fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Tidak sedikit pengobatan alami yang mampu menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan. Gaya hidup sehat dengan memanfaatkan bahan alami juga mampu meminimalisir gangguan kesehatan. Aloe vera adalah salah satu bahan alami yang terkenal dengan khasiat ampuhnya. Ingin tahu lebih lanjut apa saja manfaatnya dan bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasannya berikut ini.

Informasi

Bahan alami ini juga dikenal dengan sebutan lidah buaya karena batangnya yang menjulang dan bergerigi, sehingga identik dengan lidah buaya yang panjang dan gigi buaya yang tajam. Dalam hal khasiatnya, lidah buaya mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya ini dimanfaatkan gelnya yang ada di dalam batangnya (Baca juga 6 Manfaat Lidah Buaya, Bukan Hanya untuk Kecantikan).

Dari segi kesehatan, khasiat lidah buaya juga beragam. Tanaman ini dipercaya mampu membantu meredakan berbagai gangguan kesehatan serta menyehatkan tubuh. Meskipun demikian, perlu diingat pula bahwa pemakaian lidah buaya ini bukanlah sebagai pengganti obat dokter. Pemanfaatannya sebagai obat alami ini berfungsi mendukung kesehatan tubuh di samping medis.

Kini, lidah buaya ini sudah banyak dibudidayakan dan diolah menjadi berbagai produk untuk mengatasi berbagai persoalan kesehatan secara alami. Dalam gejala ringan hingga sedang, bahan alami ini masih mampu mengatasinya. Yang perlu dicatat, Anda harus rutin menggunakannya karena bahan alami akan bekerja dalam pemakaian yang rutin.

Manfaat aloe vera dalam dunia kesehatan memang beragam. Pertama, lidah buaya mampu membantu melancarkan pencernaan. Anda dapat mengolah gelnya menjadi jus atau campuran dalam es campur untuk dikonsumsi demi membantu melancarkan sistem pencernaan. Khasiatnya sebagai obat pencahar alami ini cukup efektif, namun jangan menggunakan terlalu banyak.

Manfaatnya yang kedua adalah menjaga kesehatan rongga mulut. Khasiatnya adalah mampu mengurangi plak yang menyebabkan gigi berlubang. Lebih dari itu, produk pembersih mulut yang mengandung lidah buaya mampu mencegah infeksi jamur di dalam rongga mulut dan radang gusi.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa lidah buaya bermanfaat membantu menurunkan kadar gula dalam darah jika mengonsumsinya dua sendok makan setiap hari. Lidah buaya juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan serta berperan sebagai antioksidan untuk melawan inflamasi atau peradangan. Peningkatan imun juga dapat dioptimalkan.

Karena banyak mengandung vitamin C, aloe veradapat digunakan untuk mencegah sekaligus meredakan sariawan. Penyembuhan luka bakar juga dapat menggunakan gel lidah buaya karena mengandung zat anti inflamasi.

Iritasi karena alergi juga dapat diatasi dengan bahan alami ini. Kesehatan organ hati juga dapat didukung oleh bahan alami ini karena mengandung fitonutrien yang mampu mendukung kerja hati agar optimal. Apabila nutrisi untuk organ hati terpenuhi dengan baik, sistem metabolisme juga akan lancar. Tubuh juga akan terhidrasi jika mengonsumsi lidah buaya secara rutin.

Di Korea Selatan, lidah buaya sudah menjadi produk andalan untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Kesehatan kulit terjaga karena kandungan gel lidah buaya yang mampu menghidrasi kulit, sehingga tetap lembab dan sehat.

Pencegahan keriput atau mengatasi garis halus di kulit juga dapat dilakukan menggunakan lidah buaya secara rutin. Penuaan dini dapat dicegah karena terdapat produksi kolagen untuk menyehatkan dan menjaga elastisitas kulit. Kulit kering akibat eksim, rosacea, dan psoriasis pun bisa dijadikan lembab dengan gel lidah buaya.

Aloe vera mampu mengobati jerawat yang membandel. Jadi, Anda tidak perlu cemas lagi dengan masalah jerawat yang cukup sering timbul karena wajah berminyak, debu, kotoran, ataupun efek radikal bebas. Kandungan anti inflamasi di dalamnya mampu mengobati. Pembersih make up yang alami juga dapat menggunakan lidah buaya.

Kesehatan rambut juga akan terjaga karena lidah buaya mampu menghitamkan rambut sekaligus membuatnya tampak berkilau. Khasiatnya ini sudah terkenal dan menjadi rutinitas. Pencegahan rambut rontok dan penguatan akar rambut juga dapat dilakukan dengan masker rambut dari bahan alami ini. Persoalan ketombe juga dapat diatasi dengan bahan alami ini.

Dosis

Setelah mengetahui beragam manfaat aloe vera, Anda dapat mengetahui bagaimana cara untuk menggunakan produknya. Sebagai bahan alami, tidak ada dosis tertentu yang mengatur pemakaian lidah buaya. Hanya saja, Anda harus mengetahui kondisi kulit apakah sensitif atau tidak. Berbeda untuk produk olahan yang sudah berupa kapsul, maka terdapat dosis yang mengaturnya.

Apabila sudah mengetahui bahwa kulitnya sensitif, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu terkait pemakaian produk lidah buaya. Dokter akan melakukan pemeriksaan rinci secara medis untuk memberikan saran pemakaian lidah buaya yang aman untuk kulit. Jika belum mengetahui kondisi kulit, maka periksakan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui aman atau tidaknya.

Dalam anjuran pemakaian pada umumnya, lidah buaya dapat digunakan setiap hari. untuk olahan lidah buaya yang dioleskan, diberikan aturan menggunakannya sebanyak dua kali yaitu pagi dan malam hari sebelum tidur. Untuk dosis olahan yang berbentuk kapsul, aturannya sudah tertera dalam kemasan atau bisa menggunakan panduan dari resep dokter.

Efek Samping

aloe-vera
Aloe vera adalah salah satu bahan alami yang terkenal dengan khasiat ampuhnya. Simak apa saja manfaat dan efek sampingnya di sini.

Produk lidah buaya memang sudah banyak sekali bentuknya sampai saat ini. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Apabila ingin lebih aman, umumnya lebih banyak mengolahnya sendiri secara manual dengan membuat gelnya menjadi minuman, mengoleskan gel ke kulit, dan membuat masker alami.

Jika ingin menggunakan produk olahan pabrik, Anda bisa menemukan aneka jenis olahan berupa sampo, kondisioner, salep, krim, kapsul, dan gel. Semuanya mempunyai khasiat yang sama. Anda bisa mengikuti panduan pemakaian produk yang sudah tertera dalam kemasan.

Terkait dengan beragamnya olahan lidah buaya tersebut, terdapat beberapa efek samping pemakaiannya. Pada kulit sensitif, pemakaian lidah buaya bisa menyebabkan reaksi alergi, dermatitis kontak, dan gatal. Jika diminum, lidah buaya bagi beberapa penderita bisa menyebabkan diare berdarah, urin berwarna merah, kerusakan mukosa usus, kejang-kejang, dan sebagainya.

Cara Konsumsi

Untuk menghindari berbagai persoalan efek samping dari pemakaian lidah buaya ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Poin pertama yang harus dipastikan adalah mengetahui apakah kulitnya sensitif atau tidak. Caranya adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Jika memang selama ini tidak mempunyai reaksi alergi terhadap apapun, maka kulit Anda memang normal.

Apabila memang sensitif, konsultasikan ke dokter terkait pemakaian lidah buaya untuk pengobatan yang akan dilakukan. Tentunya, dokter akan memberikan saran ataupun resep obat yang mengandung lidah buaya dan terbilang aman dikonsumsi. Jika mengalami gangguan kesehatan tertentu, maka berkonsultasilah ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan pengobatan alami.

Jika ingin mengolahnya sendiri dengan memanfaatkan gelnya, Anda harus menjaga kebersihan. Kupas batang lidah buaya dan cuci sampai bersih dengan air mengalir. Cukup oleskan ke bagian luar tubuh yang ingin diobati atau dijaga kesehatannya, misalnya bagian kulit kering, bekas luka, akar rambut, atau bagian rambut berketombe. Ingat, jangan oleskan gel pada luka yang dalam.

Lalu, siapa sajakah yang dapat mengonsumsinya? Usia remaja dan dewasa sudah aman mengonsumsinya, kecuali yang mengalami sensitivitas kulit. Yang perlu dihindari, jangan berikan olahan aloe vera dalam bentuk apapun kepada anak kecil yang usianya di bawah 12 tahun dan lansia. Hindari pula memberikan kepada pasien yang sakitnya serius jika tanpa resep.

Itulah seputar informasi lengkap mengenai obat alami aloe vera. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis