fbpx

Fluvoxamine Maleate

Sep 24, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf F | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Fluvoxamine Maleate sering disebut sebagai obat luvox sebagai nama paten, berbentuk tablet berwarna putih. Obat ini merupakan salah satu obat antidepresan yang digunakan untuk indikasi OCD atau obsesi kompulsif. Yaitu suatu keadaan pada seseorang dengan pikiran berlebihan (obsesi) yang menjadi penyebab perilaku repetitif (kompulsi). Gangguan ini dapat ditandai dengan adanya pikiran di luar nalar dan ketakutan terhadap sesuatu sehingga menyebabkan perilaku impulsif yang mengganggu fungsi sosial atau pekerjaan.

Fluvoxamine Maleate dalam bentuk tablet tersedia dengan berat 25 mg, 50 mg dan 100 mg untuk pemberian oral. Tablet ini mengandung bahan aktif yang mudah larut dengan etanol atau kloroform, sedikit larut dengan air dan tidak larut dalam dietil eter. Selain itu, juga mengandung bahan tidak aktif: lilin carnauba, hypromellose, mannitol, polietilen glikol, polisorbat 80, pati pregelatinized (kentang), silikon dioksida, natrium stearil fumarat, pati (jagung), dan titanium dioksida. Tablet 50 mg dan 100 mg juga mengandung oksida besi sintetik.

Informasi

Para ahli mengelompokkan Fluvoxamine Maleate dalam kelas obat Serotonin Reuptake Inhibitors (SSRI), yang bekerja mempengaruhi neurotransmitter, zat kimia pada saraf di otak yang berfungsi sebagai zat kimia perantara komunikasi antara satu saraf dengan saraf lain. Komunikator saraf yang disebut neurotransmitter tersebut kemudian bergerak di antara saraf lalu menempel ke reseptor saraf lain. Nah, neurotransmiter yang jumlahnya berlebihan atau kekurangan, tidak seimbang dengan kebutuhan saraf dipercaya oleh para ahli menjadi penyebab depresi dan beberapa gangguan psikiatrik lainnya. 

Setelah terjadi pelepasan serotonin sebagai salah satu jenis neurotransmitter dari satu sel saraf, Fluvoxamine bekerja dengan mencegah penyerapan serotonin. Sini akan membuat serotonin masih tersedia sat harus menempel pada reseptor saraf lain. Obat ini digunakan sejak tahun 1994 dan pada beberapa kasus dapat digunakan untuk indikasi gangguan psikiatrik lain seperti gangguan kecemasan sosial dan tujuan lain berdasarkan resep dokter.

Dosis

Fluvoxamine Maleate untuk penggunaan awal pada orang dewasa adalah 50 mg, diminum 1x sehari pada waktu malam sebelum tidur. Dalam kondisi yang lebih parah dosis tersebut dapat ditingkatkan 50 mg setelah 4-7 hari penggunaan. Sehingga dosisnya menjadi 100 mg per hari dan diberikan terbagi dalam dua dosis. Jumlah tersebut dapat ditingkatkan hingga 300 mg per hari tergantung pada pertimbangan kondisi. Dosis yang ditentukan oleh dokter berdasarkan kondisi medis, respon terhadap terapi, usia, dan obat-obatan lain yang mungkin digunakan.

Jika penggunaan obat akan dihentikan, maka harus dilakukan pengurangan dosis secara bertahap sehingga mengurangi risiko penurunan detak jantung. Obat ini harus diminum rutin dan tepat waktu sesuai anjuran untuk mendapat hasil yang optimal. Tidak diperkenankan menggeser waktu atau menambah dosis tanpa sepengetahuan dokter.

Kontraindikasi

Fluvoxamine Maleate tidak dianjurkan untuk anak-anak dan lansia. Jika harus diberikan kepada anak di bawah usia 11 tahun maka dosis yang disarankan adalah 25 mg/ hari. Dalam kondisi tertentu Fluvoxamine Maleate dapat memicu keinginan bunuh diri pada anak dan orang tua, mungkin juga terjadi pada orang dewasa.

Efek Samping

Beberapa efek samping yang mungkin muncul selama penggunaan obat fluvoxamine maleate antara lain:

  • Gangguan sulit tidur (insomnia)
  • Perut kembung, kehilangan nafsu makan
  • Suasana hati merasa tertekan
  • Merasa mual, muntah, diare
  • Mengantuk atau pusing
  • Merasa cemas dan gemetar
  • Gairah seks menurun, ejakulasi tidak normal, kesulitan mencapai orgasme.
  • Mulut terasa kering, sering menguap
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Nyeri otot
  • Berkeringat lebih dari biasanya, timbul ruam
  • Darah haid dalam jumlah besar
  • Reaksi alergi seperti ruam kulit, bintik-bintik, atau kemerahan di kulit; demam, nyeri sendi; kesulitan bernapas; bengkak pada wajah, bibir, tenggorokan atau lidah. 
  • Pandangan yang kabur, pandangan yang berputar, nyeri atau bengkak di mata, atau melihat lingkaran di sekitar cahaya
  • Kejang-kejang
  • Reaksi sistem saraf yang parah seperti otot yang sangat kaku, demam tinggi, keringat berlebih, linglung, denyut jantung cepat atau tidak teratur, tremor, merasa akan pingsan
  • Rasa cemas, pemikiran yang terlalu cepat, perilaku yang berisiko, masalah tidur (insomnia), merasa senang atau sedih yang terlalu ekstrim
  • Perubahan nafsu makan atau berat badan
  • Kadar natrium di tubuh rendah seperti sakit kepala, pusing, masalah ingatan, lemas yang parah, kehilangan koordinasi tubuh, merasa tidak seimbang
  • Pendarahan yang tidak biasa atau mudah mengalami memar
  • Segera dapatkan bantuan medis jika Anda mengalami gejala gangguan serotonin seperti: merasa tertekan, halusinasi, demam, berkeringat, meriang, denyut jantung cepat, kaku otot, kedutan, kehilangan koordinasi, mual, muntah atau diare.

Cara Konsumsi

Penggunaan fluvoxamine maleate tablet tidak dianjurkan untuk dihancurkan, dibagi, atau digerus untuk dilarutkan sebelum diminum, harus diminum dalam satu kesatuan utuh. Boleh dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Karena bahan aktif yang terkandung menyarankan sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk utuh. 

Sebagai informasi, obat ini dijual bebas dan beredar di marketplace dengan harga sekitar Rp. 400.000/ 10 tablet dengan kekuatan 100 mg/tablet. Namun sebaiknya untuk keamanan dan kualitas obat yang baik hanya dibeli di apotek berdasarkan resep dokter setelah melakukan konsultasi. 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis