotak khusus dan ditempatkan di tempat yang aman agar tidak disalahgunakan. Sangat berbahaya jika asal digunakan oleh anak-anak atau dimainkan oleh hewan peliharaan yang dapat mengontaminasi salep tersebut. Jadi, janganlah mengambil risiko selama pemakaian obat berbentuk salep ini.

Perlu diingat pula, apabila Anda menemui seseorang yang mempunyai persoalan yang sama dengan Anda, jangan terlalu mudah menyimpulkan untuk memberikan obat yang sama. Sarankan saja untuk segera berobat sendiri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan medis yang akurat. Lagipula, setelah itu dokter akan memberikan resep obat yang mampu menyembuhkan sakitnya.

Tindakan tersebut tepat karena mengantisipasi adanya pemakaian obat yang salah. Jangan sampai Anda menambah risiko berupa semakin parahnya sakit seseorang. Jadi, sebelum itu terjadi berikan saran untuk memeriksakan dirinya saja ke dokter. Selain dokter tidak bisa mengidentifikasi dan mendiagnosis apa yang sebenarnya dialami.

Demikianlah berbagai informasi seputar Aluminium subacetate yang menjadi salah satu komponen obat iritasi kulit hingga peradangan ataupun pembengkakan. Kami dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan dan beli obat online untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis